Connect with us

Hi, what are you looking for?

Malang Raya

Pendapatan Parkir Kota Batu Jauh dari Target, Ini Penyebabnya

(ananto)

Malang-Post – Perolehan  retribusi parkir di tepian jalan umum Kota Wisata Batu jauh dari target. Target per bulan Rp 38 juta, hanya terealisasi Rp 9 juta. 

Permasalahan klasik,  banyak karcis parkir  kendaraan roda 2 maupun roda 4 yang tidak diberikan ke pengguna jasa parkir. 

Baca Juga ----------------------------

Saat sidak ke sejumlah area parkir,  Kamis (10/6/2021) siang, petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batu bersama TNI/Polri menemukan pelanggaran ini. 

Selain itu ditemukan rambu parkir yang tidak sesuai Perda. Sehingga, tiga rambu parkir yang ada di kawasan Alun-alun Kota Batu disita. 

Sekretaris Dishub Kota Batu, Adiek Iman Santoso menjelaskan,  sidak sebagai  pengawasan, monitoring dan evaluasi sistem perparkiran. Khususnya pada area parkir di kawasan Alun-alun Kota Batu. 

“Pada sidak ini, kami ingin mewujudkan Perda yang telah ada benar-benar berjalan dengan maksimal,” ujar pria biasa dipanggil Dedek kepada ameg.id.

Mengenai rambu parkir yang tidak sesuai Perda dan disita, ia menjelaskan,  pada rambu tersebut bertuliskan parkir roda dua Rp 2000 dan helem Rp 1000. Padahal di Perda tidak ada peraturan seperti itu. Sehingga harus dilakukan penyitaan. 

“Untuk monitoring sebenarnya sudah sangat sering kami lakukan. Namun ketika ditinggal oleh petugas dari Dishub, mereka kembali sangat sulit untuk mengeluarkan karcis parkir kepada konsumen,” ungkapnya. 

Menurutnya, Perda perparkiran akan berjalan maksimal jika semua pihak turun tangan  bersama melakukan evaluasi. Salah satunya  pihak Satpol PP Kota Batu sebagai penegak Perda. 

Kabid Perparkiran Dishub Kota Batu, Hari Junaidi menjelaskan, teknis pemberian karcis kepada pengguna parkir   wajib hukumnya. Sedangkan untuk laporan penyetoran ke Dishub,  setiap hari sesuai karcis yang keluar saat itu. 

“Untuk perhitungan bagi hasil, sebenarnya para jukir tersebut mendapatkan bagian sebesar 60 persen. Sedangkan yang masuk ke Pemkot Batu hanya 40 persen. Dikirimkan langsung melalui rekening masing-masing jukir,” terangnya. Satu bendel karcis, terdapat 100 lembar karcis parkir. 

Dijelaskan,  sanksi kepada jukir yang tidak memberikan karcis  kepada para pengguna jasa parkir,  bisa dihentikan menjadi jukir dan diganti dengan jukir baru. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Vaksinasi covid-19 menjadi program utama di akhir tahun 2021 di Kota Malang. Sasaran vaksinasi saat ini yaitu warga lanjut usia di...

Malang Raya

Malang Post – Kamis malam (2/12), tim gabungan Polsek dan Koramil Kedungkandang dan kecamatan, menyisir sejumlah wilayah untuk penegakan prokes. Anggota Koramil Kedungkandang, hadir...

Wisata

Malang Post — Pariwisata kota Malang dan sekitarnya mulai mengeliat kembali pasca kelonggaran PPKM oleh pemerintah. Akhir tahun 2021 Atria Hotel Malang melaunching promo Food...

News

Malang Post – Musibah menimpa warga Pakis selepas takjiah dan melaju kencang untuk berangkat kerja, Kamis (2/12/2021) pagi di Jalan Raya Ampeldento, Kecamatan Pakis,...

Pendidikan

Malang Post — Ikatan  Guru Taman Kanak-kanak (IGTKI) Persatuan Guru Republik Indonesia menggelar tasyakuran dalam memperingati Hari Guru ke-76. Melalui zoom meeting dengan Bupati Malang...

Pendidikan

Malang Post — Tingkat potensi bencana yang dimiliki Indonesia cukup tinggi. Melihat hal itu, Laboratorium Psikologi Terapan (LPT) Psikososial Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melangsungkan pelatihan...

News

Malang Post — Warga Kota Malang dihebohkan dengan viralnya postingan curhat di media sosial (Facebook) yang menimpa seorang lelaki. Ia mengaku telah mengalami kebutaan pasca...

headline

Malang Post — Bantuan ke Joko Santoso (38) warga Jl Burung Gereja No. 1A, RT 02 RW 02, Kelurahan Arjowinangun, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, mulai...