Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Tax-i Competition FE UM, Seru dan Menantang

FInalis Lomba Cipta Lagu Pajak dari Universitas Singaperbangsa Karawang, Jawa Barat

Malang Post – Tax Innovation (Tax-i) Competition 2021 merupakan event tingkat nasional terbaru yang diselenggarakan oleh Tax Center Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (UM). Event ini berfokus pada penyelenggaraan lomba-lomba yang mengarah pada inovasi di bidang perpajakan. 

Kompetisi yang diadakan pertama kalinya terdiri dari 4 macam, yaitu lomba cipta lagu pajak, lomba inovasi pembelajara pajak, lomba poster pajak, dan lomba tiktok pajak. 

Baca Juga ----------------------------

Kegiatan yang diketuai Umi Nuraini, S.Pd., M.Pd., MCE., ini merupakan serangkaian dengan kegiatan pelatihan pajak PPh Unifikasi, dimana kedua event ini mengambil tema “Edukasi Pajak Melalui Inovasi dan Teknologi” yang dirujuk oleh keempat jenis lomba. Karena masing-masing lomba harus sesuai dengan tema tersebut.

“Tidak hanya sebagai tema lomba. Inovasi juga harus kita buat dalam penyelenggaraan sebuah kompetisi. Mari kita suguhkan sesuatu yang baru yang lebih menarik, kreatif dan edukatif sesuai dengan teknologi terkini. Tax-i Competition ini mewadahi potensi-potensi mahasiswa dalam menuangkan ide, gagasan dalam upaya menciptakan inovasi perpajakan melalui passion mereka masing-masing. Bisa lewat lagu, inovasi pembelajaran, poster dan tiktok. Semuanya dapat mengedukasi masyarakat luas terkait perpajakan”, ujar Aini selaku ketua pelaksana Tax-i Competition 2021.

dari kiri atas: MC, Finalis Lomba Cipta Lagu Pajak (tengah), Dewan Juri (kanan atas); Bawah: Dewan Juri

Tepat pada 20 Juli 2021, Tax Center Universitas Negeri Malang membuka pendaftaran kompetisi dalam bidang pajak melalui cipta lagu pajak, inovasi pembelajaran pajak, poster pajak dan tiktok pajak. 

Hingga tanggal penutupan pendaftaran, 1 September 2021, event ini telah diikuti lebih dari 50 orang peserta dengan cabang lomba berbeda-beda dan diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta se-Indonesia. 
Proses penilaian kegiatan ini juga dilaksanakan secara bertahap dan transparan. Melibatkan tiga orang juri yang ahli pada bidang pendidikan, pajak, dan musik. Orisinalitas karya serta kebaharuan ide menjadi dasar penilian setiap bidang lomba.
Event Tax-i Competition 2021 ini tidak kalah meriah dengan acara-acara Tax Center UM sebelumnya. Setelah melalui tahapan dalam penilaian, peserta yang masuk sebagai finalis diberi kesempatan untuk mempresentasikan karyanya secara virtual melalui zoom meeting pada tanggal 25 September 2021. 

Acara berlangsung mulai pukul 13.00 hingga pukul 17.00. Dipandu oleh Anita Widyawati selaku MC dan anggota TLC. Dibuka oleh Dr Agus Hermawan GradDipMgt., M.Si., Mbus selaku Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi UM. 

Rangkaian acara berlangsung dimulai dari penyampaian karya oleh peserta lomba cipta lagu pajak dan inovasi pembelajaran pajak. Kemudian disambung dengan sesi tanya jawab oleh juri kepada masing-masing peserta lomba. 

Kegiatan ini mendapat apresiasi luar biasa dari dewan juri mengingat acara ini masih langka diselenggarakan. Khususnya lomba cipta lagu pajak dan lomba inovasi pembelajaran pajak. 

“Acaranya keren dan kreatif, perlu diselenggarakan secara rutin di setiap tahunnya” ujar Zandra selaku Juri dari Citra School of Music, Malang. 

Andreas selaku juri dari KPP Malang Utara juga mengungkapkan bahwa lomba yang disajikan dalam Tax-i Competition ini sangat seru dan menantang. 

Di penghujung acara, pemenang setiap lomba disampaikan melalui awarding speech dan awarding video pada zoom meeting. Masing-masing lomba diambil juara 1, 2 dan 3. 

Juara 1 lomba cipta lagu pajak diraih oleh Risyad Bachtiar Z dari Politeknik Negeri Malang, Juara 1 lomba inovasi pembelajaran pajak diraih oleh Darpiyah dari Universitas Negeri Malang, Juara 1 lomba poster pajak diraih oleh Rara Raissa Ramadhiani dari Universitas Lampung dan Juara 1 lomba tiktok pajak diraih oleh Audilia Ersa Iramaidha dari Universitas Brawijaya.

Acara berlangsung sangat meriah dan ditutup dengan sesi foto bersama. Keberlangsungan acara ini tidak terlepas dari kerja sama tim dari organisasi mahasiswa Tax Lover Community di bawah bimbingan Tax Center Universitas Negeri Malang. 

Kedepannya, event terbaru Inovasi Pajak ini diharapkan dapat menjadi acara tahunan yang digelar oleh Tax Center Universitas Negeri Malang sebagai wadah untuk menyalurkan bakat dalam bidang pendidikan maupun seni, terutama dalam berkaitan dengan perpajakan. (*yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post —  Saat Pandemi Covid-19 ini, terdapat tiga peran penting Polri, yaitu Pengawasan, Pencegahan dan Percepatan Vaksinasi. Panic Button On Hand (PBOH) milik...

Malang Raya

Malang Post —  Keberadaan warga lanjut usia (lansia) turut menjadi perhatian Pemkot Malang. Upaya dalam pemenuhan hak-hak hingga fasilitas lansia terus digencarkan guna mewujudkan...

Wisata

Malang Post —  Selalu dikenal dengan misi mengangkat kembali sejarah Indonesia yang terlupakan, Tugu Hotels & Restaurant telah menjadi ikon dunia pariwisata Indonesia di...

Malang Raya

Malang Post – Babinsa Kelurahan Pandanwangi Pelda Slamet dan Serka Suyitno memberangkatkan relawan menuju Semeru. Relawan tersebut berasal dari warga Pandanwangi yang bertugas mengantarkan...

Malang Raya

Malang Post – Lanal Malang menghelat serbuan vaksin di RW 09 Kelurahan Oro Oro Dowo Kecamatan Klojen. Selasa (7/12), tim nakes dari Lanal Malang...

Malang Raya

Malang Post – Selasa 7 Desember 2021, tim vaksinasi di Kota Malang menggelar penyuntikan di kawasan RW 04 Kelurahan Mulyorejo Kecamatan Sukun Kota Malang....

News

Malang Post — Sejumlah penambang pasir berhasil menyelamatkan saat lahar dingin mengaliri sungai dekat Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang. Ada 1 sopir...

Malang Raya

Malang Post — Beberapa waktu lalu, rencana pembangunan cold storage senilai Rp 16 miliar di Kelurahan Dadaprejo, Kota Batu disoal dewan. Kini pembangunan cold storage...