Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

FKUB Kota Malang Bentuk Perempuan Kerukunan Umat Beragama

KH Taufik Kusuma, Ketua FKUB Kota Malang (enam dari kiri)

Malang Post – Sarasehan dan pembentukan  perempuan kerukunan umat beragama diselenggarakan Forum Kerukunan Umat Beragama  (FKUB) Kota Malang di Hotel Tugu Malang, Sabtu (2/9/2021 ).

KH Taufik Kusuma, Ketua FKUB kota Malang dalam sambutannya menyampaikan terimakasihnya pada ke 6 agama yang sudah mengirim perwakilan. Dikatakan kehadiran mereka sangat penting. Karena selain silaturrahim antar perempuan umat beragama,  FKUB menaruh harapan besar pada para perempuan tokoh agama; 

Baca Juga ----------------------------

“Forum ini diharapkan dapat menyebarluaskan cara komunikasi yang baik antar umat. Agar tetap menjaga kerukunan dan kondusifitasnya. Baik dalam lingkungan masyarakat, organisasi maupun lingkungan keluarga  berkaitan dengan kerukunan dan moderasi keberagamaan,” pesannya.

Pak Taufik, panggilan akrab Taufik Kusuma menuturkan. Pada tataran tingkat kota, komunikasi antar umat beragama itu sudah berjalan dengan baik. 

“Hampir setiap Jumat kami bertemu, berbicara dan sharing  terkait kondusivitas Kota Malang yang kita cintai. Terkadang juga mencari solusi bersama bila ada  persoalan. Nah sementara untuk bangunan komunikasi sampai tingkat bawah. Kecamatan bahkan kelurahan.”

“Ini yang belum berjalan optimal. Harapan kami ibu-ibu ini bisa saling kenal. Saling sapa, supaya situasi kota Malang selalu kondusif, damai, harmonis,  tentram  dan terbangun kerukunan haqiqi yang sebenarnya,” urainya.

Sesuai dengan Peraturan Bersama Menteri (PBM): Menteri Agama dan Mentri Dalam Negeri nomor 8 dan 9 tahun 2006. Kerukunan beragama adalah keadaan hubungan yang dilandasi saling toleransi, saling menghormati dan saling menghargai kesetaraan di dalam melaksanakan ibadah menurut agamanya masing-masing.

Hidup kerjasama dalam rangka bermasyarakat, berbangsa dan bernegara Negara Kesatuan Republik Indonesia berdsarkan Pancasila dan UUD 1945.

“Jadi di sini kita bangun kerukunan  antar umat beragama. Bukan antar agama, hal ini mengacu pada bab 1 pasal satu  PBM”, tandasnya.  

Suami Sri Herawati, Ketua PDA (Pengurus Daerah Aisiyah) Kota Malang itu, juga  menyampaikan. FKUB dibentuk oleh masyarakat dan difasilitasi oleh pemerintah.

Dalam penyusunan pengurusnya juga sudah diatur oleh PBM, di tingkat provinsi berjumlah 21 dan tingkat daerah/kota berjumlah 17. 

Pengurus FKUB ini berasal dari utusan enam majelis agama. Antara lain: Majelis Ulama Indonesia (MUI), Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI), Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI), Perwakilan Umat Budha Indonesia (WALUBI), Parisade Hindu Dharma Indonesia (PHDI ), Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN).

Pak Taufik juga menyampaikan terkait tugas pokok FKUB. Yaitu, melakukan dialog, musyawarah diskusi dan sarasehan secara periodik. Menampung aspirasi ormas keagamaan, menyalurkan aspirasi ormas dan masyarakat, dalam bentuk rekomendasi sebagai  bahan kebijakan Gubernur dan atau Bupati/Walikota.

Melakukan sosialisasi perundang-undangan dan kebijakan di bidang keagamaan yang berkaitan dengan kerukunan umat beragama dan pemberdayaan masyarakat. Memelihara kerukunan umat beragama serta melakukan kajian dan penelitian masalah keagamaan. 

“Selain tugas pokok di atas, sesuai ayat satu, FKUB kabupaten/kota bertugas menerbitkan rekomendasi atas permohonan pendirian rumah ibadah”, tuturnya.

Sebelum  menutup sambutan, Pak Taufik mengingatkan kembali peran perempuan yang sangat penting dan sangat tinggi. Dengan mengutip lagu Mars Aisyiyah.

“Sadarlah akan kewajiban suci, membina harkat kaum wanita, menjadi tiang utama negara, di telapak kakimu terbentang surga, di tanganmulah nasib bangsa, mari beramal dan berdharma bakti membangun negara”.

Dia menyambung dengan menyanyikan lagu, “kasih ibu kepada beta tak terhingga sepanjang masa, hanya memberi tak harap kembali bagai sang surya menyinari dunia“, yang disambut gemuruh tepuk tangan peserta sarasehan. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post —  Saat Pandemi Covid-19 ini, terdapat tiga peran penting Polri, yaitu Pengawasan, Pencegahan dan Percepatan Vaksinasi. Panic Button On Hand (PBOH) milik...

Malang Raya

Malang Post —  Keberadaan warga lanjut usia (lansia) turut menjadi perhatian Pemkot Malang. Upaya dalam pemenuhan hak-hak hingga fasilitas lansia terus digencarkan guna mewujudkan...

Wisata

Malang Post —  Selalu dikenal dengan misi mengangkat kembali sejarah Indonesia yang terlupakan, Tugu Hotels & Restaurant telah menjadi ikon dunia pariwisata Indonesia di...

Malang Raya

Malang Post – Babinsa Kelurahan Pandanwangi Pelda Slamet dan Serka Suyitno memberangkatkan relawan menuju Semeru. Relawan tersebut berasal dari warga Pandanwangi yang bertugas mengantarkan...

Malang Raya

Malang Post – Lanal Malang menghelat serbuan vaksin di RW 09 Kelurahan Oro Oro Dowo Kecamatan Klojen. Selasa (7/12), tim nakes dari Lanal Malang...

Malang Raya

Malang Post – Selasa 7 Desember 2021, tim vaksinasi di Kota Malang menggelar penyuntikan di kawasan RW 04 Kelurahan Mulyorejo Kecamatan Sukun Kota Malang....

News

Malang Post — Sejumlah penambang pasir berhasil menyelamatkan saat lahar dingin mengaliri sungai dekat Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang. Ada 1 sopir...

Malang Raya

Malang Post — Beberapa waktu lalu, rencana pembangunan cold storage senilai Rp 16 miliar di Kelurahan Dadaprejo, Kota Batu disoal dewan. Kini pembangunan cold storage...