Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

Datang Lagi 10 Juta Vaksin

dr Dante Saksono Harbuwono, Wakil Menteri Kesehatan. (Foto: KPC PEN)

Jakarta – Komitmen dan upaya pemerintah, untuk membebaskan Indonesia dari pandemi terus dilakukan. Salah satunya, ditandai dengan kedatangan vaksin Covid-19, tahap kelima. Bertepatan satu tahun Indonesia, mengalami pandemi Covid-19.

Sebanyak 10 juta vaksin Covid-19 dari Sinovac, dalam bentuk bulk, mendarat di bandara Soekarno-Hatta. Dengan kedatangan ini, total Indonesia sudah mengamankan 38 juta vaksin Covid-19.

Baca Juga ----------------------------

Wakil Menteri Kesehatan, dr Dante Saksono Harbuwono menerangkan, dengan 10 juta vaksin yang datang kemarin, akan dipergunakan untuk program vaksinasi pemerintah tahap kedua. Yang menargetkan 16,9 juta petugas layanan publik. 21,5 juta kelompok masyarakat lanjut usia 60 tahun ke atas.

‘’Kehadiran vaksin Covid-19 tahap kelima, menjadi bukti nyata komitmen pemerintah dalam melindungi masyarakat dan mengakhiri pandemi, melalui program vaksinasi gratis,’’ jelasnya.

Sepuluh juta vaksin bulk, dalam enam envirotainer ini, dibawa dua unit truk ke Bio Farma di Bandung. Ini merupakan kali ketiga, kedatangan dalam bentuk bulk. Kemudian diproduksi Bio Farma, yang sudah mendapatkan sertifikat CPOB (Cara Pembuatan Obat Yang Baik) dari Badan POM.  Proses evaluasi terhadap vaksin yang baru tiba ini, tetap dilakukan oleh Badan POM. Untuk menjamin keamanan, mutu dan khasiat dari vaksin COVID-19.

‘’Ke depannya secara bertahap akan datang 185 juta vaksin dari Sinovac. Kita juga masih menunggu vaksin dari dari Pfizer BioNTech, AstraZeneca dan Novavax. Kedatangan ini dibantu oleh Kementerian Keuangan. Khususnya Direktorat Jenderal Bea Cukai. Untuk mempermudah akses dan prosesnya lancar,’’ ujar dr. Dante.

‘’Semua dilakukan terintegrasi dan secara sinergis, kolaboratif antara Kementerian Kesehatan, Kemenkeu dan Bio Farma. Sehingga akan membawa kemudahan untuk percepatan proses vaksinasi,’’ tambahnya.

Vaksin Covid-19 sebagai salah satu intervensi kesehatan paling efisien dalam menyelamatkan nyawa, di tengah pandemi, kehadirannya ditunggu oleh seluruh masyarakat Indonesia.

‘’Di tengah tingginya permintaan di seluruh dunia, Indonesia berhasil mengamankan vaksin Covid-19, dari sejumlah produsen yang dipergunakan untuk program vaksinasi gratis dari pemerintah,’’ ungkap dr. Dante Saksono.

Perjalanan menghadirkan vaksin dan vaksinasi, merupakan kolaborasi seluruh elemen bangsa. Dengan dukungan rakyat Indonesia. Pemerintah menyediakan vaksin secara gratis bagi masyarakat, untuk mendorong percepatan pemulihan kesehatan.

Kedatangan vaksin menjadi berita baik untuk seluruh masyarakat Indonesia. Menjadi jaminan untuk tetap menjalankan program vaksinasi yang sangat penting untuk membawa Indonesia keluar dari pandemi.

Vaksinasi disertai disiplin 3M dan penguatan 3T, adalah langkah penting untuk membuka kesempatan dalam melindungi kesehatan, membangkitkan produktivitas, dan mengakhiri pandemi.

‘’Seluruh masyarakat tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. Baik yang sudah maupun belum divaksinasi. Karena protokol kesehatan akan melindungi kita dan orang sekitar dari penularan Covid-19,’’ pungkasnya. (*rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Pendidikan

Malang-Post – Komitmen Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki Malang) yang sering dikatakan Rektor dan akademisi, menyongsong Smart and Green Islamic University...

Malang Raya

Malang-Post – Warga Kota Malang khususnya yang berlokasi di sekitar Jembatan Kedungkandang akan di manjakan dengan berbagai fasilitas baru. Dimana, Pemerintah Kota Malang melalui...

Malang Raya

Malang-Post – Stok darah di Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Malang mengalami naik turun (fluktuatif). Bahkan rawan menipis, seiring dengan...

Olahraga

Malang-Post – Senam Anti Covid (Senavid)  kolaborasi Arema Media Group (Ameg) dengan Kodim 0833 Kota Malang, digelar lagi di Lapangan Rampal Kota Malang,  Minggu (13/6/2021)...

Malang Raya

Malang-Post – Minggu (13/6/2021) pagi, aparat gabungan kembali menggelar operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan. Dalam rangka PPKM Mikro di wilayah Kedungkandang, Operasi kali...

Dahlan Iskan

Mereka sudah vaksinasi. Sudah dua kali. Tapi, sembilan anggota DPRD Surabaya itu tertular Covid-19. Itulah headline Harian Disway edisi Jumat lalu. Itu menambah kekhawatiran...

Malang Raya

Malang-Post – Komandan Kodim 0833/Kota Malang Letkol Arm Ferdian Primadhona, S.E, M. Tr (Han) bersilaturahmi dengan Keluarga Besar Tentara Nasional Indonesia atau KBT, Sabtu...

Malang Raya

Malang-Post – Mayat bayi lelaki berusia kandungan sekitar enam sampai tujuh bulan ditemukan di Jl Abdul Ghani Atas, Kelurahan Ngaglik, Kecamatan/Kota Batu. Saat ditemukan,...