Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

Pancaroba Di Depan Mata, Jaga Kesehatan Dengan Cara Ini

Foto Ilustrasi. (ist)

Malang – Musim pancaroba merupakan masa peralihan dari suatu musim ke musim lain. Dari musim hujan ke musim panas biasanya terjadi pada bulan Maret-April. Artinya musim pancaroba sudah di depan mata.

Selain cuaca yang tidak menentu, bahkan cenderung ekstrim. Pancaroba juga identik dengan merebaknya sejumlah penyakit. Seperti tifus, diare, dan flu.

Baca Juga ----------------------------

Tentu kita tidak bisa menghentikan perubahan musim. Yang bisa dilakukan adalah menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan fit. Sehingga tidak mudah terserang penyakit. Apalagi dimasa pandemi ini, anda tentu tidak mau tiba-tiba terserang flu. Pasti anda akan langsung dicurigai Covid-19. Meski kita harus tetap waspada dengan gejala Covid-19 ya bund.

Nah..agar tetap sehat dan fit khususnya di musim pancaroba, ada beberapa tips sehat yang bisa Anda jalankan, antara lain :

Konsumsi  Makanan Sehat dan  Bergizi

Agar tidak mudah terserang penyakit, kekebalan tubuh harus baik. Sistem kekebalan tubuh membutuhkan makanan sehat dan bergisi untuk melawan penyakit. Oleh karena itu, konsumsi makanan bergizi seimbang akan sangat dibutuhkan tubuh.

Usakan menu makanan Anda terdiri dari karbohidrat, protein dan lemak dalam kadar seimbang. Jangan lupakan sayur dan buah, yang merupakan sumber makanan kaya akan antioksidan. Sederhananya harus 4 sehat 5 sempurna.

Anda juga dianjurkan menghindari makanan cepat saji atau tinggi lemak. Makanan yang tidak bersih dan terpapar debu juga harus dihindari, agar tidak mengganggu sistem percernaan.

Minum Cukup

Mengutip klikdokter, musim pancaroba rentan membuat tubuh Anda kekurangan cairan alias dehidrasi. Apabila Anda kekurangan cairan, tentu akan mengganggu kesehatan anda. Jadi cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum sebanyak delapan gelas setiap hari. Lalu kurangi konsumsi minuman bersoda, tinggi gula, atau kafein, karena akan mudah membuat perut kembung.

Tidur Cukup

Bagi yang suka begadang, mulai saat ini hentikan kebiasaan buruk tersebut. Menurut Harvard Health, salah satu cara yang paling tepat agar tubuh tetap sehat adalah cukup tidur. Idealnya  kita butuh tidur selama 7 hingga 9 jam setiap malam. Mengutip halodoc, saat tidur, tubuh akan menggunakan waktu itu untuk melakukan pemulihan kritis dan perbaikan fungsi-fungsi penting, termasuk sistem kekebalan tubuh.

Bahkan ada penelitian juga menemukan bahwa seseorang yang tidak cukup tidur selama satu malam saja dapat berkurang kekebalannya hingga 70 persen. Bagi yang suka begadang segera ubah kebiasaan. Bagi yang insomnia, segara cari pertolongan medis.

Mengelola Stres

Salah satu penyebab terganggunya sistem kekebalan tubuh adalah stress. Penyebabnya tentu banyak, masalah di tempat kerja, stres pandemi dan masih banyak lagi. Mengutip halodoc, mengelola stres bisa dilakukan dengan hal sederhana, seperti membaca, meditasi, yoga, mendengarkan musik, makan makanan yang kamu suka, menonton, bermain dengan hewan peliharaan atau bermesraan dengan pasangan, bagi yang punya ya bund.

Apabila stres sulit anda kelola, segera cari bantuan ahlinya. Jangan biarkan stres berlarut larut, karena tidak baik bagi fisik dan mental anda.

Olahraga

Jangan malas berolahraga. Olahraga dapat menjaga fungsi tubuh dengan baik, karena mampu  mengurangi peradangan dan mendukung sel-sel yang melawan infeksi. Olahraga yang dilakukan dengan durasi 30 menit sebanyak 5 kali dalam seminggu terbukti dapat membantu mengoptimalkan sistem kekebalan dan fungsi tubuh secara menyeluruh, mengutip klikdokter.

Gerakan sederhana seperti burpe, lunges, push-up, dan lainnya bisa dilakukan di rumah. Selain tubuh yag sehat,  endorfin dari olahraga juga membantu mengurangi stres.

Jaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

LIngkungan yang bersih dan sehat, serta kebersihan diri dapat  memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jadi mulailah menjaga kebersihan demi  kesehatan Anda. Rutinlah cuci tangan pakai sabun selama 20 detik, mandi, dan membersihkan area tempat tinggal. Jangan sampai virus dan bakteri tumbuh subur di lingkungan anda, agar tidak membawa penyakit.

Kita harus benar benar memperhatikan kondisi kesehatan kita. Tetap jaga daya tahan tubuh dimasa pandemi dan dimusim pancaroba. Jika ada keluhan berarti, langsung pergi ke fasilitas pelayanan kesehatan untuk mengecek kondisi tubuh anda. (hlc/klk/anw)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang-Post – Tahun 2021 ini, Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu bakal menggelontor 100 buah troli di sentra wisata bunga Sidomulyo. Anggaran telah disiapkan, sebesar...

Malang Raya

Malang-Post – Program vaksinasi Covid-19 di Kota Malang terus dilakukan. Senin(21/6/2021) pagi, 150 warga Sukun divaksin.  Vaksinasi dosis pertama ini digelar di Puskesmas Ciptomulyo,...

Kesehatan

Malang-Post – Bakti sosial Pain Center di Rumah Sakit Universitas Brawijaya (RSUB) tetap dilaksanakan meski pandemi. Tentunya dengan menerapkan prokes sesuai standar WHO dan...

Malang Raya

Malang-Post – Aparat gabungan kembali menggelar operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan. Dalam rangka PPKM Mikro di wilayah Lowokwaru.  Senin (21/6/2021) pagi, operasi digelar...

Olahraga

Malang-Post – Sepak bola sudah menjadi olahraga menarik bagi berbagai kalangan. Liga Anak MFL (Malang Footbal League) akan menggelar pertandingan Agustus 2021.  MFL sebelumnya...

Opini

Siapa yang tak mengenal sosok Abdurrahman Wahid, Seorang Guru Bangsa yang akrab dipanggil Gus Dur atau Mas Dur. Presiden Ke-4 Republik Indonesia, Bapak Pluralisme,...

Opini

Indonesia adalah sebuah negara yang berdiri berdasarkan demokrasi Pancasila. Sudah semestinya semua bidang dapat berlandaskan Pancasila juga, khususnya dalam bidang ekonomi. Sistem ekonomi Pancasila...

Dahlan Iskan

Sebenarnya saya tidak heran, tapi terkejut juga: ada orang Indonesia memilih transplantasi liver di Iran. Sukses pula. Sekarang masih di rumah sakit di sana....