Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Tingkatkan Kualitas, UMM Audit Mutu Internal

Badan Penjamin Mutu Internal UMM saat melakukan audit mutu internal pada seluruh prodi dan Unit Pengelola Program Studi. (istimewa/dokumen)

Malang Post – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sebagai universitas Islam terbaik dunia terus menjaga kualitasnya. Salah satu yang ditempuh adalah melaksanakan audit mutu internal bagi seluruh prodi dan Unit Pengelola Program Studi (UPPS). Dilaksanakan sejak tanggal 7 hingga 26 Mei 2021. Bergantian di tiap UPPS.

Dr Muslimin Machmud M.Si, Kepala Badan Penjamin Mutu Internal (BPMI) melalui Humas UMM menjelaskan. Bahwa penjaminan mutu menjadi komponen yang menentukan pengelolaan Perguruan Tinggi (PT).

Baca Juga ----------------------------

Maka BPMI memiliki tugas untuk memastikan.  UMM sudah memenuhi seluruh standar yang ditentukan negara. Yakni, Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN DIKTI).

“Audit ini dilaksanakan di lingkungan prodi setahun sekali. Sementara untuk tingkat perguruan tinggi kami langsungkan dua tahun sekali,” tegas Muslimin, Rabu (23/6/2021).

Maka, seluruh Prodi dan UPPS perlu menyusun dokumen yang disebut dengan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Dokumen tersebut terdiri dari dokumen kebijakan mutu, manual mutu, standar mutu serta prosedur mutu. Keempatnya menjadi satu kesatuan yang harus disiapkan dan dilaksanakan. Agar pengelolaan perguruan tinggi bisa berlangsung dengan lancar.

Audit mutu internal ini, juga bisa digunakan untuk kepentingan akreditasi. Baik Prodi maupun perguruan tinggi. Di samping itu juga bermanfaat untuk melancarkan proses perubahan dalam instrumen suplemen konversi.

“Mengubah format akreditasi yang lama. Seperti A, B dan C menjadi format baru. Sebut saja akreditasi unggul, baik sekali maupun yang lainnya,” ujar Dosen Komunikasi tersebut.

Lebih lanjut, demi menjadikan UMM sebagai kampus unggul. maka BPMI melakukan audit dengan sungguh-sungguh. Meski berada di level internal. Hal itu dilakukan agar pelaksanaan tridharma bahkan caturdharma bisa diimplementasikan sesuai dengan standar.

“Standar yang kami gunakan yakni, standar nasional SN DIKTI. Adapula standar pelampauan yang sudah ditetapkan universitas mencakup tujuh hal. Dua di antaranya, Al-Islam dan Kemuhammadiyaan dan kerja sama serta sumber daya manusia,” ungkapnya.

Dosen yang sempat menjadi General Manager Sengkaling ini, mengatakan budaya mutu yang baik, bisa terlaksana jika ada komitmen yang sama dari berbagai pihak. Kerja sama pimpinan, pelaksana serta penjamin mutu menjadi unsur penting dalam pelaksanaan mutu di perguruan tinggi.

“Tentu kami tidak hanya ingin mencapai hal yang bersifat kuantitas saja. Tapi juga terus meningkatkan dari segi kualitas. Sehingga para stake holder dapat merasa puas. Karena ukuran mutu itu ‘kan kepuasan,” pungkasnya. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Dahlan Iskan

KALI ini yang mendapat giliran meninggal karena Covid adalah ulama perempuan: Prof Dr Huzaemah Tahido Yanggo, 71 tahun (lahir 30 Desember 1949 di Palu)....

headline

Malang Post – Program Studi Doktor (S3) Ekonomi Syariah Univesitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) membuka pendaftaran mahasiswa baru gelombang II pada 1 Juli...

Malang Raya

Malang Post – Zahidhan Syahrul Syofiudin (18) salah satu anak dari buruh tani serabutan. Berhasil lolos seleksi Bintara Polri tahun 2021, Kamis (22/7/2021) malam. Ini membuat bangga sekaligus mengangkat nama...

Pendidikan

Malang Post – Lima mahasiswa Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (FPIK UB) terinspirasi membuat body lotion yang mampu mencegah Covid-19. Indri Dwi...

Ekobis

Malang Post – PT Sekar Bumi Tbk, membukukan penjualan Rp 3,1 triliun tahun 2020. Naik 50 persen dari tahun sebelumnya. Keberhasilan emiten dengan kode perdagangan SKBM...

Dahlan Iskan

IA ada di dalam, tapi tidak sampai menjadi orang dalam. Itulah Sarwono Kusumaatmadja. Yang 24 Juli besok berulang tahun Ke-77. Saya baru selesai membaca...

Arema

Malang Post – Publik sepak bola nasional belum lama dikejutkan dengan dipecatnya dua pemain, yang belasan tahun menjadi ikon Persipura Jayapura. Striker Boaz Theofilius Erwin...

Arema

Malang Post – Presiden Arema FC, Gilang Widya Pramana, masih belum bisa bernafas lega. Jelang sebulan ke depan kick off kompetisi Liga 1 2021/2022 bakal digulirkan. Lantaran...