Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ekobis

13 Aplikasi Persediaan Barang Terbaik Untuk Perusahaan

Malang Post – Pemerintah Kota Malang mendistribusikan Bantuan Pangan Non Tunai Daerah (BPNTD) bulan Juni dan Juli di Kelurahan Arjowinangun. Bertempat di E-Warung Amanah Arjowinangun pada Selasa (10/8/2021).

Aplikasi persediaan barang memang saat ini diperlukan bagi para pengusaha yang menjalankan bisnisnya. Entah usaha apa yang dijalankan, khususnya yang bergerak di bidang jual beli barang pasti akan menyetok barang. Maka itu, pelaku usaha harus bisa benar-benar memanage stok barangnya dengan baik.

Baca Juga ----------------------------

Salah satu cara mudah agar bisa memantau keluar dan masuk barang adalah lewat sistem persediaan barang. Aplikasi persediaan barang adalah sebuah program yang dibuat untuk mengelola data ketersediaan barang dengan lebih mudah, cepat, dan juga akurat. Fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi ini juga berbagai macam, yang akan membantu Anda dalam mengelola stok barang serta sebagai bahan laporan pencatatan persediaan barang.

Manfaat menggunakan aplikasi persediaan barang ini adalah dapat membantu mencatat barang keluar dan barang masuk secara lebih mudah dan akurat. Jika sebelumnya Anda melakukannya dengan cara manual, maka sekarang para pelaku usaha tidak perlu repot dengan adanya aplikasi inventory yang akan lebih memudahkan Anda kedepannya dalam mengatur stok barang. Tidak perlu lagi melakukan pencatatan yang akan memakan banyak waktu, semua pencatatan dilakukan di sistem dan tersimpan secara otomatis setiap kali perlu dilakukan update stok barang pada gudang.

Aplikasi persediaan barang ini berbasis web, baik itu menggunakan excel ataupun php yang bisa digunakan pada komputer, laptop, maupun Android. Tujuannya adalah agar lebih memudahkan pelaku usaha dalam mengecek setiap persediaan barang serta meminimalisir adanya kesalahan dalam pengaturan persediaan barang. Dengan begitu, bisnis Anda akan berjalan dengan lancar dan pemilik usaha tetap dapat memantau persediaan barang kapanpun dan dimanapun.

Nah, karena banyaknya manfaat dari aplikasi persediaan barang ini, tidak ada salahnya jika Anda mulai mencoba aplikasi persediaan barang yang akan kami bahas berikut ini. Semoga dapat membantu Anda dalam memilih aplikasi persediaan barang terbaik sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

13 Aplikasi Persediaan Barang Terbaik

1. Jurnal

Dengan banyaknya jenis barang yang Anda jual, pastinya Anda membutuhkan aplikasi persediaan yang dapat mengelola seluruh persediaan barang Anda di gudang serta mendata setiap barangnya. Jurnal merupakan aplikasi persediaan barang terbaik yang pertama kami rekomendasikan bagi Anda. Dapatkan data jumlah stok, harga jual rata-rata, perhitungan persediaan, dan pemberitahuan ketersediaan barang secara real time. Jurnal dapat membantu Anda dalam mengelola stok barang Anda lewat laporan terinci yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja dengan mudah, cepat, dan akurat.

2. Inventory Management

Selanjutnya Aplikasi inventory ini sangat cocok digunakan untuk pengusaha yang baru saja merintis usaha. Karena penggunakan aplikasi ini simple dan tidak terlalu ribet menggunakannya. Aplikasi inventory management dapat membantu Anda dalam merekam informasi terkait persediaan barang masuk dan keluar.

Fitur utama dari aplikasi ini adalah mencatat stok barang yang tersedia, mencatat stok barang yang akan dijual, dan mencatat barang yang akan dibeli sebagai kebutuhan ketersediaan barang. Selain fitur-fitur tadi, aplikasi ini juga terdapat fitur kelola item, yakni Anda dapat dengan mudah menambah ataupun menghapus stok barang.

Selain itu, dengan Aplikasi inventory management ini juga memudahkan terjadinya kesalahan dalam mengatur barang. Mencegah terjadinya selisih stok barang, karena inventory management memiliki fitur yang berfungsi untuk melihat riwayat transaksi yang pernah dilakukan secara keseluruhan, jadi hal tersebut dapat Anda pantau.

3. Stock and Inventory Simple

Aplikasi persediaan barang selanjutnya terdapat Stock and Inventory Simple yang memiliki jumlah pengguna sebanyak 500 ribu. Aplikasi ini juga memiliki rating yang tinggi karena dapat digunakan dengan mudah. Stock and Inventory Simple membantu Anda dalam mengatur stok barang dengan cepat, hal ini dapat dilakukan dengan cara mencatat stok barang secara manual langsung pada aplikasi atau Anda dapat mengimpor dari Excel juga bisa. Sebaliknya, Anda juga bisa mengimpor data stok barang dari sistem dan ekspor ke dalam file excel. Fitur lainnya yang terdapat pada aplikasi ini adalah Add Images untuk menambah gambar barang dan mencatat deskripsi barang dengan mudah.

