Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ekobis

Cara Lebih Mudah Lunasi Kartu Kredit

Ilustrasi kartu kredit. (Foto : iStock/Photo)

Malang Post – Pengajuan layanan keuangan yang resmi dan legal, pada dasarnya berguna untuk mengatasi masalah keuangan mendesak. Tak terkecuali kartu kredit, yang sudah lama menjadi salah satu produk keuangan favorit masyarakat.

Akan tetapi, masih ada saja segelintir pengguna, yang tak mempertimbangkan pemakaian kartu kredit, sehingga membuat beban cicilannya kian menumpuk.

Baca Juga ----------------------------

Kalau sudah begitu, tentu saja keuangan Anda menjadi kewalahan untuk membayar tagihan, yang semakin melilit setiap bulannya. Belum lagi jika mempunyai dua atau lebih kartu kredit di satu waktu. Beban cicilannya, tentu akan semakin bikin pening kepala.

Lalu, adakah solusi untuk mengatasi masalah tersebut? Tentu saja ada. Malahan banyak cara yang bisa dilakukan, agar cicilan kartu kredit yang menggunung, lambat laun melandai. Hingga akhirnya dapat dilunasi secara tuntas. Nah, untuk lebih jelasnya simak ulasannya berikut ini.

Setop Pemakaian Kartu Kredit

Hal pertama yang wajib Anda lakukan saat tagihan kartu kredit selangit, adalah menghentikan pemakaiannya untuk sementara. Dengan begitu, utang kartu kredit tak akan bertambah dan semakin membebani keuangan. Kemudian, Anda dapat lebih fokus dalam mengatur keuangan dan menyisihkan sebagian pendapatan untuk melunasi cicilan kartu kredit tersebut.

Lunasi Cicilan Kartu Kredit dari Jumlah Terkecil

Melunasi tagihan kartu kredit yang terlampau besar, mungkin tak bisa dituntaskan dalam waktu yang instan. Sebab, kalau menggunakan seluruh pendapatan bulanan untuk membayar tagihan tersebut, tentu saja Anda tak akan bisa memenuhi segala kebutuhan sehari-hari.

Oleh karena itu, coba untuk melunasi tagihan kartu kredit dengan jumlah cicilan paling kecil. Baru saat cicilan tersebut terlunasi, Anda dapat beralih ke tagihan lainnya yang lebih besar dan seterusnya. Hingga seluruh beban keuangan tersebut teratasi.

Jangan Ragu Gunakan Dana Investasi atau Tabungan

Jika bunga kartu kredit terus membengkak, mungkin saat ini adalah momen yang tepat, untuk mencairkan dana investasi atau tabungan Anda. Sebab, semakin dibiarkan, beban cicilan tersebut akan terus menimbun keuangan Anda. Jadi, dengan menggunakan dana investasi atau tabungan, beban utang tersebut bisa segera terlunasi dan tak semakin menjegal keuangan.

Negosiasikan dengan Penyedia Kartu Kredit

Saat merasa utang credit card tak terjangkau finansial, akibat kehilangan pekerjaan atau masalah lainnya, Anda bisa melakukan negosiasi dengan penyedia kartu kredit. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan solusi terbaik untuk selesaikan masalah tersebut. Seperti mendapatkan keringanan cicilan, tagihan, ataupun bunga.

Manfaatkan Program Bebas Bunga

Tak sedikit penerbit kartu kredit, yang melangsungkan program bebas bunga kepada setiap nasabahnya. Dengan memanfaatkan program tersebut, Anda dapat menghindari beban bunga yang tinggi. Biasanya, program tersebut berlangsung selama 50 hari pasca transaksi kartu kredit dilakukan.

Bayar Tagihan secara Efektif

Dianggap lebih ringan, tak sedikit pengguna kartu kredit yang membayar tagihannya sesuai dengan pembayaran minimumnya. Padahal, hal ini malah membuat beban cicilannya semakin menumpuk. Karena tak sebanding dengan tingkat bunganya.

Agar lebih efektif, usahakan untuk selalu membayar cicilan kartu kredit dengan jumlah yang optimal. Bila memungkinkan, selalu lunasi pemakaian kartu kredit di bulan yang sama. Dengan begitu, tagihan kartu kredit tak akan terus terakumulasi dengan beban bunga, karena hanya melunasi cicilan sesuai dengan pembayaran minimumnya.

