Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Forum Komunikasi Perguruan Tinggi-Teknologi Pertanian Indonesia Rumuskan Strategi dan Model Kolaborasi

Anggota Forum Komunikasi Perguruan Tinggi-Teknologi Pertanian Indonesia satukan langkah sambut MBKM. (istimewa)

Malang Post — Forum Komunikasi Perguruan Tinggi-Teknologi Pertanian Indonesia (FKPT-TPI) menyelenggarakan seminar dan pertemuan tahunan. Kali ini bekerja sama dengan International Association of Agro-based Engineering and Technology (IAAET). Digelar daring dan luring bertempat di Harris Hotel & Convention Kota Malang, Kamis (11/11/2021).

FKPT-TPI merupakan forum komunikasi bagi pimpinan fakultas, departemen dan program studi yang menyelenggarakan pendidikan teknologi pertanian di seluruh Indonesia. Setiap tahun dilakukan untuk mendiskusikan hal-hal seputar kurikulum dan penyelenggaraan pendidikan.

Baca Juga ----------------------------

Pertemuan tahunan 2021 ini, menyambut perubahan kebijakan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Terkait penerapan MBKM (Merdeka Belajar, Kampus Merdeka) dan pencapaian indikator kinerja utama.

Seminar dipimpin Ketua FKPT-TPI–Prof. Dr. Ir. Imam Santoso, MP dan dibuka Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Brawijaya–Prof. Dr. Aulanni’am, drh., DES.

Pembicara utamanya adalah Menteri Pertanian Republik Indonesia–Dr. H Syahrul Yasin Limpo, SH, MH. Pembicara lainnya, Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR RI–Ir. Mohammad Zainal Fatah, Direktur Bisnis Mikro PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk–Ir. Supari, MM dan Kepala Kantor Pusat Riset Biomaterial-BRIN–Dr Akbar Hanif Dawam A. MT.

Menteri Pertanian RI–Dr. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.Si., M.H dalam sambutan melalui zoom mengatakan. Program riset masuk ke dalam lima Program Kerja Kementerian Pertanian 2021. Sementara program lainnya: Program Ketersediaan, Akses dan Konsumsi Pangan Berkualitas; Program Nilai Tambah dan Daya Saing Industri; Program Pendidikan dan Pelatihan Vokasi dan Program Dukungan Manajemen.

Strategi menjamin kelima program tersebut, adalah melalui peningkatan kapasitas produksi. Terutama kecepatan tanam dan perluasan tanaman baru atau PATB dan meningkatkan produksi daging, gula dan bawang putih untuk mengurangi impor serta mencegah alih fungsi suatu lahan.

Dilanjutkan oleh Dekan FTP UB Prof. Imam Santoso. Bahwa pertemuan tahunan ini, menyambut perubahan kebijakan Kemendikbudristek terkait penerapan MBKM dan pencapaian indikator kinerja utama.

Peluang dan tantangan berkaitan dengan indikator-indikator yang mengarah pada peningkatan internasionalisasi, hilirisasi produk maupun penyelenggaraan pembelajaran yang berorientasi pada pencapaian kompetensi lulusan. Salah satu metode yang digunakan adalah penyelenggaraan kelas kolaboratif. 

Pertemuan ini sangat penting dan strategis. Agar Forum Dekan dan Forum PS dalam keilmuan Teknologi Pertanian mampu membangun jejaring dan komunikasi aktif antar perguruan tinggi berkaitan dengan Implementasi MBKM, Hilirisasi riset dan inovasi, Peningkatan kualitas pembelajaran, Infrastruktur dan penjaminan mutu proses pembelajaran yang dikelola oleh program studi agar bisa terakreditasi internasional.

Oleh karena itu, perlu dirumuskan bersama strategi dan model kolaborasi antar perguruan tinggi yang nantinya bisa mendukung kemajuan bersama. Pertemuan tahunan FKPT-TPI ini juga menjadi media pergantian Ketua periode 2019-2021, Prof. Dr. Ir. Imam Santoso, MP, Dekan Fakultas Teknologi Pertanian-Universitas Brawijaya, kepada ketua baru yang akan dipilih dalam Rapat Pleno Forum Dekan FKPT-TPI setelah acara seminar.

“Ada 22 kampus yang terlibat dalam pertemuan ini. Nantinya selain seminar juga membahas Ketua FKPT-TPI periode setelah saya,” pungkas Prof Imam Santoso. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Wisata

Malang Post — Pariwisata kota Malang dan sekitarnya mulai mengeliat kembali pasca kelonggaran PPKM oleh pemerintah. Akhir tahun 2021 Atria Hotel Malang melaunching promo Food...

News

Malang Post – Musibah menimpa warga Pakis selepas takjiah dan melaju kencang untuk berangkat kerja, Kamis (2/12/2021) pagi di Jalan Raya Ampeldento, Kecamatan Pakis,...

Pendidikan

Malang Post — Ikatan  Guru Taman Kanak-kanak (IGTKI) Persatuan Guru Republik Indonesia menggelar tasyakuran dalam memperingati Hari Guru ke-76. Melalui zoom meeting dengan Bupati Malang...

Pendidikan

Malang Post — Tingkat potensi bencana yang dimiliki Indonesia cukup tinggi. Melihat hal itu, Laboratorium Psikologi Terapan (LPT) Psikososial Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melangsungkan pelatihan...

News

Malang Post — Warga Kota Malang dihebohkan dengan viralnya postingan curhat di media sosial (Facebook) yang menimpa seorang lelaki. Ia mengaku telah mengalami kebutaan pasca...

headline

Malang Post — Bantuan ke Joko Santoso (38) warga Jl Burung Gereja No. 1A, RT 02 RW 02, Kelurahan Arjowinangun, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, mulai...

Malang Raya

Malang Post – Puluhan warga lanjut usia (lansia) Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing Kota Malang menjalani vaksinasi. Babinsa Pandanwangi, Pelda Slamet Wahyudi mengabarkan, perangkat kelurahan...

headline

Malang Post — Besaran upah minimum kabupaten/kota (UMK) tahun 2022 di Jawa Timur sudah didok oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Selasa (30/11/2021) kemarin. Penetapan UMK...