Connect with us

Hi, what are you looking for?

Olahraga

Persikoba Pastikan Ikut Liga 3, Andalkan Talenta Lokal

Pertandingan Persikoba Kota Batu pada event liga 3 tahun 2019. (Ist)

Malang Post – Pagelaran kompetisi Liga 3 Jawa Timur bakal dihelat akhir tahun 2021. Saat ini, Asprov PSSI Jatim telah memulai membuka proses pendaftaran. Rencananya, proses pendaftaran tersebut akan berakhir pada 20 Juni mendatang.

Ketua Askot PSSI Kota Batu, Punjul Santoso memastikan. Tim Persikoba Kota Batu bakal turut serta dalam event liga amatir tersebut. Oleh karena itu, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan sejumlah dokumen persyaratan sebagai kelengkapan proses pendaftaran.

Baca Juga ----------------------------

“Salah satu persyaratan yang sedang kami persiapkan adalah membuat desain jersey. Karena dalam proses pendaftaran itu, kami juga harus melampirkan desain jersey yang akan dipakai. Selain itu, kami juga tengah menyiapkan beberapa dokumen lainnya,” ujar Punjul kepada Malang Post, Selasa (8/6/2021).

Untuk target kompetisi liga 3 tahun ini, pihaknya tak memasang target tinggi. Lantaran, kualitas pemain yang digunakan pada kompetisi liga 3 tahun ini sedikit berbeda dengan ahun sebelumnya. “Untuk liga 3 tahun ini, kami memanfaatkan talenta lokal Kota Batu. Selama ini sudah kami persiapkan untuk pagelaran Porprov 2022,” jelasnya.

Oleh karena itu, pihaknya tak memasang target muluk-muluk. Namun target utama keikutsertaan Persikoba pada kompetisi liga 3 tahun ini adalah untuk memberikan jam terbang lebih kepada setiap pemain. Sehingga, secara otomatis kapasitas pada setiap pemain akan meningkat. Harapannya, mampu memberikan hasil maksimal saat mengikuti Porprov mendatang.

“Berdasarkan keputusan, untuk pemain yang boleh mengikuti kompetisi amatir itu usianya dibatasi. Pemain yang boleh ikut merupakan pemain muda, maksimal kelahiran tahun 2000,“ ungkapnya.

Diketahui, pada liga 3 tahun 2019 lalu tim Persikoba Kota Batu berhasil lolos hingga babak 16 besar atau fase kedua. Sedangkan untuk liga 3, tahun ini pihaknya menargetkan mampu finis seperti tahun 2019 lalu dengan kualitas pemain asli Kota Batu.

“Pada kompetisi Liga 3 nanti, tim Persikoba bakal diarsiteki oleh Mashud Handoyo. Sebelumnya, dia merupakan arsitek dari tim Persikoba Junior,” ujarnya.

Lebih lanjut, mengenai informasi dan regulasi yang lebih detail, pihaknya masih menunggu Kongres PSSI Asprov Jatim tanggal 14 Juli 2021 mendatang serta Workshop liga 3. Sedangkan untuk persiapan Kompetisi liga 3 tahun 2022 mendatang pihaknya akan memaksimalkan sebaik mungkin dan mempersiapkan mulai saat ini.

“Untuk persiapan liga 3 tahun 2022 nanti. Kami akan menggelar kompetisi internal Kota Batu dengan diikuti sekitar 30 tim. Melalui kompetisi itu, kami akan memantau bakat-bakat handal untuk memperkuat Persikoba tahun 2022 mendatang,” katanya. Rencananya pagelaran kompetisi tersebut, akan dilaksanakan sekitar bulan November atau Desember tahun 2021 ini.

Tak hanya event itu saja yang bakal digelar Asprov PSSI Kota Batu pada tahun ini. Pihaknya juga akan membuat kompetisi pada kelompok umur, yakni KU 13 dan KU 15. Dengan diikuti enam SSB yang telah terafiliasi di Asprov PSSI Jatim. Enam SSB itu diantaranya  adalah Angsa Putih, Persidapim, IKC, Bhineka Indonesia dan Elang Putih.

“Jawara dari event ini, bakal dijadikan wakil Kota Batu pada Piala Suratin di tingkat Provinsi,” ujarnya. Berkaca pada tahun 2019 lalu, yang berhak mewakili Kota Batu di Piala Suratin adalah SSB Elang Putih. Tim Elang Putih berhasil lolos hingga fase ke tiga, atau babak enam besar.

Tak berhenti di situ, pada tahun 2021 ini, untuk menyongsong dan mempersiapkan kerangka tim pada Piala Suratin tahun 2022 mendatang. Pihaknya juga akan menggelar kompetisi KU 16 antar desa/kelurahan se Kota Batu.

“Persikoba Junior akan kami persiapkan melalui kompetisi tersebut. Namun, karena jumlah anggaran yang kami miliki mepet, maka harus menunggu PAK terlebih dahulu,” tandasnya. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post –  Pemkot Batu melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Senin (14/6/2021) mulai merealisasikan proses rehabilitasi gedung Perpustakaan Daerah. Gedung yang dilakukan rehabilitasi itu...

News

Malang Post – Walikota Malang Drs H Sutiaji tandatangani naskah kesepakatan bersama dengan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur di Ruang Rapat Walikota, Senin...

Malang Raya

Malang Post – Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Malang mendapatkan anggaran sebesar Rp 1,2 Triliun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2021. Jumlah...

Malang Raya

Malang-Post – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang berharap, proses verifikasi rumah rusak akibat gempa bisa rampung pekan ini. Pasalnya, jika data tersebut...

Pendidikan

Malang-Post – Fakultas Hukum Universitas Brawijaya menginisiasi peluncuran buku tentang pilkada. Bertajuk “Optimalisasi Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) dan Peran Polisi Republik Indonesia dalam...

Malang Raya

Malang-Post – Senin (14/6/2021) pagi, aparat gabungan kembali menggelar operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan di wilayah Blimbing.  Operasi dalam rangka PPKM Mikro, sebagai...

Malang Raya

Malang-Post – Koramil 0833/02 Kedungkandang menggelar kegiatan bedah rumah tidak layak huni (RTLH) semester I 2021, pada Senin (14/6/2021). Kali ini rumah milik Mulyadi,...

Malang Raya

Malang-Post – Kodim 0833/Kota Malang Malang menggelar kegiatan Latihan Teknis Teritorial (Latnister) TA 2021 yang dibuka pada Senin (14/6/2021).  Latnister ini berlangsung lima hari,...