Connect with us

Hi, what are you looking for?

Malang Raya

Wacanakan Pasar Takjil di Depan Balai Kota Among Tani

Foto: Ilustrasi Pasar Takjil.

AMEG – Bulan suci Ramdhan tinggal menghitung jam. Pada bulan penuh ampunan itu, pastinya ada satu hal yang sangat ditunggu. Selain nikmatnya buka bersama dengan keluarga ataupun teman-teman. Ada hal menarik lain yang sangat ditunggu di bulan penuh ampunan ini. 

Salah satunya, dengan kehadiran pasar Ramadhan atau biasa disebut dengan pasar takjil. Sejatinya, setiap tahun pasar takjil selalu menjadi sisi pelengkap nikmatnya Ramadhan. Terlebih, pasar takjil selalu ramai dikunjungi ketika menjelang buka puasa sembari ngabuburit. 

Baca Juga ----------------------------

Oleh karena itu, meski saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19. Pemkot Batu tak membatasi keberadaan pasar takjil. Karena, selain menjadi pelengkap manisnya bulan suci Ramadhan. Keberadaan pasar takjil di situasi seperti ini juga sebagai upaya melakukan pemulihan ekonomi. 

Terlebih Pemkot Batu juga memiliki wacana akan memfasilitasi tempat para pedagang musiman ini. Berdasarkan wacananya, Pemkot Batu akan menempatkan pedagang takjil di depan Balai Kota Among Tani, Kota Batu. 

Pemilihan lokasi itu bukan tanpa perhitungan. Karena, dengan ditempatkannya para pedagang di lokasi tersebut. Akan memudahkan pengawasan Pemkot dalam hal penerapan protokol kesehatan. 

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso mengatakan, untuk pasar ramadhan belum ada peraturan resmi dari Pemkot Batu. Namun yang jelas, Pemkot Batu tidak melarang adanya pasar takjil. Tetapi tetap harus menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. 

“Meski saat ini belum ada peraturan resmi. Ketika ada pasar takjil, Pemkot Batu akan turun tangan untuk melakukan pengawasan,” ujar Punjul kepada Ameg.id.

Selain itu, Punjul juga memiliki keinginan agar para pedagang pasar takjil bisa menempati halaman Balai Kota Among Tani. Itu karena, pengawasan protokol kesehatan akan lebih mudah untuk dilaksanakan. Selain itu, juga bertujuan untuk melakukan pemecahan kerumunan. Karena biasanya pasar takjil berada di kawasan Alun-alun Kota Batu. 

“Jika dalam situasi seperti ini, pasar takjil masih ditempatkan di Alun-alun. Ditakutkan akan menjadi kerumunan masa. Karena sudah diketahui bersama, tidak ada pasar takjil saja Alun-alun sudah sangat ramai,” ujar Punjul. 

Pihaknya tak hanya memberikan lampu hijau akan keberadaan pasar takjil saja. Namun, untuk moment buka bersama juga mendapatkan restunya. Dengan catatan, masyarakat dan wisatawan harus tetap menjaga protokol kesehatan. 

“Bagaimanapun juga, pencegahan Covid-19 menjadi tanggung jawab bersama. Karena upaya untuk memutus mata rantai persebaran Covid-19 harus tetap berjalan dan terus berlanjut,” katanya. 

Sementara itu, Ketua PHRI Kota Batu, Sujud Hariadi mengatakan, seperti apapun nantinya, pihaknya akan tetap mematuhi peraturan yang dibuat oleh Pemkot Batu. 

“Jika buka bersama diperbolehkan, kami sangat bersyukur. Dengan dibarengi penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat. Salah satunya dengan mengatur jarak meja makan,” tandasnya. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post — Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Kabupaten Malang mengajak masyarakat agar kembali ke koperasi dan menjauhi pinjaman online, karena membahayakan, Sedangkan koperasi adalah soko...

Pendidikan

Malang Post — Melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), dosen Jurusan Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya memberikan Pelatihan HACCP untuk Ahli Gizi Rumah Sakit dan Katering....

Malang Raya

Malang Post –  Efek Bocil (Bocah Cilik). Kata itu sangat tepat menggambarkan situasi pariwisata di Kota Batu saat ini. Pasalnya setelah turun level Pemberlakuan Pembatasan...

Malang Raya

Malang Post — Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) merupakan bentuk kampanye nasional dalam mendorong pelaku UMKM untuk go digital. Meningkatkan kehadiran produk-produk lokal yang...

Malang Raya

Malang Post – Koramil Sukun turut mengikuti karya bakti warga Jalan Kemantren 1 gang Imam Bonjol, RT 08 RW 03, Kelurahan Bandungrejosari Sukun, Minggu...

Malang Raya

Malang Post – Masjid Khoirul Huda dengan kawalan Babinsa-Bhabinkamtibmas Sukun, menghelat sunatan gratis. Panitia sunatan gratis memusatkan acara di Jalan Simpang Sukun, RW 04...

Malang Raya

Malang Post  – Pendampingan dan pelatihan keuangan bagi pelaku UMKM sangat penting. Demi kemajuan usahanya, agar tetap stabil dan produktif. Karena itulah, PT Permodalan...

headline

Malang Post – Terbukti sudah, jika pinjol (pinjaman online) apalagi ilegal, bisa bikin stres hingga nekat bunuh diri. Ini akibat tak kuat dikejar-kejar debkolektor...