Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Dubes Arab Saudi Kunjungi UIN Maliki Launching Aplikasi Hayat Al-Arabiyah Tafa’uliyan Iliktruniyyan

Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi dan Rektor UIN Maliki, Prof Zainuddin, melaunching aplikasi Hayat Al-Arabiyah Tafa'uliyan Iliktruniyyan. (istimewa)

Malang Post — Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) kedatangan tamu agung, yakni Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi, Rabu (13/10/2021) beserta rombongan.

Tiba di kampus berlogo Ulul Albab ini, disambut ramah oleh Rektor UIN Maliki, Prof Zainuddin MA bersama para pimpinan lainnya.

Baca Juga ----------------------------

Setelah saling sapa, salam dan berjabat tangan, rombongan Dubes masuk lobi gedung Rektorat menuju maket/miniatur gedung proyek pembangunan kampus III UIN Maliki di Kota Batu.

Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Pengembangan Kelembagaan, Dr H Isroqunnajah M.Ag dengan sigap memperkenalkan sekaligus menjelaskan progres pembangunan kampus yang desainnya berbentuk lafal basmalah.

Setelah itu, rombongan Syekh Essam masuk ruang Rektor untuk ramah tamah, dilanjutkan naik ke Aula Lt. 5. Dalam sambutannya, Prof Zain sapaan akrab rektor UIN Maliki mewakili seluruh sivitas dan warga kampus menyatakan merasa senang dan bangga.

“Kami mengucapkan terima kasih pada Dubes dan rombongan, yang telah berkunjung untuk bersilaturahmi ke kampus. Bahlkan berkenan memberi kuliah secara daring maupun luring,” ujar Prof Zain. 

Disampaikan juga konsep Integrasi Keilmuan yang diterapkan UIN Maliki. Dijelaskan pula perkembangan pembelajaran bahasa Arab di UIN, Mahad Al-Jamiah, HTQ dan progam studi kedokteran sebagai pelayanan kesehatan jamaah haji dan umrah. 

Rektor UIN Maliki, Prof Zainuddin menyerahkan cinderamata pada Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi. (istimewa)

Kehadiran Syekh Essam sudah lama ditunggu, untuk melaunching Hayat Al-Arabiyah Tafa’uliyan Iliktruniyyan (HATI). Sebuah aplikasi pembelajaran bahasa Arab online di UIN Maliki Malang.

Ini inovasi pembelajaran era milenial sekaligus support dan semangat kampus dalam menyebarkan dan mengembangkan pembelajaran bahasa Arab di Indonesia.

Dalam kesempatan itu juga, Prof Zain menyampaikan laporan terkait progres proyek pembangunan kampus III UIN Maliki Malang yang bekerjasama dengan Saudi Fund for Development (SFD). Profesor asal Bojonegoro itu berharap, jalinan kerjasama dengan Arab Saudi bisa terus terjalin dengan harmonis dan selalu berkembang. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang Post — Pemerintah Indonesia melakukan upaya diplomatik berkelanjutan dengan Pemerintah Arab Saudi. Ini ikhtiar, agar jamaah Indonesia bisa umroh ke Tanah Suci. Koordinasi dilakukan menyeluruh....

News

Malang Post — Lupa matikan kompor dapat menyebabkan musibah kebakaran. Seperti terjadi Kamis (21/10/2021) siang di Jl Kemantren gang Imam Bonjol 1 RT 08/RW 03,...

Malang Raya

Malang Post — Polres Malang menggelar Pembinaan Rohani dan Mental (Binrohtal) bagi seluruh personel Polri dan ASN Polres Malang yang beragama Islam, Kamis (21/10/2021) siang...

News

Malang Post — Mobil pikap bermuatan bambu, Kamis (21/10/2021) siang terbakar. Karuan saja ini mengejutkan pemakai dan warga sekitar Jl Malangsuko, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang....

Malang Raya

Malang Post –  Memasuki musim penghujan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu, melakukan pembenahan dinding penahan volume sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tlekung....

Malang Raya

Malang Post – Tim penanganan covid-19 Kota Malang kembali menghelat vaksinasi covid-19 khusus lansia, Kamis (21/10) hari ini.Sasaran vaksinasi lansia kali ini adalah warga...

Kuliner

Malang Post —  Pasar Numplek masuk Atria Hotel Malang. Masyarakat bisa melihat dan mendapatkan mulai Oktober hingga November 2021. Beragam makanan dan jajanan pasar...

Malang Raya

Malang Post –  Walikota Sutiaji meminta guru ASN meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terkait jabatan fungsional, secara lebih rinci.    “Saat ini ASN menerapkan merit...