Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

Kota Batu Masih Kekurangan Vaksin

DATANG LAGI: Vaksin Covid-19 yang kembali datang. Hanya saja, jumlahnya masih kurang untuk meng-cover seluruh tenaga kesehatan yang terdaftar di Kota Batu. (Ananto Wibowo/DI’s Way Malang Post)

BatuAlokasi vaksin untuk tenaga kesehatan (nakes) di Kota Batu, datang lagi. Jumat (29/1) pukul 11.20 WIB, kemarin. Sebanyak 1.840 dosis. Sebelumnya, telah datang pada hari Senin (25/1) lalu, 1.280 dosis vaksin. 

Dengan droping vaksin ke dua ini, setidaknya bisa membuat lebih banyak nakes, tercover vaksin. Berdasarkan perhitungan, keseluruhan vaksin yang telah tiba di Kota Batu sebanyak 3.120 dosis. Akan ada sekitar 1.550 nakes yang tercover vaksin Covid-19.

Baca Juga ----------------------------

Namun dengan alokasi jumlah vaksin tersebut, masih belum sepenuhnya bisa mengcover nakes yang ada. Terdapat 2.033 nakes yang didaftarkan dalam proses vaksinasi. Masih ada sekitar 483 nakes, yang belum tercover vaksin Covid-19. Atau setidaknya masih membutuhkan 963 dosis vaksin lagi.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batu, dr. Susana Indahwati menjelaskan, kemarin Kota Batu menerima droping ke dua vaksin Covid-19 dari Dinkes Provinsi Jawa Timur. Sebanyak 1.840 vial (botol kecil). Yang ditujukan kepada 920 nakes.

‘’Untuk pendistribusian dan penyuntikan vaksin ini, akan segera dilakukan. Setelah alokasi vaksin pertama telah habis. Akan langsung dilakukan penyuntikan dengan menggunakan vaksin yang baru saja datang,’’ jelas Susan Kepada Di’s Way Malang Post

Artinya, ketika alokasi pertama bagi 630 nakes sudah selesai. Dilanjutkan untuk alokasi yang kedua. Untuk 920 nakes berikutnya. Untuk penyuntikan pertama, pihaknya menargetkan selesai pada 2 Februari mendatang. Itu dikarenakan mengejar rawn ke dua.

‘’Rawn ke dua itu sendiri, merupakan suntik kedua. Yang akan di mulai pada 11 Februari mendatang. Untuk pasien yang telah divaksinasi pada 28 Januari kemarin,’’ jelasnya. 

Hanya saja, setelah setelah droping ke dua ini, masih akan ada droping berikutnya. Yang juga diperuntukan para nakes.

‘’Namun untuk kedatangan vaksin itu kapan, kami masih belum tahu. Karena kedatangan pada hari ini saja, sifatnya juga sangat mendadak,’’ jelasnya. 

Kata dia, untuk mencapai target penyuntikan vaksin pada rawn pertama ini terpenuhi, pihaknya akan menggeber kegiatan vaksinasi. Bahkan Sabtu dan Minggu pun, akan dilakukan vaksinasi. 

‘’Maka dari itu, ketika terdapat nakes yang tidak bisa divaksin, pada hari yang telah ditetapkan, diusahakan diganti dengan nakes lainnya,’’ ujarnya. Selain untuk mengejar target, juga untuk meminimalisir vaksin kembali. 

Sementara itu, mengenai vaksinasi di hari ke dua ini, diselenggarakan di tiga fasilitas kesehatan. Dari sembilan faskes yang disediakan. Yakni RS Karsa Husada, RS Baptis dan Puskesmas Batu. 

Jumlah vaksin yang keluar untuk tiga faskes itu sebanyak 150 vial. Dengan rincian 60 vial untuk RS Karsa Husada, 60 vial untuk RS Baptis dan 30 vial untuk Puskesmas Batu. Sedangkan vaksinasi di hari pertama lalu, sebanyak 125 vial vaksin yang telah disalurkan. 

Namun dari 125 vial vaksin itu, hanya 119 vial vaksin yang digunakan. Rinciannya, 110 vial untuk nakes dan sembilan vial untuk Forkopimda Kota Batu.

‘’Untuk vaksin yang belum terpakai, secara otomatis akan dikembalikan ke gudang obat Puskesmas Batu,’’ ungkapnya. 

Ditambahkan, selama kegiatan vaksinasi yang sudah berjalan dua hari ini. Belum ada laporan pasien yang menderita KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi).

‘’Doakan saja bisa berjalan dengan lancar. Hingga seluruh masyarakat tercover vaksin,’’ tandasnya. (ano/rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang-Post – Edukasi pra nikah penting dilakukan. Mengingat pernikahan bukan sekedar menyatukan dua individu yang berbeda. Tapi menyatukan dua keluarga besar yang penuh dinamika...

Malang Raya

Malang-Post – Seorang warga Kelurahan Songgokerto bernama Nanang ditemukan tewas saat mencari rumput di Kelurahan Sisir, Kota Batu. Diketahui, Nanang sering mencari rumput di...

Malang Raya

Malang-Post – Dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19, aparat gabungan menggencarkan operasi yustisi penegakan disiplin prokes. Digelar dalam rangka PPKM Mikro di wilayah...

Malang Raya

Malang-Post – Program vaksinasi Covid-19 di Kota Malang terus dilakukan. Selasa (15/6/2021) pagi, giliran warga RW 11 Kelurahan Cemorokandang yang divaksin.  Vaksinasi diikuti 150...

Opini

Indonesia adalah negara yang kaya. Kaya sumber daya alam dan kaya akan budaya. Membahas tentang kebudayaan Indonesia tentu bukan lah sutau hal yang asing...

Dahlan Iskan

Ini taruhan baru: apakah RUU Pajak akan ditarik oleh pemerintah atau diminta terus dibahas di DPR. Tokoh DPR dari Golkar jelas minta agar RUU...

Arema

Malang Post – Manajemen tim Arema FC, mendadak merilis dua unggahan pada akun resmi instagram mereka @aremafcofficial. Bergambarkan Diego Michiels dan bertuliskan; Welcome to Arema FC dan Selamat...