Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

Liga 1 Diusulkan Main di Kaltim

DI KALTIM: Arema FC saat bertanding di ajang Piala Gubernur Kalimantan Timur, beberapa waktu lalu. Untuk musim 2021 mendatang, ada usul digelar di Kaltim dengan sistem bubble. (Foto: istimewa)

Malang – Perusahaan olahraga Nine Sport mengusulkan, agar Liga 1 2021 digelar dengan sistem bubble. CEO Nine Sport, Arif Putra Wicaksono mengusulkan, Kalimantan Timur (Kaltim) menjadi lokasi penyelenggara kompetisi sepak bola tersebut.

Arif yang berpengalaman selaku promotor event olahraga, menawarkan sistem bubble, setelah melihat sukses beberapa event olahraga besar.

Baca Juga ----------------------------

Sistem itu digunakan di kompetisi bola basket Amerika Serikat (NBA) dan kompetisi sepak bola Amerika Serikat (MLS). Hingga tiga ajang bulu tangkis di Thailand yang baru berakhir pada pekan kemarin. 

‘’Melihat kondisi dunia dan maraknya inovasi yang terjadi di negara maju, saya sebagai pelaku bisnis sepakbola, tergerak untuk ikut berpikir dan mencoba mengusulkan sebuah konsep. Yang sekiranya layak untuk digunakan di Indonesia,’’ kata Arif seperti dilansir dari Tempo.

Dalam sistem bubble itu, setiap tim nantinya akan menjalani isolasi ketat. Mereka tak akan diperbolehkan keluar dari kawasan yang telah ditentukan. Agar terhindar terjangkit Covid-19. Selain itu area pertandingan juga akan dipastikan steril. 

Mantan calon Ketua Umum PSSI pada Munas 2019 itu menilai, Kalimantan Timur 

layak dipertimbangkan. Karena memiliki tiga stadion sepakbola yang sudah bertaraf internasional. Yakni Stadion Palaran, Aji Imbut dan Batakan.

Untuk Stadion Palaran, kondisinya saat ini hanya perlu dipoles lagi. Karena sudah lama tak digunakan. Menurut dia, memusatkan pertandingan di Kaltim, akan memudahkan kerja kepolisian dalam pengawalan terhadap kemungkinan datangnya suporter.  Pasalnya hanya ada dua klub asal Kalimantan yang berlaga di Liga 1. Yakni Borneo FC dari Samarinda dan Barito Barito Putera dari Banjarmasin. 

‘’Crowd control dengan cara melihat; demografik dan geografik, Kaltim memiliki jumlah penduduk jauh lebih sedikit dibanding Jawa. Juga dengan animo sepakbola yang berbeda. Jarak antara pulau Jawa ke Kaltim, akan mempersulit jangkauan para pecinta sepakbola dari pulau Jawa, guna menghindari kerumunan berlebih,’’ ungkap dia.

Meskipun demikian, dia menilai Kaltim tak cocok, jika dijadikan tempat untuk menyelenggarakan ajang Liga 2. Pasalnya, terdapat setidaknya empat kontestan Liga 2 dari Kalimantan. Seperti Mitra Kukar, Kalteng Putra, Persiba Balikpapan dan Martapura FC.

‘’Kaltim ini sangat layak untuk dipromosikan sebagai daerah percontohan bebas Covid-19 seperti New Zealand. Yang mampu menjadi lokasi prioritas vaksin dan perketat perbatasan,’’ kata dia menjelaskan tawarannya perihal konsep pertandingan Liga 1 Musim 2021.

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru sebelumnya telah menggulirkan wacana kompetisi Liga 1 2021. Kompetisi itu disebut sebagai pengganti Liga 1 2020, yang telah dipastikan dihentikan. 

Liga 1 2020 sendiri akhirnya terpaksa dihentikan, setelah tak kunjung mendapatkan izin dari aparat kepolisian untuk bergulir kembali.

PSSI dan PT LIB sebelumnya telah tiga kali mengundur jadwal bergulir kembalinya kompetisi sepak bola tertinggi di tanah air itu. (act/rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Puluhan warga lanjut usia (lansia) Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing Kota Malang menjalani vaksinasi. Babinsa Pandanwangi, Pelda Slamet Wahyudi mengabarkan, perangkat kelurahan...

headline

Malang Post — Besaran upah minimum kabupaten/kota (UMK) tahun 2022 di Jawa Timur sudah didok oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Selasa (30/11/2021) kemarin. Penetapan UMK...

News

Malang Post — Hujan deras Rabu (1/12/2021) pukul 14.15 WIB menyebabkan kali Sukun meluber di sekitaran SMKN 1 Malang dan wilayah RT 01/RW 06 Bandungrejosari,...

Pendidikan

Malang Post – UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) melalui Program Pasca Sarjana (PPS) bekerjasama dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Lekture Khasanah Keagamaan...

News

Malang Post – Warga pencari ikan di sungai Metro, semalaman sejak Selasa (30/11/2021) tidak kunjung pulang, membuat keluarganya cemas. Kuatir terjadi musibah, informasi ini...

News

Malang Post — Musibah menimpa siswi SMP, Rabu (1/12/2021) pukul 11.24 WIB di Jl Raya Ledoksari Tumpang, Kabupaten Malang. Tersenggol truk, korban yang masih berseragam sekolah...

Wisata

Malang Post — Ascent Premiere Hotel Malang terus memberikan inovasi terbaiknya. Sebelumnya menghadirkan restoran baru bernama Napa Eatery and Bar yang mengusung konsep masakan Asian...

News

Malang Post – Anggota Kodim 0833/Kota Malang sejak pagi berkumpul di lapangan tembak Yonkav 3/Andhaka Cakti. Lapangan ini terletak di Randu Agung Kecamatan Singosari...