Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

UIN Maliki Dominasi OASE, Kontingen Optimis Hadapi Babak Final

Kontingen OASE UIN Maliki saat dilepas menuju Banda Aceh. (istimewa)

Malang Post — Pimpinan Universitas Islam Negeri (UIN) Malang, secara resmi melepas kontingen mahasiswa untuk mengikuti ajang final Olimpiade Agama, Sains dan Riset Perguruan Tinggi Keagamaan Indonesia (OASE PTKI).

Dilaksanakan 25 – 28 November 2021, yang diselenggarakan di UIN Ar-Raniry, Banda Aceh. Pada perhelatan final ajang tersebut, diketahui UIN Malang menjadi pengirim peserta terbanyak, dengan 26 personel. 

Baca Juga ----------------------------

Cabang yang diperlombakan dalam OASE PTKI adalah Sains Karya Inovasi, Business Plan, Debat Ilmiah, Qiraatul Qutub, Fahmil Qur’an, Story Telling dan Dai Mahasiswa. Berlangsung sejak Oktober 2021 secara daring, Sebanyak 2.955 mahasiswa PTKI negeri dan swasta ambil bagian di ajang ini. Babak penyisihan digelar 23 – 29 Oktober 2021. Sementara semifinal sudah berjalan 6-13 November 2021. 

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan (WR III) UIN Malang, Dr Ahmad Fatah Yasin MAg secara resmi melepas kontingen UIN Malang, Rabu (24/11/2021). Upacara pelepasan secara simbolis itu dilaksanakan di Ruang Auditorium Fakultas Saintek UIN Malang. 

Dalam sambutannya, Ustadz Fatah Yasin sapaan akrabnya menyampaikan ungkapan syukur, simpatik dan rasa bangga terhadap para panitia dan tim.

Terutama mahasiswa dan mahasiswi yang tergabung dalam kontingen di ajang OASE yang pertama kalinya ini. Apalagi dari data yang diperoleh, kontingen luring dari UIN Maliki merupakan paling banyak jumlah personilnya, yakni 26 orang. 

Selanjutnya, dia berpesan kepada semua personil kontingen UIN Maliki untuk fokus dan konsentrasi pada perlombaan masing-masing. Agar memperoleh hasil terbaik.

“Siapkan segalanya, pikiran, tenaga dan juga mental, yakni mental juara!”, tegasnya.

Selain itu, dia juga berharap agar para kontingen selalu menjaga diri, almamater kampus, berpenampilan rapi dan sopan. Fatah Yasin juga mendoakan agar kontingen diberikan kelancaran dan pulang kembali dengan selamat. 

“Kepada kontingen UIN Maliki bersama tim officialnya dalam ajang OASE yang diselenggarakan di UIN Ar-raniry Banda Aceh. Semoga selalu dalam lindungan Allah SWT, sehat, aman dan kembali lagi dengan selamat”, pungkasnya. 

Sementara itu dosen pendamping kontingen UIN Maliki Malang—Utiyah Hikmah MSi menjelaskan. Perjalanan timnya bisa lolos sampai ke babak final bukanlah hal mudah. Kunci keberhasilannya yakni mahasiswa selalu didampingi dari awal seleksi.

“Jadi sebelum submit, makalah dan presentasi kita cek dan diberi arahan. Begitu juga setelah terpilih mewakili universitas,” ujarnya. 

Setelah itu terus dilakukan perbaikan, baik penambahan data, revisi makalah atau poster. Setiap minggu juga diadakan laporan progres untuk mengukur kesiapan mahasiswa.

Utiya berharap, dalam final nanti, kontingen UIN Maliki Malang bisa membawa gelar juara. Sehingga bisa menorehkan prestasi dalam ajang ini dan membanggakan kampus dengan julukan “Ulul Albab” tersebut. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Wisata

Malang Post — Pariwisata kota Malang dan sekitarnya mulai mengeliat kembali pasca kelonggaran PPKM oleh pemerintah. Akhir tahun 2021 Atria Hotel Malang melaunching promo Food...

News

Malang Post – Musibah menimpa warga Pakis selepas takjiah dan melaju kencang untuk berangkat kerja, Kamis (2/12/2021) pagi di Jalan Raya Ampeldento, Kecamatan Pakis,...

Pendidikan

Malang Post — Ikatan  Guru Taman Kanak-kanak (IGTKI) Persatuan Guru Republik Indonesia menggelar tasyakuran dalam memperingati Hari Guru ke-76. Melalui zoom meeting dengan Bupati Malang...

Pendidikan

Malang Post — Tingkat potensi bencana yang dimiliki Indonesia cukup tinggi. Melihat hal itu, Laboratorium Psikologi Terapan (LPT) Psikososial Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melangsungkan pelatihan...

News

Malang Post — Warga Kota Malang dihebohkan dengan viralnya postingan curhat di media sosial (Facebook) yang menimpa seorang lelaki. Ia mengaku telah mengalami kebutaan pasca...

headline

Malang Post — Bantuan ke Joko Santoso (38) warga Jl Burung Gereja No. 1A, RT 02 RW 02, Kelurahan Arjowinangun, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, mulai...

Malang Raya

Malang Post – Puluhan warga lanjut usia (lansia) Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing Kota Malang menjalani vaksinasi. Babinsa Pandanwangi, Pelda Slamet Wahyudi mengabarkan, perangkat kelurahan...

headline

Malang Post — Besaran upah minimum kabupaten/kota (UMK) tahun 2022 di Jawa Timur sudah didok oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Selasa (30/11/2021) kemarin. Penetapan UMK...