Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

Vaksin Gotong Royong Gratis

KHUSUS: Salah seorang warga saat mendapatkan vaksin Covid-19. Nantinya vaksin mandiri yang diberikan kepada karyawan, harus digratiskan. Semua biaya ditanggung oleh perusahaan. (Foto: istimewa)

Jakarta – Program vaksinasi gotong royong, atau vaksinasi mandiri, resmi diizinkan Kementerian Kesehatan. Dalam program ini, perusahaan swasta diizinkan melakukan penyuntikan vaksin Covid-19 kepada karyawannya.

Karyawan dan keluarga penerima vaksin gotong royong ini pun, akan mendapatkan vaksin secara gratis tanpa dipungut biaya. Hal ini sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes), Nomor 10 tahun 2021.

Baca Juga ----------------------------

‘’Karyawan/karyawati, keluarga dan individu lain, terkait dalam keluarga sebagai penerima Vaksin Covid-19, dalam pelayanan vaksinasi gotong royong sebagaimana dimaksud pada ayat (3), tidak dipungut bayaran/gratis,’’ tulis aturan itu dalam Pasal 3 ayat 5 Permenkes.

‘’Pendanaan pelaksanaan vaksinasi gotong royong, dibebankan pada badan hukum/badan usaha yang melakukan vaksinasi gotong royong,’’ tegas Pasal 43 ayat 2.

Dalam kesempatan berbeda, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19, Siti Nadia Tarmizi mengatakan, vaksin gotong royong dilakukan guna, mempercepat program vaksinasi. Agar kekebalan komunal atau herd immunity bisa segera tercapai.

Dia menegaskan, seluruh warga negara berhak mendapatkan vaksin gratis oleh pemerintah. Pelaksanaan vaksin gotong royong kepada karyawan/ karyawati/ buruh dan keluarganya dan biayanya, dibebankan pada perusahaan yang melakukan vaksinasi gotong royong. ‘’Seluruh penerima vaksin gotong royong tidak perlu ada pembayaran atau gratis,’’ katanya.

Perusahaan, kata Nadia, harus melaporkan jumlah karyawan atau jumlah terkait dalam satu keluarga kepada Kemenkes. Namun, dipastikan vaksin gotong royong ini tidak menggunakan vaksin yang sama dengan program pemerintah.

‘’Tidak akan menggunakan vaksin Sinovac, vaksin AstraZeneca, Novavax dan Pfizer. Sehingga kita memastikan, tidak ada kebocoran untuk vaksin gotong royong,’’ terangnya.

Ia menambahkan, kapan dijalankannya vaksin gotong royong ini nantinya, setelah stok tersedia. BUMN terutama Bio Farma, yang akan meramu mekanismenya.

Sementara itu, Juru bicara Vaksinasi Bio Farma, Bambang Heriyanto mengungkapkan, pihaknya sedang menjajaki pengadaan vaksin Sinopharm dan Moderna untuk vaksinasi mandiri.

Pengadaan Sinopharm misalnya, akan dilaksanakan oleh anak perusahaan PT holding farmasi yaitu PT Kimia Farma.

‘’Ada juga jenis lainnya. Ini kita menjajaki dengan Moderna dari AS, dengan platform MRNA tentu akan berkoordinasi erat dengan Kemenkes. Agar program vaksinasi baik program vaksinasi pemerintah dan gotong royong, bisa berjalan lancar dan baik,’’ katanya.

Dia juga mengemukakan, vaksin mandiri harus dapat persetujuan penggunaan darurat (UEA) dan atau penerbitan NIE dari BPOM. Sesuai dengan peraturan UU. Saat ini Bio Farma sudah menjajaki dan supply vaksin harus beda dengan vaksin program. (rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu menjadi desa kedua yang dinobatkan sebagai Kampung Tangguh Bersih Narkoba (Bersinar) oleh Polres Batu. Sebelumnya di...

Malang Raya

Malang Post – Kuota penerimaan calon aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang bertambah. Hal ini setidaknya menjadi sedikit angin segar...

headline

Malang-Post – UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, memberikan apresiasi kepada tujuh fakultas atas terobosan, inovasi dan prestasi yang dicapai. Karena kerja keras yang dilakukan di...

Malang Raya

Malang-Post – Rencana sekolah tatap muka masih menuai pro kontra. Khususnya bagi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pengamat pendidikan menyarankan, pembelajaran berlangsung offline alias...

Malang Raya

Malang-Post – Seorang tukang jahit, M (50), asal Desa Pesanggrahan, Kota Batu, digelandang Satreskrim Polres Batu, diduga melakukan pelecehan seksual pada sejumlah anak-anak usia...

Malang Raya

Malang Post – AKBP Budi Hermanto resmi menjabat Kapolresta Malang Kota menggantikan Kombes Pol Leonardus Harapantua Simarmata Permata. Prosesi penyambutan pejabat baru ini, dilakukan...

Malang Raya

Malang Post – Pemerintah Desa (Pemdes) Sengguruh berkomitmen menjadikan wilayahnya bebas dari penyalahgunaan narkoba. Diwujudkan dengan peresmian Kampung Tangguh Bersih Narkoba (Bersinar) Desa Sengguruh. ...

Malang Raya

Malang Post – Mencegah penyakit atau gangguan kesehatan akibat lingkungan kontinyu dilakukan Dinkes Kota Malang. Melalui upaya preventif, promotif dan kuratif. Agar penyakit akibat...