Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Jangan Main Harga Obat Covid di Kota Batu, Bisa Dibui

Sidak ketersediaan dan harga obat di sejumlah Apotek di Kota Batu. Dilakukan oleh Polres Batu, TNI dan Satpol PP Kota Batu. Annto

Malang Post — Melonjaknya angka positif Covid-19 menyebabkan kebutuhan obat potensial dan dipakai terapi Covid-19 melonjak. Tingginya permintaan obat dikhawatirkan dimanfaatkan sebagian pelaku usaha untuk menaikkan harga jual kepada masyarakat.

Untuk mengatur harga obat di pasaran agar tidak merugikan masyarakat. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI telah menetapkan harga eceran tertinggi obat terapi Covid-19. Melalui Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/4826/2021 tentang Harga Eceran Tertinggi Obat Dalam Masa Pandemi Covid-19.

Baca Juga ----------------------------

Untuk diketahui, harga eceran tertinggi adalah harga jual tertinggi di Apotek, Instansi Farmasi, RS, klinik dan faske yang berlaku di seluruh Indonesia. Ada 11 obat yang ditetapkan harga eceran tertinggi sebagaimana tercantum dalam Keputusan Menteri Kesehatan tersebut, antara lain :
1. Favipiravir 2OO mg (Tablet) Rp 22.500 per tablet.
2. Remdesivir IOO mg (Injeksi) Rp 510.000 per vial.
3. Oseltamivir 75 mg (Kapsul) Rp 26.000 per kapsul.
4. lntravenous Immunoglobulin 5% 50 ml (lnfus) Rp 3.262.300 per vial.
5. lntravenous Immunoglobulin 10% 25 ml (Infus) Rp 3.965.000 per vial.
6. lntravenous Immunoglobulin l07o 5O ml (Infus) Rp 6.174.900 per vial.
7. Ivermectin 12 mg (Tablet) Rp 7.500 per tablet.
8. Tocilizrrmab 4O0 mg/20 ml (Infus) Rp 5.710.600 per vial.
9. Tocilizumab 8o mg/4 ml (Infus) Rp 1.162.200 per vial.
10. Azithromycin 50O mg (Tablet) Rp 1.700 per tablet.
11. Azithromycin 50O mg (Infus) Rp 95.400 per vial.

Harga dan ketersediaan obat di Kota Batu harus dipastikan terjamin. Maka, Polres Batu bersama TNI dan  Satpol PP melakukan sidak di sejumlah apotek.

Sejumlah apotek yang disidak: Apotek Sehat Jl Panglima Sudirman Kota Batu, Apotek Batu Sehat  Jl Brantas Kota Batu, Apotek Mira Farma Jl Raya Sidomulyo, Apotek Manfaat dan Apotek Kimia Farma di Jl Pattimura Kota Batu.

Kasat Reskrim Polres Batu, AKP Jeifson Sitorus mengatakan. Sidak dilakukan untuk memastikan ketersediaan obat-obatan apakah tersedia di apotek wilayah Kota Batu atau tidak. Pihaknya menemukan ada sejumlah obat yang telah ditetapkan oleh Kemenkes tidak beredar ataupun habis di Kota Batu.

“Ada sejumlah obat memang tidak beredar di Kota Batu. Selain itu, kami juga menemukan obat-obatan itu telah habis terjual,” ujar Jeifson, Rabu (7/7/2021).

Dia mengungkapkan, dari 11 obat yang telah ditetapkan harga eceran tertinggi oleh Kemenkes. Sejumlah obat tersebut ada yang mengalami kelangkaan di Kota Batu.

Hasil dari sidak tersebut juga tidak ditemukan apotek yang melakukan permainan harga obat. Sehingga tidak ada Apotek yang menjual obat melebihi harga eceran tertinggi sesuai ketentuan Kemenkes.

“Untuk menjamin ketersedian stok obat di wilayah Kota Batu. Kami akan berkoordinasi dengan distributor obat. Bertujuan agar obat-obatan yang mengalami kelangkaan dapat segera terpenuhi di Kota Batu,” jelas dia.

Pada sidak yang dilakukan bersama dengan Kasat Resnarkoba Polres Batu, Iptu Yussi Purwanto dan Kasatpol PP Kota Batu, M Nur Adhim itu pihaknya mengungkapkan tidak ada Apotek yang melakukan penimbunan obat.

Jeifson menegaskan, apabila pihaknya menemukan ada yang melakukan penimbunan obat. Secara otomatis akan langsung diberikan tindakan hukum. 

“Penindakan itu berdasar pada Undang-undang tentang perlindungan konsumen. Terlebih saat ini Kota Batu tengah menerapkan PPKM Darurat, sehingga permainan-permainan tersebut jangan sampai dilakukan,” tegas Jeifson.

Oleh karena itu, pihaknya menghimbau jangan coba-coba melakukan permainan ataupun penimbunan obat yang saat ini sedang dibutuhkan oleh masyarakat. Karena ancamannya adalah hukuman pidana. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post — Beberapa waktu lalu, rencana pembangunan cold storage senilai Rp 16 miliar di Kelurahan Dadaprejo, Kota Batu disoal dewan. Kini pembangunan cold storage...

headline

Malang Post — Besaran upah minimum kabupaten/kota (UMK) tahun 2022 di Jawa Timur sudah didok oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Selasa (30/11/2021) kemarin. Penetapan UMK...

Malang Raya

Malang Post – Penanganan stunting masih menjadi perhatian Pemkot Batu. Bertepatan pada Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2021 Pemkot Batu melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) meluncurkan Pos...

Malang Raya

Malang Post – Proses pembangunan tempat relokasi bagi pedagang pasar besar Kota Batu di kawasan Stadion Brantas belum juga usai hingga Selasa (22/11/2021) kemarin. Padahal...

headline

Malang Post – Pemerintah tak mau kecolongan lagi. Momen libur natal dan tahun baru (nataru) 2022 menjadi fokus perhatian. Sebab, kasus Covid-19 ditengarai naik...

Malang Raya

Malang Post — Pantauan udara kembali dilakukan di sepanjang jalur terjadinya banjir bandang yang melanda Kota Batu dua pekan lalu. Kali ini dilakukan oleh Pemkot...

headline

Malang Post — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia bakal melakukan pelebaran sungai mati yang sepekan lalu menyebabkan banjir bandang di Kota Batu....

headline

Malang Post — Bencana alam banjir bandang yang sepekan lalu melanda sejumlah desa di Kota Batu benar-benar menarik perhatian banyak pihak. Terbaru agar kejadian...