Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

Jangan Overthinking, Ini Bahayanya

Ilustrasi overthinking. (Foto : Twitter)

Malang – Berpikir sebelum bertindak tentu hal yang wajar, mengingat segala sesuatu yang Anda lakukan mengandung resiko tersendiri. Namun jangan sampai memikirkan sesuatu secara berlebihan, sehingga Anda terjebak dalam pikiran sendiri dan menimbulkan kekhawatiran berlebihan. Jika ini terjadi, Anda patut waspada. Bisa jadi anda overthinking.

Mengutip Alodokter, orang-orang yang overthinking merasa kebiasaan tersebut merupakan sebuah sikap berhati-hati sebelum mengambil keputusan dan lebih membantu mereka memahami situasi dari berbagai sudut pandang. Padahal, kebiasan ini tidak baik dan sering kali memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Baca Juga ----------------------------

Overthinking tidak bisa di anggap sepele. Pria maupun wanita bisa mengalami masalah ini. Menurut sebuah penelitian, wanita lebih sering overthinking dibandingkan laki-laki.  Sebabnya banyak, mulai dari faktor biologis hingga sosial budaya. Akibatnya, kesehatan fisik dan mental Anda bisa terganggu. Berikut adalah beberapa masalah yang dipicu oleh overthinking.

Mengganggu aktivitas

Ketika anda memikirkan sesuatu secara berlebihan dan berulang-ulang, energi Anda akan terkuras dan tubuh terasa lelah. Padahal Anda harus melakukan rutinitas sehar- hari dega penuh perhatian.

Sebagai contoh, saat memikirkan sesuatu secara berlebihan, tidur anda akan terganggu. Anda bisa mengalami insomnia, atau terbangun di malam hari karena anxiety dreams. Apabila tidur anda terganggu, tentu aktivitas di hari berikutnya juga akan terganggu. Fokus berkurang, mood tidak baik, dan tidak bersemangat menjalani aktivitas. Kalau sudah begini, harimu bisa berantakan.

Sebuah penelitian yang dilakukan kepada para atlet menunjukan, atlet yang memiliki kebiasan overthinking cenderung mengalami penurunan performa saat tampil jika dibandingkan dengan yang tidak overthinking, meskipun sebenarnya ia memiliki kemampuan dan juga lebih terlatih.

Emosi tak terkontrol

Niat hati ingin mendapatkan solusi terbaik, kebiasaan overthinking  malah  membuat Anda kesulitan untuk mengontrol emosi. Sebuah penelitian menunjukan  bahwa overthinking dapat menyebabkan tekanan emosi yang berlebihan hingga mendorong seseorang untuk melampiaskan emosi dengan cara yang tidak sehat, seperti mengonsumsi makanan yang tidak sehat, konsumsi alcohol, hal negatif lainnya.  

Seseorang yang  overthinking juga bisa menarik diri dari lingkungan sosialnya. Jika ini terus terjadi, risiko terjadinya depresi akan meningkat. Jadi, overthinking juga memicu masalah Psikis Anda.

Gangguan kesehatan

Selain mengganggu  kesehatan mental, kondisi fisik anda juga akan terpengaruh oleh pemikiran yang teralu berlebihan. Beberapa masalah kesehatan yang bisa dipicu overthinking antara lain :

1.Gangguan Pencernaan 

Gangguan pencernaan salah satunya disebakan tingginya kadar hormon stres dalam tubuh. Stres bisa dipicu oleh pemikiran yang terlalu berlebihan akan sesuatu. Mereka yang overthinking tentunya punya resiko stress tinggi, sehingga muaranya mengganggu  pencernaan. Stres juga bisa membuat lapisan pelindung usus melemah, sehingga bakteri pada usus rentan memasuki tubuh. Selain itu, stres juga dapat menyebabkan peningkatan gas pada pencernaan, sehingga proses penyerapan nutrisi pun bisa terganggu.

2. Gangguan Fungsi Otak

Hormon kortisol yang dihasilkan saat Anda stres, ternyata dapat merusak sel-sel otak di hipokampus, yaitu bagian dari otak besar yang berperan dalam mengisi memori dan navigasi ruangan. 

Sebuah penelitian yang dilakukan University of California mengungkapkan bahwa overthinking bisa memicu stres kronis yang menyebabkan gangguan mental, seperti kecemasan dan gangguan suasana hati.

3. Gangguan Jantung

Hormon adrenalin akan meningkat saat anda overthinking. Akibatnya, detak jantung dan pernapasan juga meningkat. Tentu ini tidak baik bagi jantung Anda. Belum lagi jika pelampiasan kekhawatiran anda kepada aktivitas seseperti merokok, makan berlebihan, mengonsumsi alkohol, dan gaya hidup pasif. 

4. Gangguan Kesehatan Kulit 

Mengutip halodoc, berpikir berlebihan dapat membuat tubuh melepaskan zat kimia seperti neuropeptida dan neurotransmitter. Zat tersebut dapat mengubah cara tubuh merespon berbagai fungsi. Akibatnya, tubuh jadi rentan mengalami peradangan dan sensitivitas. Pada kulit, hal ini dapat membuat risiko mengalami ruam meningkat, serta memperburuk masalah kulit yang sudah dimiliki, seperti dermatitis atopik, dermatitis seboroik, dan psoriasis.

5. Melemahkan Kekebalan Tubuh 

Kekebalan tubuh juga dipengaruhi kadar hormon kortisol. Jika hormon kortisol tinggi,  kekebalan tubuh dapat melemah, sehingga mudah terserang penyakit. Selain itu, overthinking juga bisa menurunkan kadar sel darah putih yang bisa membantu melawan infeksi.

Nah itulah bahaya yang bisa ditimbulkan akibat overthinking. Apabila kondisi ini sudah mengganggu anda, segera cari pertolongan medis.

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post — Pemkab Malang mengapresiasi para pelajar yang berprestasi di bidang olahraga. Salah satunya Koko Indra, asal Desa Pujon, Kecamatan Pujon. Ia tergabung sebagai...

Malang Raya

Malang Post — Polres Malang bersinergi dengan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Kepanjen, untuk menjaring relawan vaksinasi. Agar terwujud percepatan vaksinasi bagi masyarakat Kabupaten Malang....

Pendidikan

Malang Post – Mahasiswa baru (maba) dari berbagai daerah Nusantara turut serta dalam gelaran Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (Pesmaba) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Event tahunan...

Malang Raya

Malang Post — Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya menggelar Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan 33 dan 34. Dilakukan sejak Sabtu (18/9/2021) hingga Selasa (21/9/2021)....

Pendidikan

Malang Post — Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, kembali mendapatkan kabar gembira. Ini setelah salah satu mahasiswanya memperoleh penghargaan. Melalui LKTIN...

Malang Raya

Malang Post — Setahunan tersangka RP (29) warga ber-KTP Desa Jenggolo Kepanjen, Kabupaten Malang pakai narkoba jenis Sabu (SS). Alasannya demi tahan rasa kantuk karena...

Malang Raya

Malang Post – Sebagai upaya untuk mencegah penularan Covid-19 serta sejalan dengan program pemerintah pusat yang mulai melaksanakan vaksinasi bagi pelajar.  Ketua Yayasan Kartika...

headline

Malang Post — Beredarnya video jajaran Pemkot Malang bersepeda dan diduga memaksa memasuki Pantai Kondang Merak yang tutup, viral di media sosial. Kejadian berlangsung Minggu...