Connect with us

Hi, what are you looking for?

Malang Raya

Pendapatan Parkir Kota Batu Jauh dari Target, Ini Penyebabnya

(ananto)

Malang-Post – Perolehan  retribusi parkir di tepian jalan umum Kota Wisata Batu jauh dari target. Target per bulan Rp 38 juta, hanya terealisasi Rp 9 juta. 

Permasalahan klasik,  banyak karcis parkir  kendaraan roda 2 maupun roda 4 yang tidak diberikan ke pengguna jasa parkir. 

Baca Juga ----------------------------

Saat sidak ke sejumlah area parkir,  Kamis (10/6/2021) siang, petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batu bersama TNI/Polri menemukan pelanggaran ini. 

Selain itu ditemukan rambu parkir yang tidak sesuai Perda. Sehingga, tiga rambu parkir yang ada di kawasan Alun-alun Kota Batu disita. 

Sekretaris Dishub Kota Batu, Adiek Iman Santoso menjelaskan,  sidak sebagai  pengawasan, monitoring dan evaluasi sistem perparkiran. Khususnya pada area parkir di kawasan Alun-alun Kota Batu. 

“Pada sidak ini, kami ingin mewujudkan Perda yang telah ada benar-benar berjalan dengan maksimal,” ujar pria biasa dipanggil Dedek kepada ameg.id.

Mengenai rambu parkir yang tidak sesuai Perda dan disita, ia menjelaskan,  pada rambu tersebut bertuliskan parkir roda dua Rp 2000 dan helem Rp 1000. Padahal di Perda tidak ada peraturan seperti itu. Sehingga harus dilakukan penyitaan. 

“Untuk monitoring sebenarnya sudah sangat sering kami lakukan. Namun ketika ditinggal oleh petugas dari Dishub, mereka kembali sangat sulit untuk mengeluarkan karcis parkir kepada konsumen,” ungkapnya. 

Menurutnya, Perda perparkiran akan berjalan maksimal jika semua pihak turun tangan  bersama melakukan evaluasi. Salah satunya  pihak Satpol PP Kota Batu sebagai penegak Perda. 

Kabid Perparkiran Dishub Kota Batu, Hari Junaidi menjelaskan, teknis pemberian karcis kepada pengguna parkir   wajib hukumnya. Sedangkan untuk laporan penyetoran ke Dishub,  setiap hari sesuai karcis yang keluar saat itu. 

“Untuk perhitungan bagi hasil, sebenarnya para jukir tersebut mendapatkan bagian sebesar 60 persen. Sedangkan yang masuk ke Pemkot Batu hanya 40 persen. Dikirimkan langsung melalui rekening masing-masing jukir,” terangnya. Satu bendel karcis, terdapat 100 lembar karcis parkir. 

Dijelaskan,  sanksi kepada jukir yang tidak memberikan karcis  kepada para pengguna jasa parkir,  bisa dihentikan menjadi jukir dan diganti dengan jukir baru. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Hujan deras di Malang, sore hingga jelang petang, Rabu (16/6/2021) mengakibatkan rusaknya satu jembatan. Akses utama menuju pantai Lenggoksono. Jalur sekitar juga banjir,...

Arema

Malang Post – Arema FC Women, meneruskan tren positif. Sekaligus menjadi tim paling superior dalam babak penyisihan Grup B Women Open Sriwijaya FC Championship 2021. Di laga...

News

Malang Post – Presiden Klub Arema, Gilang Widya Pramana, dalam sesi teleconference secara virtual dengan awak media, Minggu (6/6/2021) petang lalu, memasang target tinggi untuk ARema...

Arema

Malang Post – Di bawah kendali Presiden Klub yang baru, Gilang Widya Pramana, banyak gebrakan dan segudang rencana jangka pendek atau panjang untuk Arema FC....

Malang Raya

Malang Post – TP PKK Kota Malang bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) menggalakkan program urban farming atau pertanian perkotaan. Saat ini,...

Kriminal

Malang Post – Polsek Turen meringkus dua pelaku diduga terlibat kasus penipuan dan penadah barang kejahatan. Satu tersangka, seorang wanita dan pernah berstatus guru honorer. ...

headline

Malang Post – Sengketa tanah Pemkot Malang melawan warga kawasan Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang terus bergulir. Saat ini, telah masuk tahap Pemeriksaan Setempat (PS)...

News

Malang Post – Rendahnya perolehan retribusi parkir di tepian jalan umum benar-benar menjadi sorotan berbagai pihak. Oleh karena itu, MPC Pemuda Pancasila (PP) Kota Batu...