4. eStock: Stock Manager, Inventory Manager

Aplikasi persediaan barang yang dapat Anda unduh secara gratis adalah  eStock: Stock Manager, Inventory Manager. Aplikasi ini tergolong masih baru karena baru saja dirilis di tahun 2019. Namun pengguna aplikasi ini juga sdah cukup banyak dengan jumlah pengguna lebih dari 50 ribu lebih. Dengan aplikasi ini, akan memudahkan Anda dalam mengupdate stok barang Anda dan menambahkan berbagai detail barang seperti Id barang, nama barang, deskripsi serta fitur barang. Bahkan adalah  eStock: Stock Manager, Inventory Manager juga menyediakan QR dan Barcode yang secara otomatis akan muncul untuk membaca kode barang. Selain itu, terdapat fitur laporan dan daftar stok barang secara otomatis, sehingga Anda tidak perlu lagi membuat laporan persediaan barang secara manual, karena hanya tinggal menariknya dari sistem dan laporan secara otomatis sudah dapat Anda lihat.

5. Smart Inventory System

Memiliki tampilan yang simple dan trendy, membuat aplikasi ini banyak digunakan oleh para pelaku usaha pemula hingga pengusaha menengah. Smart Inventory System dirancang dengan berbagai fitur unggulan, salah satunya adalah penggunaan sistem barcode pada sistem barang yang Anda masukkan kedalam aplikasi ini. Bahkan Anda juga bisa membuat nama barang dengan mencetak tag harga suatu barang untuk dijadikan barcode. Smart Inventory System juga memudahkan Anda dalam memeriksa ketersediaan stok barang secara real time. Dengan begitu bisnis Anda akan berjalan dengan lancar karena setiap barang yang akan dijual sudah bisa dipastikan ketersediaannya.

6. Stock Count

Stock Count dapat membantu Anda dalam mengecek barang masuk dan keluar dengan cepat dan mudah. Dalam penggunaannya, aplikasi ini terdapat fitur barcode scanner yang tersambung dengan kamera pada perangkat Anda seperti Anda dapat mengeceknya di Smartphone atau Laptop. Jadi, Anda juga tetap bisa mengecek stok barang kapan saja dan dimana saja secara lebih mudah. Aplikasi stock count yang terhubung langsung dengan layanan e-mail, sehingga setiap laporan persediaan barang serta riwayat transaksi akan langsung di emailkan ke Anda jika hal itu diperlukan. Hal ini tentu saja akan memudahkan Anda dalam memanage ketersediaan barang hanya dengan mengeceknya lewat aplikasi Smart Inventory System secara lebih mudah dan cepat.

7. Inventory Management App – Zoho Inventory

Aplikasi selanjutnya adalah Inventory Management App – Zoho Inventory merupakan aplikasi persediaan barang yang terlengkap karena fungsinya yang beragam. Anda bisa mengelola ketersediaan barang secara real time, membuat pesanan pembelian barang, melihat transaksi barang yang terjual, bahkan menerima pembayaran atas penjualan barang secara online di dalam satu aplikasi. Sudah jelas, aplikasi persediaan barang ini memang paket lengkap, karena akan sangat memudahkan dan menguntungkan bisnis Anda. Inventory Management App – Zoho Inventory memiliki fitur unggulan yaitu manajemen kontak yang membantu Anda untuk selalu terhubung dengan customer Anda, Jadi lebih mudah untuk berkomunikasi langsung kan?

8. Mobile Inventory

Aplikasi inventory gratis selanjutnya adalah Mobile Inventory yang pengaplikasiannya dapat dilakukan secara sederhana. Karena pengaplikasiannya yang cukup sederhana, maka Mobile Inventory cocok digunakan untuk Anda yang mulai menyetok barang. Aplikasi ini juga tersedia secara gratis dan bisa Anda download langsung di Playstore. Fitur gratis yang tersedia diantaranya adalah Manajemen Persediaan, filter item barang berdasarkan nama barang, kategori dan lainnya, Manajemen Bursa dan Manajemen Saham.

9. Inventory, Purchase, Sales Order

Jika Anda menginginkan paket terlengkap yang dimiliki aplikasi persediaan barang, Anda bisa mencoba aplikasi Inventory, Purcahase, dan Sales Order. Dari namanya saja kita bisa menebak bahwa aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap, yang bisa dibilang paket komplit. Fitur-fitur unggulannya yaitu Purcahase Order, Sales Order, Manajemen Persediaan Barang, dan juga terintegrasi barcode pada item barang secara otomatis. Aplikasi Inventory, Purcahase, dan Sales Order juga memungkinkan Anda untuk melakukan proses penjualan barang kepada customer dan pembelian barang kepada supplier Anda. Sehingga Anda dapat bertransaksi dengan lebih mudah dan meminimalisir terjadinya kesalahan perhitungan stok barang.

