Connect with us

Hi, what are you looking for?

Nasional

Ini Kunci Bisnis dr Tirta Mandira H

DOKTER PRENEUR: Owner Shoes N Care, dr Tirta Mandira saat menyampaikan materi dalam webinar nasional Universitas Widya Gama Malang. (Foto: Istimewa)

Malang – Siapa dr Tirta Mandira? Mungkin sudah banyak yang tahu. Karena sejak awal pandemi covid-19, ia sering muncul di grup-grup WA. Dengan gayanya yang khas, dia memberi masukan dan mengkritisi pemerintah dalam penanganan covid-19.

Kemarin, dr Tirta hadir di Malang. Ia menjadi pemateri di webinar nasional Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi FEB Universitas Widya Gama Malang (UWG). Tidak mengkritisi pemerintah. Kali ini dr Tirta memaparkan 5 kunci sukses berbisnis. Sesuai tema webinar: Peranan Pemuda Dalam Menggerakkan Ekonomi Kreatif di Era 5.0.

Baca Juga ----------------------------

“Ada lima kunci bisnis sukses. Yaitu membuat bisnis plan yang berisi riset dan kerangka bisnis. Financial Plan. Marketing Plan. Communication Plan dan Personil Branding,” tegas dr Tirta, Sabtu (5/12). Dr Tirta tetap berpikir kritis. Ia menyoroti perilaku sebagian generasi muda. Saat ini mudah mengeluh dan berpikir instan.

“Saya prihatin dengan generasi muda sekarang. Banyak mengeluh dan berpikir instan. Hidup ini keras, dan saya bersyukur bisa sukses karena menembus limit kehidupan dari yang biasa dilakukan oleh orang lain,” tutur dr Tirta.

Era 5.0 perkembangan ekonomi makin dinamis. Perkembangan kreativitas dan inovasi memanfaatkan teknologi informasi. Ekonomi kreatif merupakan suatu kegiatan, dimana aktivitas ekonomi bertumpu pada eksplorasi dan eksploitasi ide-ide kreatif yang memiliki nilai jual tinggi.

Pemuda merupakan salah satu pendorong ekonomi kreatif. Karena pemuda pada era sekarang ini, penuh dengan inovasi dan ide-ide kreatif. Acara ini berlangsung via online dengan platform Zoom Meeting dan Live Streaming YouTube.

Dilakukan daring karena masih era adaptasi new habit pandemi covid-19. Diikuti lebih dari 500 peserta dari kalangan mahasiswa, akademisi, pengusaha serta masyarakat umum dari seantero Indonesia.

Para pematerinya luar biasa: Ketua Japnas Jawa Timur dan Dirut PT Tata Kreasi Indonesia, M Supriyadi ST MT; Dokter Preneur dan Owner Shoes N Care, dr Tirta Mandira H; Raki Jawa Timur 2020, Gloria Vincentia Riyadi dan Direktur Pengembangan SDM Ekonomi Kreatif, Muhammad Ricky Fauziani sebagai keynote speech.

Dalam webinar ini Supriyadi mengatakan generasi mudah harus mempersiapkan framework ke depan dan menguasai digital informasi.

“Generasi mudah harus mempersiapkan framework atau kerangka kerja ke depan memahami dan menguasai digital informasi serta memadukan imajinasi dan kreativitas untuk menciptakan sebuah solusi. Pemuda harus memahami perubahan lingkungan,” jelasnya.

Selanjutnya Gloria Vincentia Riyadi mengatakan: “Kebanyakan anak muda berinovasi atas dasar keinginan, menarik dan kelihatan menjanjikan. Tapi anak muda lupa untuk research.” Tidak ketinggalan juga pesan dari Direktur Pengembangan SDM Ekonomi Kreatif, Muhammad Ricky Fauziani. “Ekonomi kreatif akan menjadi batu pilar besar yang mendukung perekonomian Indonesia. Untuk itu dibutuhkan SDM yang berkualitas,” tukasnya.(jan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang Post- Soal kasus rombongan “Gowes”  Walikota Malang, Sutiaji dan jajaran OPD ke Pantai Kondang Merak, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang Minggu (19/9) lalu, memang sudah...

Malang Raya

Malang Post – Stiker Presiden RI Joko Widodo dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo serta tulisan ajakan memakai masker terpampang jelas di mobil dinas milik...

News

Malang Post — Kabar duka dari Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang, Kamis (23/9/2021) sore. Seorang mahasiswa semester akhir, tewas akibat mengalami kecelakaan di Bululawang....

Malang Raya

Malang Post — Angin kencang, Kamis (23/9/2021) jelang petang menghempas wilayah Desa Sumbersuko, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang. Satu rumah rusak berat sementara 5 lebih lainnya...

News

Malang Post – Jajaran Reskrim Polsek Bululawang, menahan dua pelaku kasus narkoba. Satu pemakai dan seorang lagi pengedar. Rentang tiga jam saja, anggota meringkus dua...

News

Malang Post – Resiko adiksi narkoba Sabu Sabu (SS) bisa masuk penjara dan berurusan dengan polisi. Seperti dialami pemuda Wagir. Kamis (23/9/2021) siang tampak berada...

Malang Raya

Malang Post – Memberikan layanan prima kepada masyarakat, tetap dilakukan Bapenda Kota Malang di tengah pandemi. Melalui program Bapenda Sambang Kelurahan jilid II. Kali ini giliran Kelurahan Samaan...

News

Malang Post — Hati-hati saat berkendara di jalur rawan kecelakaan, seperti di jalur Kuncoro atau sepanjang jalur Sumberpucung. Rabu (22/9/2021) siang, seorang pengendara bermotor tewas...