Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

Kota Batu Masih Kekurangan Vaksin

DATANG LAGI: Vaksin Covid-19 yang kembali datang. Hanya saja, jumlahnya masih kurang untuk meng-cover seluruh tenaga kesehatan yang terdaftar di Kota Batu. (Ananto Wibowo/DI’s Way Malang Post)

BatuAlokasi vaksin untuk tenaga kesehatan (nakes) di Kota Batu, datang lagi. Jumat (29/1) pukul 11.20 WIB, kemarin. Sebanyak 1.840 dosis. Sebelumnya, telah datang pada hari Senin (25/1) lalu, 1.280 dosis vaksin. 

Dengan droping vaksin ke dua ini, setidaknya bisa membuat lebih banyak nakes, tercover vaksin. Berdasarkan perhitungan, keseluruhan vaksin yang telah tiba di Kota Batu sebanyak 3.120 dosis. Akan ada sekitar 1.550 nakes yang tercover vaksin Covid-19.

Baca Juga ----------------------------

Namun dengan alokasi jumlah vaksin tersebut, masih belum sepenuhnya bisa mengcover nakes yang ada. Terdapat 2.033 nakes yang didaftarkan dalam proses vaksinasi. Masih ada sekitar 483 nakes, yang belum tercover vaksin Covid-19. Atau setidaknya masih membutuhkan 963 dosis vaksin lagi.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batu, dr. Susana Indahwati menjelaskan, kemarin Kota Batu menerima droping ke dua vaksin Covid-19 dari Dinkes Provinsi Jawa Timur. Sebanyak 1.840 vial (botol kecil). Yang ditujukan kepada 920 nakes.

‘’Untuk pendistribusian dan penyuntikan vaksin ini, akan segera dilakukan. Setelah alokasi vaksin pertama telah habis. Akan langsung dilakukan penyuntikan dengan menggunakan vaksin yang baru saja datang,’’ jelas Susan Kepada Di’s Way Malang Post

Artinya, ketika alokasi pertama bagi 630 nakes sudah selesai. Dilanjutkan untuk alokasi yang kedua. Untuk 920 nakes berikutnya. Untuk penyuntikan pertama, pihaknya menargetkan selesai pada 2 Februari mendatang. Itu dikarenakan mengejar rawn ke dua.

‘’Rawn ke dua itu sendiri, merupakan suntik kedua. Yang akan di mulai pada 11 Februari mendatang. Untuk pasien yang telah divaksinasi pada 28 Januari kemarin,’’ jelasnya. 

Hanya saja, setelah setelah droping ke dua ini, masih akan ada droping berikutnya. Yang juga diperuntukan para nakes.

‘’Namun untuk kedatangan vaksin itu kapan, kami masih belum tahu. Karena kedatangan pada hari ini saja, sifatnya juga sangat mendadak,’’ jelasnya. 

Kata dia, untuk mencapai target penyuntikan vaksin pada rawn pertama ini terpenuhi, pihaknya akan menggeber kegiatan vaksinasi. Bahkan Sabtu dan Minggu pun, akan dilakukan vaksinasi. 

‘’Maka dari itu, ketika terdapat nakes yang tidak bisa divaksin, pada hari yang telah ditetapkan, diusahakan diganti dengan nakes lainnya,’’ ujarnya. Selain untuk mengejar target, juga untuk meminimalisir vaksin kembali. 

Sementara itu, mengenai vaksinasi di hari ke dua ini, diselenggarakan di tiga fasilitas kesehatan. Dari sembilan faskes yang disediakan. Yakni RS Karsa Husada, RS Baptis dan Puskesmas Batu. 

Jumlah vaksin yang keluar untuk tiga faskes itu sebanyak 150 vial. Dengan rincian 60 vial untuk RS Karsa Husada, 60 vial untuk RS Baptis dan 30 vial untuk Puskesmas Batu. Sedangkan vaksinasi di hari pertama lalu, sebanyak 125 vial vaksin yang telah disalurkan. 

Namun dari 125 vial vaksin itu, hanya 119 vial vaksin yang digunakan. Rinciannya, 110 vial untuk nakes dan sembilan vial untuk Forkopimda Kota Batu.

‘’Untuk vaksin yang belum terpakai, secara otomatis akan dikembalikan ke gudang obat Puskesmas Batu,’’ ungkapnya. 

Ditambahkan, selama kegiatan vaksinasi yang sudah berjalan dua hari ini. Belum ada laporan pasien yang menderita KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi).

‘’Doakan saja bisa berjalan dengan lancar. Hingga seluruh masyarakat tercover vaksin,’’ tandasnya. (ano/rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Ketua Bhayangkari Malang Kota, Ny Enic Budi Hermanto, resmi membuka proses pembangunan Gedung Bhayangkari. Prosesi peletakan batu pertama pembangunan Kantor Bhayangkari...

Malang Raya

Malang Post – Polresta Malang Kota gelar acara tasyakuran HUT Polisi Lalu lintas ke-66, Jumat (24/9/2021) dan dihadiri seluruh perwira jajaran Satlantas Polresta Malang...

headline

Malang Post – GMNI Malang melakukan unjuk rasa menyikapi Walikota Malang Sutiaji yang diduga melanggar peraturan PPKM, Minggu 19 September 2021. Viral di medsos...

Malang Raya

Malang Post – Jumat, 24 September 2021, Babinsa di Kota Malang menyebar di sejumlah lokasi pelaksanaan vaksinasi.Pertama, vaksinasi dosis 2 ditempat ibadah yang ada...

Malang Raya

Malang Post – Dalam rangka menyambut peringatan HUT TNI ke-76 Tahun 2021, Korem 083/Bdj beserta Kodim 0833/Kota Malang secara serentak melaksanakan Bakti sosial berupa...

headline

Malang Post- Soal kasus rombongan “Gowes”  Walikota Malang, Sutiaji dan jajaran OPD ke Pantai Kondang Merak, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang Minggu (19/9) lalu, memang sudah...

Malang Raya

Malang Post – Bupati Malang Drs HM Sanusi MM pernah menjanjikan akan memberikan dana ekstra kepada 378 Desa dan Kelurahan di Kabupaten Malang sebanyak...

Malang Raya

Malang Post – Stiker Presiden RI Joko Widodo dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo serta tulisan ajakan memakai masker terpampang jelas di mobil dinas milik...