10. Easy Catalogue

Jika biasanya tiap aplikasi perlu terhubung selalu dengan koneksi internet, maka aplikasi persediaan barang yang satu ini bisa dilakukan secara offline. Anda bisa mengakses fitur-fitur di dalam aplikasi ini dimanapun dan kapanpun dengan mudah. Fitur yang tersedia di dalam aplikasi easy catalogue ini tidak jauh berbeda dengan aplikasi barang lainnya yaitu untuk mengelola stok barang, menyimpan data ketersediaan barang dan barang yang terjual. Anda juga bisa menambahkan deskripsi barang yang telah di daftarkan di dalam aplikasi ini.

11. Inventory Keeper

Rekomendasi aplikasi persediaan barang selanjutnya adalah Inventory Keeper. Sesuai dengan namanya, Inventory Keeper memiliki fitur-fitur yang dapat membantu mencatat stok barang yakni ketersediaan stok barang, menambah barang yang masuk, mengurangi barang yang sudah terjual, mencatat stok barang, semua dilakukan secara terorganisir. Aplikasi Inventory Keeper sangat cocok untuk Anda yang memiliki usaha kelas menengah.

12. Stock Controller – Inventories

Nah, yang kedua belas ini ada Stock Controller yang merupakan aplikasi persediaan gratis yang dapat Anda download melalui Playstore/IoS. Melalui aplikasi ini, Anda dapat memanage jumlah stok barang Anda dengan mudah. Fitur-fitur seperti mengelola stok persediaan barang, membuat daftar list nama barang, membuat gudang berdasarkan jenis barang, sampai fitur untuk menambah foto barang yang ingin ditambahkan ke dalam aplikasi. Kelebihan lain dari aplikasi Stock Controller adalah Anda dapat menggunakan lebih dari satu pengguna di dalam satu aplikasi. Jadi, Anda tetap bisa menggunakan aplikasi ini dengan user yang berbeda secara bersamaan.

13. Simple Stock Manager

Aplikasi persediaan barang yang terakhir ini adalah Simple Stock Manager yang memiliki tampilan user friendly. Fitur andalannya yaitu Anda dapat mendaftarkan barang seta memasukkan riwayat transaksi pembelian dan penjualan barang. Kemudian tersedia fitur barcode untuk menemukan berbagai informasi barang dengan cepat. Selanjutnya terdapat notifikasi yang langsung ketika stok barang sudah mulai habis dan memerlukan penambahan stok untuk menjaga ketersediaan barang Anda kembali. Ada pula fitur backup data, dimana data stok barang Anda akan tersimpan secara otomatis di dalam aplikasi ini.

Itulah beberapa aplikasi persediaan barang terbaik yang bisa Anda coba. Semoga aplikasi yang sudah dibahas diatas dapat membantu dalam bisnis Anda dengan menciptakan manajemen persediaan barang yang baik.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang Post — Beredarnya video jajaran Pemkot Malang bersepeda dan diduga memaksa memasuki Pantai Kondang Merak yang tutup, viral di media sosial. Kejadian berlangsung Minggu...

Pendidikan

Malang Post — Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang memperpanjang waktu penerimaan mahasiswa baru hingga 30 September 2021 mendatang. Kabar perpanjangan waktu penerimaan mahasiswa baru ITN Malang...

Pendidikan

Malang Post — Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak menyampaikan kebijakan di sektor pertanian harus memiliki sudut pandang agribisnis policy. Dinilai sangat penting, utamanya...

Malang Raya

Malang Post – Dalam upaya mendukung Pemerintah memutus mata rantai penuebaran Covid 19, Kodim 0833/Kota Malang menggelar serbuan Vaksinasi Dosis 2, bertempat di gedung...

Pendidikan

Malang Post – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, terus menggeber kerjasama di berbagai bidang. Kali ini UIN Malang melebarkan sayapnya melalui...

Malang Raya

Malang Post – Pemkab Malang terus berupaya agar produk lokal go Internasional. Hal ini dilakukan untuk menggenjot penjualan produk lokal. Bupati Malang Drs HM...

Kriminal

Malang Post – Pelaku curanmor terus beraksi mencari sasaran di Kota Malang. Kali ini Jumat  (17/9/2021)  pelaku beraksi di depan warung Soto Cak Son Jl ...

headline

Malang Post – Satuan Reskrim Polresta Malang Kota, Senin (20/9/2021) siang, merilis hasil penyelidikan persoalan fetis mukena yang sempat viral beberapa saat lalu.  Didatangkan...