Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

Wujudkan Perpustakaan Senilai Rp 2,7 M

SEGERA BERUBAH: Gedung ini bakal menjadi gedung perpustakaan baru Kota Batu. (Foto: Ananto/HARIAN DI’S WAY MALANG POST)

Batu – Gedung perpustakaan daerah yang representatif belum ada di Kota Batu. Ini diakui pihak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip).

Tapi dalam waktu dekat bisa terwujud. Upaya mewujudkan diawali dengan penganggaran sesuai kebutuhan. Tak main-main, nilainya Rp 2,7 miliar. Rencananya digunakan untuk renovasi gedung. 

Baca Juga ----------------------------

Disperpusip sudah membidik gedung yang bakal dirombak total. Aset milik Pemkot Batu. Terletak di Jl Kartini. Bekas kantor Dinas Cipta Karya Kota Batu. Saat ini, gedung itu tak difungsikan.

Maka alangkah baiknya jika difungsikan. Agar bermanfaat bagi masyarakat. Karena tidak pantas, kota destinasi wisata internasional, tapi tak memiliki gedung perpustakaan dan arsip.

Sebenarnya perpustakaan daerah Kota Batu saat ini sudah ada. Berada di Balai Kota Among Tani, Kota Batu. Tapi, jauh dari kata representatif. Karena tempatnya yang mungil. Sehingga koleksi buku dipastikan masih sedikit. 

Kabid Perpustakaan Disperpusip Kota Batu, Retno Purbawati membenarkan rencana tersebut. Saat ini pihaknya mulai berkoordinasi. Menyiapkan segala kebutuhan administrasi pelimpahan aset dari dinas pengampu sebelum ke Disperpusip. 

Baca Juga ----------------------------

“Untuk dokumen administrasi, sudah kami persiapkan. Masih dalam tahap akan diajukan untuk pelimpahan aset gedung. Dari pengampu sebelumnya, kepada kami,” ujarnya kepada DI’s Way Malang Post, kemarin. 

Retno juga membenarkan sudah menganggarkan Rp 2,7 miliar. Ini dipersiapkan untuk rehabilitasi gedung tersebut. Gedung yang dilirik itu, bakal menjadi perpustakaan dua lantai. 

Gedung dua lantai itu, berdasarkan perkiraannya, mampu menampung buku sebanyak 105 ribu jilid. Daya tampung pengunjung/pemustaka sebanyak 100 orang. 

“Kalau dari pengamatan saya, luas gedung itu tak sampai 1000 meter persegi. Namun, gedung dua lantai, bisa menampung 100 pengunjung. Untuk fasilitas penunjang, juga akan kami persiapkan. Bahkan aktifitas budaya juga akan ada di gedung ini,” bebernya. 

Baca Juga ----------------------------

Kata dia, proses rehabilitasi gedung digarap mulai tahun ini. Bahkan segala tahap perencanaan telah diselesaikan konsultan. Sehingga, tinggal memasukkan paket pekerjaan itu ke Bagian Layanan Pengadaan untuk dilakukan lelang. 

“Ketika telah ada pemenang lelang, proses pengerjaan rehabilitasi sudah bisa jalan. Semua ada mekanismenya. Kalau tidak, nanti anggaran yang telah disediakan bisa dikembalikan ke kasda (kas daerah),” tutupnya. (ano/jan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malangpost – Rabu (26/1), vaksinasi anak berlangsung di SDN Pandanwangi 03, Blimbing Kota Malang. Babinsa Pandanwangi, Pelda Slamet dan Serka Sunyitno mengawal vaksinasi di...

Malang Raya

Malangpost – Setelah Apel Gelar Pamor Keris pada Senin ( 24/1/2022 ) di halaman Balaikota Malang, tim gabungan Pamor Keris langsung menindaklanjuti dengan mengadakan...

headline

Malang Post –   Polresta Malang Kota kembali menerima tiga aduan baru dari 3 korban pelecehan seksual guru tari di wilayah Klojen. Tiga korban...

Malang Raya

Malang Post —  Bumdes memiliki peran vital menggerakkan perekonomian desa. Pasca ditetapkan menjadi Manajer Unit Pertanian dan Perikanan (UPP) Bumdes Joloarto Kecamatan Turen Kabupaten...

Malang Raya

Malangpost – Babinsa Kidul Dalem, Serda Gunawan bersama Dinas Sosial Kota Malang, bakti sosial di rumah warga Kidul Dalem.Yaitu, kediaman dari Subali, 74, warga...

News

Malang Post –  Lingkungan Umar Maksum RT 01/RW 02, Kedungkandang, Selasa (25/1/2022) siang mendadak geger saat ditemukan mayat di bawah jembatan sungai Amprong. Usai...

Beauty

Malangpost – Setiap wanita tentunya akan memiliki gaya dan jenis pakaian wanita yang tidak sama. Ada yang suka dengan gaya feminim dan ada yang lebih suka...

Malang Raya

Malang post – Kemenkumham korwil Malang deklarasi janji kinerja 2022 di Lapas Wanita Klas IIA Malang, Selasa (25/1). Jajaran samping, yaitu Kodim 0833 Kota...