Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

Vaksinasi di Jatim Tertinggi

VAKSIN: Capaian vaksinasi Covid-19 di Jatim tertinggi se Indonesia. Gubernur Khofifah saat meninjau vaksinasi Lansia di Hotel Samator, Surabaya. (Foto: Humas Pemprov Jatim)

Surabaya – Berdasarkan data Gugus Tugas Covid-19 nasional, pada Selasa (2/3), sebanyak 16 kabupaten dan kota di Jatim. Atau sebesar 42 persen, telah masuk zona kuning.  Yaitu, Kab. Malang, Kab. Mojokerto, Kabupaten dan Kota Probolinggo, Kab. Bangkalan, Kab. Sumenep, Kab. Sampang, Kab. Pamekasan, Kab. Jember, Kab. Pasuruan, Kab. Bondowoso, Kab. Situbondo, Kab. Lumajang, Kab. Tulungagung, Kab. Bojonegoro, dan Kab. Lamongan.

Pada saat yang bersamaan, Jatim juga menduduki vaksinasi tertinggi di Indonesia. Data Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI, per 2 Maret 2021, capaian vaksinasi di Jatim mencapai 510.027 orang. Disusul Jawa Tengah 435.059 orang, Jawa Barat 300.410 orang dan DKI Jakarta 251.179.

Baca Juga ----------------------------

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengaku bersyukur, atas capaian vaksinasi tertinggi. Yang dibarengi dengan makin bertambahnya zona kuning di Jatim. Menurutnya, ini merupakan wujud kerja keras dan gotong royong semua pihak. Baik pemerintah, masyarakat dan TNI dan Polri.

Pihaknya juga mengapresiasi, kedisiplinan masyarakat saat pelaksanaan PPKM 1 dan 2 serta PPKM Mikro periode pertama 9-22 Februari 2021 dan dilanjutkan sampai 8 Maret 2021. Penekanan penyebaran Covid-19 di Jatim, merupakan wujud hasil yang baik dari penerapan PPKM maupun PPKM Mikro.

‘’Alhamdulilllah saat ini ada 16 kabupaten dan kota di Jawa Timur, yang masuk ke dalam zona kuning. Sisanya sebanyak 22 kabupaten dan kota masuk zona oranye dan tidak ada yang masuk zona merah,’’ kata Gubernur Khofifah, di sela-sela kunjungan kerjanya pada acara sertijab Bupati Blitar, Rabu (3/3) seperti termuat dalam Pers Rilis Humas Pemprov Jatim.

‘’Kita juga sangat bersyukur, capaian vaksinasi Jatim saat ini tertinggi. Ke depan kita berharap cakupannya akan semakin luas. Utamanya bagi masyarakat yang termasuk prioritas bisa segera mendapatkan vaksinasi,’’ lanjutnya.

Terkait zonasi di Jatim, Khofifah menjelaskan, sebelum PPKM 1  dilaksanakan pada 2 Januari lalu, terdapat delapan daerah di Jawa Timur dengan zona merah. Status Covid-19 di Jatim juga mengalami penurunan yang signifikan, bila dibandingkan dengan sebelum PPKM.

Saat itu, BOR Ruang Isolasi dan ICU Covid-19 sebelum PPKM mencapai 79 persen dan 72 persen. Saat ini BOR mengalami penurunan signifikan. Menjadi 37 persen untuk Ruang Isolasi dan 54 persen untuk ICU Covid-19.

‘’Tentu kita bersyukur dengan hasil yang baik ini. Akan tetapi zonasi ini bukan sebuah pencapaian. Zonasi adalah alat ukur, apakah intervensi yang kita lakukan sudah berada di jalur yang benar,’’ tegas Khofifah.

Maka Khofifah tetap mengingatkan, agar masyarakat tidak lengah dan tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Diharapkan ke depan, seluruh kabupaten dan kota di Jatim bisa masuk zona hijau dan tidak ada yang kembali ke zona merah.

‘’Sekali lagi saya tegaskan, zonasi ini bersifat sementara. Karenanya kami harapkan semua elemen masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Ini penting, agar kita pandemi Covid-19 bisa segera berakhir,’’ tandas Khofifah. (azt/rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang Post – Dalam rangka percepatan Herd Immunity, Universitas Negeri Malang (UM) kembali sukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 jenis Sinovac dosis pertama dan kedua yang ditujukan...

Pendidikan

Malang Post — SMAN 1 Sumberpucung berkomitmen mendukung pemerintah menangani pandemi Covid-19 yang belum mereda. Salah satunya melalui program vaksinasi remaja. Menggandeng Puskesmas Sumberpucung, vaksinasi dosis...

Malang Raya

Malang Post – Hutan Kota Malabar menjadi pusat kegiatan aksi bersih-bersih yang diinisiasi jajaran Kodim 0833 dalam hal ini Koramil Klojen pemangku wilayah. Tidak...

Malang Raya

Malang Post – Bank Sahabat Sampoerna (BSS) Malang bersama mitra bisnisnya, KSP Sahabat Mitra Sejati, kembali menggelontorkan ratusan paket sembako bagi masyarakat yang terdampak...

Malang Raya

Malang Post – Kodim 0833 Kota Malang melakukan berbagai upaya untuk tingkatkan imun di masa pandemi covid-19. Jumat (17/9), Komandan Kodim 0833/Kota Malang Letkol...

Malang Raya

Malang Post – Pemkab Malang gelar Vaksinasi Massal untuk pelajar bertajuk”Indonesia Sehat, Indonesia Hebat”. Bersinergi bersama Badan Intelijen Negara (BIN). Dihadiri Bupati Malang HM...

Malang Raya

Malangpost – Bertempat di Gedung Graha cakrawala UM Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang di laksanakan Vaksinasi ke 1 Dan 2 jenis Sinovak sejumlah...

Pendidikan

Malang Post — Ikatan Guru Taman Kanak -Kanak (IGTKI) Kecamatan Donomulyo melalui Dinas Pendidikan bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat menggelar workshop....