Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Yang Positif di Yayasan Bhakti Luhur Jadi 178 Orang

Saat Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji saat mendatangi Yayasan Bhakti Luhur, untuk mendapatkan informasi terkait penghuni yang terserang Covid-19, beberapa waktu lalu. (Foto: istimewa)

Malang – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen-PPPA), memantau perkembangan kondisi 170 anak berkebutuhan khusus (ABK), yang terpapar Covid-19 di Panti Asuhan Yayasan Bhakti Luhur, Kota Malang.

Kemen-PPPA juga mengapresiasi gerak cepat seluruh pihak. Termasuk Pemerintah Kota Malang, yang langsung memantau panti asuhan.

Baca Juga ----------------------------

‘’Sebagai anak berkebutuhan khusus (ABK), mereka tentu memiliki kebutuhan dan perlakuan khusus. Oleh karena itu, isolasi mandiri yang dilakukan mendapat pendampingan. Namun tetap menerapkan protokol kesehatan dan di bawah pengawasan Dinas Kesehatan Kota Malang,’’ kata Plt Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak Kemen-PPPA, Nahar, di Malang, Jumat (5/3), seperti dilansir medcom.

Kemen-PPPA sendiri, telah melakukan konfirmasi dan koordinasi dengan berbagai pihak dalam penanganan temuan ini. Koordinasi tersebut, terkait upaya perlindungan dan pemenuhan hak anak-anak penyandang disabilitas di panti asuhan.

‘’Dinas Kesehatan Kota Malang juga memastikan, walau berada di dalam panti, penghuni panti akan tetap mendapatkan suplai makanan dan nutrisi yang baik. Juga terus memantau serta melakukan pengawasan setiap hari,’’ jelas Nahar.

Dijelaskannya, sebelumnya pihak yayasan melakukan swab antigen massal kepada seluruh penghuni panti. Setelah salah satu pendamping diketahui positif Covid-19 dari hasil swab antigen. Hasil swab antigen massal tersebut, dari total 527 penghuni panti, sebanyak 178 orang dinyatakan positif. Terdiri dari 98 pengasuh dan 80 anak penyandang disabilitas.

‘’Kami juga telah meminta Pemerintah Kota Malang, khususnya Dinsos P3AP2KB Kota Malang, untuk melakukan sinergitas dengan Dinas terkait. Agar dapat memberikan layanan maksimal terkait perlindungan khusus yang dibutuhkan. Serta memastikan anak-anak tetap terpenuhi dan diberikan kebutuhan khususnya. Termasuk  memastikan anak yang memiliki komorbid segera mendapatkan pertolongan segera,’’ jelasnya.

Nahar menegaskan, penanganan anak berkebutuhan khusus yang terindikasi positif Covid-19, harus mengikuti protokol pencegahan dan protokol pemulihan Covid-19, pada anak penyandang disabilitas dalam panti anak. Yakni dalam status Bukan ATG (Anak Tanpa Gejala), ADP (Anak dalam Pemantauan), PaDP (Pasien Anak dalam Pengawasan) dan terkonfirmasi Covid-19.

‘’Memberikan pelindungan untuk para pendamping dan pengurus panti agar tidak tertular, untuk mencegah kluster baru serta mengupayakan data terpilah per kategori usia anak yang terkontaminasi covid-19,’’ ujarnya.

Sementara itu, dari sejumlah penghuni yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut, 21 orang dirawat di Rumah Sakit Lapangan Idjen Boulevard. Karena mengalami gejala atau memiliki penyakit penyerta (komorbid).

Kepala Rumah Sakit Lapangan Idjen Boulevard, dr Heri Sutanto mengatakan, lima pasien dari Yayasan Bhakti Luhur dirujuk ke rumah sakit lapangan itu, sejak Senin (1/3).

‘’Kemarin masuk (dari Yayasan Bhakti Luhur) lima orang, rencananya bertambah 16 orang,’’ kata Heri saat dikonfirmasi beberapa waktu lalu. (jof/rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Pemkab Malang gelar Vaksinasi Massal untuk pelajar bertajuk”Indonesia Sehat, Indonesia Hebat”. Bersinergi bersama Badan Intelijen Negara (BIN). Dihadiri Bupati Malang HM...

Pendidikan

Malang Post — Ikatan Guru Taman Kanak -Kanak (IGTKI) Kecamatan Donomulyo melalui Dinas Pendidikan bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat menggelar workshop....

Pendidikan

Malang Post – Ratusan murid SMP KHA Thohir Pulungdowo Tumpang Kabupaten Malang menjalani vaksinasi di lingkungan sekolah. Ini untuk mencegah penyebaran virus covid-19 dan menjadi...

Pendidikan

Malang Post — Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang menjadi tuan rumah pertemuan forum Asosiasi Dosen Ilmu-Ilmu Adab (ADIA) se Indonesia. Sekaligus...

Malang Raya

Malang Post – Masih maraknya peredaran rokok ilegal di pasaran khusunya kota Malang, memantik Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Cukai...

News

Malang Post —  Musibah menimpa karyawan Koperasi Simpan Pinjam Delta Surya Purnama cabang Purwosari Pasuruan. Rabu (15/9/2021) siang di Jl Raya Songsong Ardimulyo Singosari...

Malang Raya

Malangpost – Wakil Wali (Wawali) Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko memantau langsung vaksinasi untuk warga Kelurahan Gading Kasri dan pedagang Pulosari. Sofyan Edi hadir...

Teknologi

Malangpost – Dewasa ini, makin banyak pelaku bisnis yang berlomba membuat usaha mereka makin dikenal khalayak ramai dengan cara memanfaatkan beragam media digital yang...