Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Expo Kampus di SMAK Kolese Santo Yusup, Agar Tak Salah Pilih Jurusan

PENJAJAKAN: Ekspo perguruan tinggi diadakan SMAK Kosayu untuk siswanya sehingga mendapat wawasan dalam memilih prodi dan perguruan tinggi sesuai minatnya, Jumat (10/9/2021). Acara berlangsung virtual dan diikuti 79 perguruan tinggi dalam dan luar negeri. (Foto: Istimewa)

Malang Post – SMAK Kolese Santo Yusup Malang juga dikenal dengan nama SMA Hua-Ind. Merupakan salah satu SMA Katolik favorit di Kota Malang.

Ada yang menarik di sana. Karena di beberapa tahun terakhir, selalu diadakanya expo perguruan tinggi. Untuk tahun ini, acara tersebut dikemas secara virtual. Karena masih pandemi.

Baca Juga ----------------------------

Ekspo Perguruan Tinggi dilaksanakan dua hari dengan jadwal sebagai berikut. Jumat 10 September 2021: Kelompok A (12.00 – 13.30). Kelompok B (13.30 – 15.00), Kelompok C (15.00 – 16.30). Sabtu 11 September 2021: Kelompok D (07.30 – 09.00). Kelompok E (09.00 – 10.30). Kelompok F (10.40 – 12.10).

Ketua Pelaksana, Rosa Irawati kepada wartawan Malang Post, Jumat (10/9/2021) mengatakan, “Sekolah kita telah rutin melakukan ekspo perguruan tinggi.”

Untuk menambah wawasan calon mahasiswa baru. Agar tidak salah memilih jurusan dan siswa juga mendapat informasi tentang beasiswa dari perguruan tinggi.

Tahun ini diikuti 79 perguruan tinggi dalam negeri dan luar negeri. Dilaksanakan mulai dua hari, yaitu Jumat-Sabtu (9-10/9/2021). 

Ia bersyukur, jumlah perguruan tinggi yang terlibat lebih baik. Untuk perguruan tinggi di Indonesia kebanyakan PTS di mulai Jakarta hingga terjauh dari Bali.

Sedang perguruan tinggi dari luar negeri seperti dari Inggris, China, Selandia Baru dan Kanada.

“Semoga tahun depan lebih banyak lagi perguruan tinggi dari yang daftar,” jawabnya.

Di tahun ini ada yang berbeda di expo perguruan tinggi. Di samping dilakukan virtual, kali ini juga memberikan kesempatan bagi semua siswa siswi.

Mulai kelas 10, 11 dan 12 boleh mendaftar. Sehingga sejak dini, siswa mendapat wawasan untuk memilih jurusan sesuai minatnya.

Untuk siswa kelas 10 dan 11 diminta mengunjungi semua perguruan tinggi yang ikut pameran. Sehingga ia mendapat komparasi yang bagus. 

Selain itu, ini adalah grand design supaya para siswa tahu lebih dulu, kondisi di luar sekolah. Kondisi riil profesi itu seperti apa.

“Tantangannya apa saja. Seperti problem pribadi, pelajaran kompetisi dan lainnya. Mereka bisa bertanya ke alumni. Setelah Expo Carir ada Expo Kampus,” pungkasnya.

Kegiatan ekspo ini juga dibantu beberapa alumni. Sebagai pengingat SMA ini mempunyai alumni yang tergabung dalam PEKSY (Persaudaraan Eks Kolese Santo Yusup).

“Hal ini karena keterbatasan jumlah guru,” tegas Rosa Irawati

Wartawan Malang Post mencoba mewawancarai salah satunya. Yaitu, Leatha alumni tahun 2019. “Tidak ada salahnya bila kita membantu sekolah yang telah meluluskan kita,” katanya.

“Tujuan kita ke sini, juga bisa juga nenjadi co-host. Menjelaskan kepada adik-adik kita perihal fakultas-fakultas yang ada di perguruan tinggi. Agar para siswa yang mengikuti kegiatan ini tidak salah memilih program studi (prodi) di perguruan tinggi,” tegas gadis asli Malang ini. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Dalam rangka menyambut peringatan HUT TNI ke-76 Tahun 2021, Korem 083/Bdj beserta Kodim 0833/Kota Malang secara serentak melaksanakan Bakti sosial berupa...

headline

Malang Post- Soal kasus rombongan “Gowes”  Walikota Malang, Sutiaji dan jajaran OPD ke Pantai Kondang Merak, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang Minggu (19/9) lalu, memang sudah...

Malang Raya

Malang Post – Bupati Malang Drs HM Sanusi MM pernah menjanjikan akan memberikan dana ekstra kepada 378 Desa dan Kelurahan di Kabupaten Malang sebanyak...

Malang Raya

Malang Post – Stiker Presiden RI Joko Widodo dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo serta tulisan ajakan memakai masker terpampang jelas di mobil dinas milik...

News

Malang Post — Kabar duka dari Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang, Kamis (23/9/2021) sore. Seorang mahasiswa semester akhir, tewas akibat mengalami kecelakaan di Bululawang....

Pendidikan

Malang Post — Dinas Pendidikan Kabupaten Malang melalui Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat menggelar training of trainer (TOT) bagi guru PAUD.  Temanya:...

Malang Raya

Malang Post — Angin kencang, Kamis (23/9/2021) jelang petang menghempas wilayah Desa Sumbersuko, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang. Satu rumah rusak berat sementara 5 lebih lainnya...

Pendidikan

Malang Post — Pengabdian kepada masyarakat, bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan seluruh dosen di Indonesia. Termasuk dosen Universitas Negeri Malang melalui Lembaga...