Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Evaluasi UTBK di UM, Hari Pertama Ada Keterlambatan, Hari Ini Lancar 

Suasana peserta ujian yang fokus menjawab soal tes di UM

AMEG – Universitas Negeri Malang (UM) menjadi salah satu perguruan tinggi negeri yang diberi amanat oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) untuk melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2021. 

Pelaksanaan UTBK tahun ini dibagi menjadi dua gelombang, yakni gelombang pertama tanggal 12-18 April 2021 dan gelombang kedua pada tanggal 26 April-02 Mei 2021.

Baca Juga ----------------------------

Hal ini untuk meminimalisir kerumunan dan keramaian, mengingat pelaksanaan ujian ini masih berada di masa pandemi. 

Senin (12/4/2021) merupakan hari pertama pelaksanaan UTBK serentak di Indonesia. Saat ini memasuki hari kedua, Selasa (13/4/2021). 

Menghadapi hal tersebut UM dan Universitas mitra (UNISMA, UMM, UNMER) telah melakukan persiapan dengan matang. Memberikan informasi yang lengkap kepada para peserta dan panitia.

Menyiapkan lokasi ujian yang sesuai dengan standar protokol kesehatan covid-19. Menyiapkan alat-alat dan bahan yang dibutuhkan selama pelaksanaan ujian.

Terpantau, protokol kesehatan diterapkan pada setiap peserta yang melaksanakan UTBK SBMPTN. Dilengkapi hand sanitizer, masker, face shield, sarung tangan dan cek suhu setiap akan masuk ruangan.

Menurut pantauan Prof Dr Suyono M.Pd, Staf Ahli Wakil Rektor I UM, pelaksanaan UTBK SBMPTN di UM dan di universitas mitra (UNISMA, UMM, UNMER) berjalan dengan lancar. 

“Secara umum UTBK terlaksana dengan lancar. Ya ada keterlambatan kedatangan peserta tapi masih bisa ditolerir. Karena di hari pertama memang wajar teman-teman belum bisa datang tepat waktu semua. Insyaallah besok sudah bisa kondusif tanpa ada catatan keterlambatan,” ucapnya Selasa pagi.

Mengatasi hal tersebut, pihak UM selepas pelaksanaan UTBK SBMPTN hari pertama, langsung menggelar evaluasi. Berikutnya dilakukan setiap hari usai ujian.

Harapannya, pelaksanaan ujian hari berikutnya lebih kondusif. Baik panitia maupun peserta bisa datang lebih awal sesuai dengan kebutuhan di lapangan dan tidak terjadi keterlambatan lagi.

Diakhir wawancara Prof Suyono menyampaikan harapannya agar pelaksanaan UTBK SBMPTN hingga akhir tetap berjalan dengan lancar dan kondusif. Tak lupa mengimbau semua pihak agar mematuhi protokol kesehatan. 

“Saya berharap pelaksanaan UTBK selama satu minggu kedepan berjalan lancar. Tetap patuh terhadap protokol kesehatan dan semoga tidak ada kasus yang muncul akibat pelaksanaan UTBK ini. Semoga semua pihak terus meningkatkan kinerjanya agar pelaksanaan UTBK tepat waktu,” pungkasnya. (yan) 

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Pendidikan

Malang Post – Mahasiswa baru (maba) dari berbagai daerah Nusantara turut serta dalam gelaran Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (Pesmaba) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Event tahunan...

Pendidikan

Malang Post — Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, kembali mendapatkan kabar gembira. Ini setelah salah satu mahasiswanya memperoleh penghargaan. Melalui LKTIN...

Malang Raya

Malang Post – Sebagai upaya untuk mencegah penularan Covid-19 serta sejalan dengan program pemerintah pusat yang mulai melaksanakan vaksinasi bagi pelajar.  Ketua Yayasan Kartika...

headline

Malang Post – Dalam rangka percepatan Herd Immunity, Universitas Negeri Malang (UM) kembali sukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 jenis Sinovac dosis pertama dan kedua yang ditujukan...

Pendidikan

Malang Post — SMAN 1 Sumberpucung berkomitmen mendukung pemerintah menangani pandemi Covid-19 yang belum mereda. Salah satunya melalui program vaksinasi remaja. Menggandeng Puskesmas Sumberpucung, vaksinasi dosis...

Pendidikan

Malang Post — Ikatan Guru Taman Kanak -Kanak (IGTKI) Kecamatan Donomulyo melalui Dinas Pendidikan bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat menggelar workshop....

Pendidikan

Malang Post – Ratusan murid SMP KHA Thohir Pulungdowo Tumpang Kabupaten Malang menjalani vaksinasi di lingkungan sekolah. Ini untuk mencegah penyebaran virus covid-19 dan menjadi...

Pendidikan

Malang Post — Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang menjadi tuan rumah pertemuan forum Asosiasi Dosen Ilmu-Ilmu Adab (ADIA) se Indonesia. Sekaligus...