Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Jalan Srigonco Rusak Suguhan Tak Nyaman bagi Wisatawan, Pemkab Tebar Janji Segera Mulus

Jalan di Desa Srigonco Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, rusak parah. Sudah dua tahun lamanya. Padahal, jalan itu salah satu akses menuju destinasi wisata Pantai Balekambang serta wisata pantai lain yang berjajar di sepanjang Jalur Lintas Selatan (JLS).

Saat ini, wisatawan yang akan ke JLS via Desa Srigonco harus dialihkan ke jalan alternatif Desa Sumberbening. Ironisnya, jalur ini juga rusak dan medannya cukup terjal. 

Baca Juga ----------------------------

Informasinya, jalan Desa Srigonco rusak parah karena sering dilalui truk pengangkut material proyek pembangunan JLS tahap kedua. Truk-truk itu bertonase berat. Saat ini proyek JLS menuju Donomulyo terus dikebut. 

“Kami sudah berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (Kemen-PUPR) untuk memperhatikan kondisi jalan,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat. 

Dijelaskan rinci Wahyu, rusaknya jalan itu karena dump truck pengangkut material melebihi beban tonase jalan. Status jalan itu jalan kabupaten. Kondisi itu pun diperparah dengan cuaca ekstrem yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir ini. 

Menurut Wahyu, pemkab sudah berkoordinasi dengan pihak Kemen-PUPR untuk perbaikan dan peningkatan akses jalan itu. Sedang, pemkab hanya berkewajiban melakukan perawatan saja.

Terpisah Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Kabupaten Malang, Romdhoni, mengatakan akses jalan menuju JLS yang kondisnya rusak berat sudah mulai dilakukan perbaikan. Sejumlah jalan yang masih berlubang, menurutnya juga akan segera membaik. Selain perbaikan, juga ada sejumlah jalan yang sedang dalam proses pelebaran.

“Banyak jalan rusak yang diperbaiki, untuk akses jalan menuju Malang Selatan, ada beberapa yang dilakukan pelebaran,” kata Romdhoni.

Namun demikian, pelebaran jalan yang dilakukan, juga untuk menunjang program strategis pemerintah pusat. Tentunya dalam hal ini, juga diproyeksikan untuk mempermudah wisatawan yang akan berkunjung ke pantai-pantai di sepanjang JLS. 

“Untuk pelebaran jalan Tumpang-Turen masih dalam proses. Termasuk, jalan menuju pantai selatan. Untuk akses jalan ke pantai Balekambang kini masuk dalam pemeliharaan rutin. Targetnya, selesai selama periode Bupati HM Sanusi,” jelas Romdhoni.

Pantauan di lapangan, belum lama ini warga menutup jalan di Desa Srigonco yang kondisinya rusak parah ini. Jalan yang sebelumnya hanya berlubang itu, sekaran aspalnya mengelupas. Yang tersisa tinggal batu terlapisi tanah liat, sehingga sangat berbahaya bagi pengguna jalan karena kondisinya licin saat turun hujan.

Para wisatawan maupun masyarakat yang melintasi jalan itu akhirnya dialihkan lewat jalan alternatif di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur. Ironisnya, kondisi jalan di Desa Sumberbening juga rusak dengan medan yang terjal. 

Untuk menuju JLS di Kabupaten Malang ini sebenarnya ada tiga akses jalan yang bisa ditempuh. Yakni melalui Kecamatan Bantur, Kecamatan Donomulyo, dan Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

Pantai-pantai di sepanjang JLS Kabupaten Malang selalu menjadi jujugan wisatawan dari berbagai daerah. Tidak hanya berasal dari Malang Raya, tetapi mereka juga dari luar Malang. Mereka berwisata karena keindahan pantai-pantai di Malang Selatan tak kalah dengan destinasi pantai lain di Indonesia yang sudah terkenal. (Rizky Wijaya-Eka Nurcahyo)   

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post — Kota Batu bakal menjadi sentra pembibitan jeruk purut di Indonesia. Hal ini menyusul permintaan ekspor jeruk purut yang sangat tinggi. Saat ini...

Malang Raya

Malang Post – Tim tracer Covid-19 Kota Malang menggelar tracing kasus di Jalan Kolonel Sugiono IV, Kelurahan Ciptomulyo, Sukun Kota Malang. Rabu, 20 Oktober...

headline

Malang Post — Kota Malang sudah masuk PPKM Level II, sesuai Inmendagri Nomor 53 Tahun 2021. Beberapa kampus mulai mengajukan Perkuliahan/Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Meski...

headline

Malang Post — Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Advokat Republik Indonesia (DPP PARI) menggelar silaturahmi antar advokat, Rabu (20/10/2021). Bertempat di RM Javanine, Jl Pahlawan Trip...

Pendidikan

Malang Post — Sejarah baru kembali ditorehkan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kali ini Program studi (Prodi) Agribisnis, Fakultas Pertanian dan Peternakan UMM yang mencatatkan tinta...

Pendidikan

Malang Post — Dharma Wanita Persatuan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (DWP UIN Maliki) makin giat membina sekaligus menjalin keharmonisan antar anggotanya. Meski masih dalam...

News

Malang Post — Kepanikan terjadi, Selasa (19/10/2021) malam di sebuah rumah milik Semiati warga RT 03/RW 01 Desa/Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang. Sebuah tabung LPG 3...

News

Malang Post — Sehari sudah, tim gabungan SAR Malang Raya mencari keberadaan Paino (56) pemancing yang terhanyut saat sungai Brantas mendadak berarus deras. Selasa (19/10/2021)...