Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

Perut Kencang Pasca Melahirkan dengan BL

Komunitas NYX Healty

Reporter: Zia Muttaqien

AMEG – Proses kehamilan kemudian melahirkan merupakan berkah terbesar dalam kehidupan berumah tangga, khususnya bagi wanita yang memiliki anak dari rahim sendiri, sebuah anugerah tak ternilai.

Namun, di balik itu, ada hal yang cukup menyita focus, terutama pasca persalinan, yakni mengendurnya perut dan membuat sebagian wanita menjadi tidak nyaman dengan penampilan.

Salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk mengencangkan perut pasca melahirkan adalah dengan senam aerobik body language atau BL.

BL merupakan variasi dari senam aerobic, dimana semua gerakannya bertujuan memperkuat dan memperlancar sistem metabolisme dalam tubuh seseorang dengan fokus pada kontraksi pada otot dasar tubuh, khusunya pinggul dan perut.

Menurut Nanik Karyani Pratiwi, Ketua Komunitas NYX Healty, yang bergerak di kegiatan senam aerobic, pasca persalinan perlu dilakukan pembentukan dan pengencangan agar berat badan bisa terjaga dan perut terlihat lebih kencang.

“Biasanya dilakukan dengan kombinasi senam aerobik low impact selama 30 menit, dilanjutkan gerakan BL untuk pengencangan otot perut bagian dalam selama 30 menit. Kontinyu dilakukan 3 kali dalam seminggu, dan biasanya hasil dapat dirasakan dalam waktu 2 hingga 3 bulan, perut akan terlihat kencang, padat, tidak bergelambir,” urai, dalam sebuah kesempatan.

Nanik Karyani Pratiwi, Ketua Komunitas NYX Healty. (zia)

Instruktur aerobik itu juga menambahkan, senam BL lebih menekankan sistem pernafasan, dengan gerakan pelan dan terstruktur serta mengunakan beberapa jenis alat di atas sebuah matras.

Gerakan senam yang dilaksankan saat BL ini memberikan efek menyeluruh untuk bentuk tubuh, terutama pada bagian lengan, dada, perut, paha, pinggul, payudara serta bagian tubuh lainnya.

Bagi wanita yang baru melahirkan, sangat dianjurkan mengikuti kelas BL di aerobic center, dengan rentan waktu 2 hingga 3 minggu pasca persalinan normal, atau bagi yang melakukan persalinan secara sesar, disarankan mulai melakukan aerobik BL setelah  3 hingga 4 bulan.

Manfaat dari senam BL yang bisa diperoleh adalah mengencangkan dan menguatkan area leher dan wajah, kemudian mengencangkan bagian dada, merampingkan perut, latihan untuk kekuatan dan keseimbangan serta memperindah pinggul.

Selain pasca persailnan, wanita yang belum menikah serta ingin memiliki perut kencang dan berat badan lebih terjaga, juga bisa mengikuti kelas senam BL secara rutin, karena selain bisa mendapatkan tubuh yang ideal dan enak dipandang, di masa pandemi seperti ini perlu meningkatkan imunitas tubuh untuk menangkal virus covid-19.

Click to comment

Leave a Reply

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

News

Malang – Menjaga kondisi tubuh dan meningkatkan imun, menjadi suatu keharusan di masa Pandemi Covid-19. Banyak cara yang bisa dilakukan. […]

Kesehatan

Kota Malang – Berolahraga sudah mulai menjadi gaya hidup masyarakat di era modern seperti ini, sebisa mungkin, banyak yang rela […]

News

Malang – Senam menjadi salah satu olah raga yang sangat digemari karena murah, mudah dan menyenangkan. Menjaga kesehatan tentunya menjadi […]

%d bloggers like this: