Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Wisata Kota Batu Buka Total, Anak U-12 Boleh Masuk

Malang Post – Turunnya level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Batu. Dari level 3 menjadi 2 versi Inmendagri menjadi angin segar bagi seluruh lapisan masyarakat Kota Batu. Bagaimana tak bahagia, turunnya level PPKM ini turut diikuti dengan berbagai kelonggaran. 

Ketentuan tersebut telah tertuang dalam Inmendagri Nomor 53 tahun 2021 tentang PPKM Level 3, 2 dan 1 Covid-19 di Wilayah Jawa-Bali. Diketahui, di Jawa Timur ada 9 daerah yang saat ini berada di level 2 PPKM. 

Baca Juga ----------------------------

Turunnya level PPKM versi Inmendagri tersebut disambut suka cita oleh Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko. “Alhamdulillah, Wasyukurillah, Kota Batu dan Kota Malang turun level 2 PPKM. Ini berarti ada kelonggaran pembatasan yang akan didapatkan. Salah satunya pembukaan taman umum seperti Alun-alun Kota Batu,” tutur Dewanti, Rabu (20/10/2021).

Selain taman-taman umum yang sudah bisa buka kembali. Seluruh tempat wisata di Kota Batu juga akan mendapatkan hal yang sama. Semua tempat wisata boleh buka setelah mati suri sejak awal Juli 2021. 

“Semua tempat wisata boleh buka dengan menerapkan prokes (protokol kesehatan) ketat. Selain itu, anak 12 tahun juga sudah diizinkan masuk ke tempat wisata,” beber dia. 

Selain seluruh tempat wisata boleh buka dan anak dibawa 12 tahun boleh masuk. Kelonggaran lain seperti pembatasan pengunjung turut didapatkan. Saat level 3 lalu, jumlah pengunjung yang diizinkan masuk hanya 25 persen, sedangkan pada level 2 ini pengunjung yang boleh masuk sebanyak 50 persen dari kapasitas normal. 

Wali Kota Batu ke 3 ini berharap, situasi dan kondisi persebaran Covid-19 di Kota Batu bisa terus kondusif. Sehingga level PPKM Kota Batu bisa terus terjaga, apalagi kalau bisa kembali turun dan berdampak pada kelonggaran yang akan lebih banyak didapatkan. 

“Semoga kondisi seperti ini bisa terus terjaga. Caranya seluruh masyarakat Kota Batu menaati prokes. Lalu bagi masyarakat yang belum vaksin saya mohon untuk segera mengikuti vaksinasi,” pintanya. 

Dewanti menegaskan, turunnya level PPKM di Kota Batu versi Inmendagri tersebut berkat kerja keras seluruh jajaran Forkopimda Kota Batu. Serta kedisiplinan masyarakat Kota Batu dalam hal mematuhi peraturan yang ada. 

Selain kelonggaran pada tempat wisata dan taman-taman umum. Pada level 2 PPKMini, Kelonggaran pada pembelajaran tatap muka (PTM) turut didapatkan pula. “PTM untuk jenjang SMP dan SMA sederajat sudah dimulai sejak beberapa pekan lalu. Setelah ini, kami melalui Dinas Pendidikan akan melakukan survey ke SD yang sudah siap melakukan PTM dengan segala peraturannya,” katanya. 

Sementara, Dirut Taman Rekreasi Selecta, Sujud Hariadi turut bersyukur dengan adanya penuh level PPKM versi Inmendagri di Kota Batu. Walaupun di tempat wisata masih dilakukan pembatasan jumlah pengunjung, namun setidaknya anak-anak dibawah 12 tahun sudah diizinkan masuk. 

“Anak dibawah 12 tahun sudah boleh masuk. Hal ini bisa menjadi pendorong pemulihan ekonomi di sektor pariwisata,” tuturnya. 

Dia mengutarakan, penurunan level PPKM ini akan berdampak positif bagi pelaku wisata. Lantaran sebelumnya banyak wisatawan yang tak diizinkan masuk karena membawa anak kecil. Sedangkan saat ini sudah diizinkan. 

Walaupun sudah masuk level 2, tempat wisata di Kota Batu tetap diwajibkan untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Ini bertujuan untuk melakukan skrining kesehatan awal bagi pengunjung maupun pegawai. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post —  Saat Pandemi Covid-19 ini, terdapat tiga peran penting Polri, yaitu Pengawasan, Pencegahan dan Percepatan Vaksinasi. Panic Button On Hand (PBOH) milik...

Malang Raya

Malang Post —  Keberadaan warga lanjut usia (lansia) turut menjadi perhatian Pemkot Malang. Upaya dalam pemenuhan hak-hak hingga fasilitas lansia terus digencarkan guna mewujudkan...

Wisata

Malang Post —  Selalu dikenal dengan misi mengangkat kembali sejarah Indonesia yang terlupakan, Tugu Hotels & Restaurant telah menjadi ikon dunia pariwisata Indonesia di...

Malang Raya

Malang Post – Babinsa Kelurahan Pandanwangi Pelda Slamet dan Serka Suyitno memberangkatkan relawan menuju Semeru. Relawan tersebut berasal dari warga Pandanwangi yang bertugas mengantarkan...

Malang Raya

Malang Post – Lanal Malang menghelat serbuan vaksin di RW 09 Kelurahan Oro Oro Dowo Kecamatan Klojen. Selasa (7/12), tim nakes dari Lanal Malang...

Malang Raya

Malang Post – Selasa 7 Desember 2021, tim vaksinasi di Kota Malang menggelar penyuntikan di kawasan RW 04 Kelurahan Mulyorejo Kecamatan Sukun Kota Malang....

News

Malang Post — Sejumlah penambang pasir berhasil menyelamatkan saat lahar dingin mengaliri sungai dekat Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang. Ada 1 sopir...

Malang Raya

Malang Post — Beberapa waktu lalu, rencana pembangunan cold storage senilai Rp 16 miliar di Kelurahan Dadaprejo, Kota Batu disoal dewan. Kini pembangunan cold storage...