Connect with us

Hi, what are you looking for?

Teknologi

Pentingnya Website untuk Bisnis, Apa saja yang Perlu Dipersiapkan?

Malangpost – Dewasa ini, makin banyak pelaku bisnis yang berlomba membuat usaha mereka makin dikenal khalayak ramai dengan cara memanfaatkan beragam media digital yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Salah satunya adalah website resmi. Baik untuk usaha kecil dan menengah ke atas ataupun usaha yang sudah berskala besar, website memegang peranan yang cukup krusial. Lalu, apa sebenarnya pentingnya memiliki website untuk bisnis? Dan persiapan apa saja yang harus dilakukan?

Pentingnya Website untuk Bisnis

Baca Juga ----------------------------

1. Menonjolkan Personal Branding dan Brand Awareness

Web bisa dipakai sebagai media personal branding, terutama bagi Anda yang berniat membuat situs portofolio. Lewat web portofolio, Anda bisa mengunggah konten berisi skill, karya, testimoni klien atau perusahaan tempat Anda bekerja sebelumnya, dan lainnya yang bisa menambah nilai Anda di mata pengunjung. Disamping itu, web untuk bisnis memungkinkan produk atau jasa yang dipromosikan lebih mudah dikenali target pasar.

2. Meningkatkan Penjualan

Pada dasarnya, website menjadi alternatif paling efektif untuk mendobrak penjualan bisnis. Semakin besar jumlah pengguna yang melihat penawaran produk atau jasa Anda, akan semakin besar pula peluang terjadinya transaksi dan penjualan. Dengan demikian, akan ada lebih banyak profit yang bisa diperoleh.

Baca Juga ----------------------------

3. Membuat Bisnis Terlihat Kredibel

Keberadaan website dapat meningkatkan kredibilitas bisnis di mata masyarakat, sehingga mereka akan lebih mudah percaya dengan barang dan jasa yang ditawarkan. Saat calon pelanggan sudah menaruh kepercayaan pada suatu bisnis, mereka tidak akan merasa ragu untuk melakukan pembelian.

Hanya dengan melihat profil perusahaan dari web, pelanggan bisa melihat sendiri gambaran besar usaha yang Anda miliki. Semakin unik dan menarik display web, semakin mudah pula orang-orang mempercayai bisnis yang dijalankan.

4. Selalu Terkoneksi dengan Pelanggan Kapanpun

Baca Juga ----------------------------

Ragam informasi terkait produk dan layanan yang diunggah ke dalam situs bisa diperbaharui dengan lebih cepat dan mudah, dibandingkan dengan informasi berbentuk cetak. Karenanya, penggunaan website untuk bisnis menjadi cara yang efektif untuk selalu terkoneksi dengan pelanggan sekaligus memberikan informasi kepada mereka tentang kemunculan produk baru, promosi khusus, agenda yang akan datang, hingga layanan baru yang tersedia di website.

Hal yang Harus Disiapkan untuk Membuat Website Bisnis

Agar pembuatan website berjalan lancar, ada beberapa hal yang harus disiapkan untuk membuat suatu website. Diantaranya adalah:

1. Domain

Fungsi utama domain ialah memudahkan calon pengguna untuk menemukan suatu produk, bisnis, atau perusahaan yang menjalankannya. Inilah mengapa domain harus dibuat seunik mungkin, namun tetap mudah diingat dan dicari di internet.

Sebelum memesan suatu domain, Anda perlu cek domain terlebih dahulu, apakah sudah ada pengguna lain yang menggunakan nama serupa atau belum. Mengingat 1 domain hanya bisa digunakan untuk satu akun, jika domain yang Anda inginkan sudah digunakan orang lain, maka Anda harus menggantinya dengan nama lain yang berbeda.

2. Hosting

Hosting berguna sebagai wadah penyimpanan dari database yang dimiliki suatu web agar bisa diakses para pengunjung secara online. Jenis hosting sendiri cukup beragam, mulai dari hosting langganan bulanan sampai tahunan. Juga hosting dengan kapasitas 1 GB sampai ratusan GB.

3. Display dan Konten

Display dan konten yang terdapat pada website bisa berupa tulisan, foto, gambar, video, atau gabungannya. Baik display ataupun konten, harus dibuat semenarik mungkin supaya bisa menjangkau lebih banyak pengunjung dan mendatangkan adsense, alias penghasilan iklan.

Itulah beberapa alasan mengapa pengadaan website untuk sebuah bisnis dinilai penting. Sekaligus ragam komponen yang harus dipersiapkan pengusaha sebelum membangun web. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan Anda seputar website dan membantu Anda dalam persiapan membangun website ya! (*)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malangpost – Kodim 0833 Kota Malang sosialisasi soal jalur pendaftaran calon bintara AD lintas agama di sejumlah pondok pesantren. Hal ini karena TNI AD...

Malang Raya

Malangpost – Harga minyak belakangan ini semakin mahal saja. Beberapa hari terakhir, harga minyak goreng bahkan lebih dari Rp 20 ribu per liter. Sesuai...

Wisata

Malang Post –  Unit bisnis penginapan yang dimiliki sepenuhnya oleh CapitaLand Investment Limited, The Ascott Limited (Ascott) dengan bangga mengumumkan pembukaan properti terbarunya. Shanaya...

Pendidikan

Malang Post – Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional Veteran Surabaya dalam melaksanakan magang Merdeka Belajar menggandeng praktisi hukum asal Malang, Dr. Yayan Riyanto, SH M.Hum....

Malang Raya

Malang Post – Masyarakat pengendara bermotor roda dua musti waspadai kondisi jalan raya karena kadang berlubang akibat musim penghujan.  Gara-gara jalan berlubang, pengendara sepeda...

News

Malang Post –  Sebuah truk fuso berwana biru-hitam yang melaju dari arah Kediri menuju Kota Batu, terperosok ke dalam jurang sedalam 30 meter di...

Malang Raya

Malangpost – Selasa (18/1), vaksinasi anak sukses digelar di SD Taman Harapan, Jalan Majapahit Dalam, Kelurahan Kidul Dalem, Kecamatan Klojen Kota Malang.Babinsa Kidul Dalem,...

Malang Raya

Malangpost – Kodim 0833/Kota Malang gencar melaksanakan sosialisasi rekrutmen penerimaan prajurit TNI AD di beberapa MA yang ada di Kota Malang. Pelaksanaan sosialisasi rekrutmen...