Cermati SIklus Tagihan

Agar mampu memanfaatkan periode bebas tagihan dengan lebih optimal, Anda perlu memahami tentang siklus tagihan kartu kredit. Sebagai contoh, layanan kartu kredit yang Anda gunakan, memiliki periode bebas tagihan selama 30 hari. Nah, periode tersebut tak dimulai di hari Anda melakukan transaksi dengan kartu kredit, melainkan di hari pertama siklus tersebut dimulai.

Artinya, saat Anda melakukan transaksi dengan kartu kredit di tanggal 10 dan masa siklus tagihan dimulai adalah tanggal 15, Anda hanya memiliki jangka waktu 5 hari untuk memanfaatkan siklus tersebut. Di sisi lain, jika transaksi dilakukan di tanggal 16, maka Anda dapat merasakan periode bebas tagihan selama 29 hari. Nah, dengan mengetahui siklus tersebut, Anda menjadi lebih mudah dalam mengatur serta merencanakan pembelian dan pembayaran tagihan kartu kredit.

Miliki Maksimal 2 Kartu Kredit

Karena alasan lebih banyak potensi promo dan limit kredit yang didapatkan, sebagian orang memutuskan untuk mengajukan banyak kartu kredit sekaligus. Jika Anda adalah salah satunya, maka segera hentikan hal tersebut. Penyebabnya tak lain karena sikap konsumtif, sudah pasti akan muncul dan meningkatkan risiko terjebak beban utang yang terlalu dalam dan mencekik.

Sebagai contoh, apabila Anda sudah memiliki kartu kredit BCA dan CIMB Niaga, jangan lagi mencoba apply kartu kredit Mandiri sekalipun ditawarkan oleh pihak bank. Begitu juga dengan bank-bank lainnya apabila sudah memiliki 2 kartu kredit.

Rutin Cek Tagihan

Setiap kali tagihan kartu kredit terbit, sisihkan sedikit waktu Anda untuk memantau segala transaksinya. Pastikan tak ada transaksi ’gelap’ yang tak sesuai dengan penggunaan Anda. Jika terbukti ada transaksi yang tak pernah Anda lakukan, segera cek dan lakukan konfirmasi dengan pihak penerbit kartu kredit agar dapat diketahui darimana transaksi tersebut berasal.

Pahami Kartu Kredit Sebagai Solusi Penuhi Kebutuhan Mendadak di Saat Mendesak

Kartu kredit pada dasarnya adalah alat pembayaran yang mampu menjadi solusi, untuk penuhi kebutuhan mendesak dan mendadak. Jika digunakan secara tepat, kartu kredit mampu menjadi penyelamat keuangan. Nah, jika pemakaian kartu kredit sudah terlanjur tidak tepat dan menjerumuskan keuangan, lakukan tips di atas agar beban tersebut dapat segera teratasi. (avi)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Gotong royong warga membenahi jalan longsor di Sumbermanjing Wetan, Kamis (5/8/2021) siang sampai sore. Longsor tidak menimbulkan korban jiwa ataupun kerugian materiil. ...

headline

Malang Post – Koarmada II TNI Angkatan Laut (AL) menggandeng Pemkot Malang menggelar Serbuan Vaksinasi. Bertempat di Stadion Gajayana. Mulai 7 – 8 Agustus 2021....

Malang Raya

Malang Post – Pemkot Malang masih punya tanggungan soal aset. Dari ribuan aset yang dimiliki, hanya ratusan yang sudah bersertifikat. Data yang dihimpun reporter City...

headline

Malang Post – Perumahan tanpa nama ada di Dusun Sawahan, Desa Giripurno, Bumiaji, Kota Batu. Satpol PP pun menyegel lantaran tak punya izin. Kamis (5/8/2021)...

Malang Raya

Malang Post – PPKM berlevel berdampak pada sektor ekonomi. Khususnya bagi pengusaha maupun wirausaha. Namun, situasi ini tidak begitu mempengaruhi penjualan jamur milik Ismail, warga...

Pendidikan

Malang Post – Kemendikbud-RI bersama Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mendekatkan dunia pendidikan dan industri. Menggelar program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) bidang pertanian dan peternakan....

Malang Raya

Malang Post – Partai Demokrat (PD) Malang Raya (Kabupaten/Kota Malang-Batu) menggerakkan kadernya untuk menekan penyebaran virus corona. Ini patut diapresiasi. Lantaran membantu Pemerintah dalam upaya...

News

Malang Post – Korban Agung diketahui ber-KTP warga Dusun Kasin RT 12/RW 03, Desa Jombok, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. Kamis (5/8/2021) sore ditemukan tewas di...