Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

Percepat Pertumbuhan Ekonomi, Kota Batu Bakal Punya 7 Jalan Tembus dan Jembatan

PADAT MERAYAP: Suasana Kendaraan di Jl Soekarno Kota Batu (foto : Ananto, Di's Way Malangpost)

Kota Batu – Mempercepat mobilitas masyarakat tahun 2021. DPUPR Kota Batu miliki rencana membangun jalan tembus. Dari ke tujuh jalan tembus yang akan dibangun itu, semuanya masuk dalam program prioritas DPUPR Kota Batu. 

Tak hanya untuk mempercepat mobilitas masyarakat. Pembangunan jalan tembus ini juga bertujuan mempercepat pertumbuhan ekonomi Kota Batu. Tak hanya itu, dengan banyaknya pembangunan jalan tembus ini, bertujuan mengurangi kemacetan. Apalagi Kota Batu sebagai kota wisata.

Baca Juga ----------------------------

Kepala Dinas PUPR Kota Batu, Alfi Nurhidayat menjelaskan. Proses realisasi dan kelancaran pembangunan jalan tembus ini sudah dilakukan. Ia telah berdialog dengan pihak yang berhubungan dengan pembangunan jalan tembus. 

Ia merinci, ketujuh jalan tembus yang akan dibangun tahun 2021 ini adalah: jalan tembus Toyomerto – Abdul Ghani Atas, jalan tembus Kelurahan Sisir -Pandanrejo, jalan tembus Sisir -Temas serta jalan tembus Krematorium -Tlekung.

Alfi menambahkan, untuk kelancaran pembangunan jalan tembus Temas -Pandanrejo dan jalan tembus Sisir – Pandanrejo, dirinya telah berkomunikasi dengan kepala desa setempat. 

“Untuk pembangunan jalan tembus di lokasi tersebut. Sebagian kita kerjakan tahun ini. Sedangkan panjangnya juga bervariasi. Rata-rata panjang jalannya 2 km hingga 3 km,” bebernya. 

Lebih lanjut, pihaknya menjelaskan untuk lebar jalan kurang lebih 12 meter. Sehingga bisa mengurangi kemacetan jalan di Kota Batu. Terutama disaat hari libur. Dengan perkiraan anggaran pembangunan jalan kurang lebih Rp 20 miliar. 

“Tujuh jalan tembus ini dibangun sebagai ring road Kota Batu. Untuk mengurangi kemacetan kendaraan wisatawan. Ini karena, terutama ketika hari libur tiba, kemacetan terjadi di jalan protokol,” jelasnya. 

Selain untuk mengurai kemacetan, pembangunan jalan tembus bagian dari untuk melakukan pemerataan pembangunan. Sehingga akses yang melewati desa-desa ini betul-betul bisa mendukung mobilitas masyarakat. 

“Tujuan akhirnya, visi misi kepala daerah bisa terwujud. Untuk menjadikan Desa Berdaya Kota Berjaya,” terangnya. 

Tak hanya membangun jalan tembus saja. Namun untuk menghubungkan jalan yang terpisah oleh sungai. Pihaknya juga akan membangun jembatan tepatnya di Kelurahan Sisir – Desa Pandanrejo melalui Jalan Sultan Hasan Halim. 

Untuk total anggaran pembangunan yang disiapkan sebesar Rp 5,9 miliar. Dengan target, pada tahun 2022 jembatan sudah bisa difungsikan. Pembangunan jembatan itu merupakan salah satu program prioritas dari visi misi Wali Kota Batu. Untuk kebermanfaatan masyarakat.

“Sesuai dengan keinginan Bu Wali, jembatan bisa menjadi salah satu akses untuk memudahkan masyarakat. Dengan harapan bisa mendapatkan dampak yang positif bagi perkembangan perekonomian. Serta ketika musim liburan tiba, bisa digunakan untuk memecah kemacetan,” urai Alfi. 

Sementara itu, Kasi Pembangunan Jalan dan Jembatan DPUPR Kota Batu, Hutomo Mandala Putra menerangkan, jembatan itu memiliki panjang 40 meter dan lebar 8 meter. Kedepannya jembatan itu akan dilelang pada bulan Maret dan pengerjaannya akan dimulai pada bulan Mei.

“Tak hanya pembangunan jembatan, kami juga sudah mendata beberapa jembatan untuk dilakukan perbaikan dan pelebaran,” ujarnya. 

Seperti jembatan yang ada di Gunungsari, Ngandat, dan Jalibar. Karena diketahui, jembatan itu turun beberapa centimeter. Karena secara konstruksi masih aman tidak ada keretakan, perbaikan sementara sebatas melihat tingkat kerusakannya. 

“Sedangkan untuk yang akan dilebarkan ada dua titik, yaitu akses jembatan Claket menuju Jantur dan Temas menuju Pandanrejo atau sebaliknya. Bulan Maret sudah start pengerjaan dan untuk anggarannya sekitar Rp 200 juta,” tandasnya. (ano/yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Kodim 0833 Kota Malang menggelar Penyaluran Bantuan Tunai untuk Pedagang Kali Lima dan Warung (BTPKLW-TNI) kepada 4.200 PKL dan warung di...

Pendidikan

Malang Post – Ikut andil dan terlibat percepatan vaksinasi, mahasiswa KKN UM membantu pelaksanaan vaksin massal di Desa Pakisjajar, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Vaksinasi...

Malang Raya

Malang Post – Operasi gabungan dilakukan Bapenda, Satpol PP dan Dishub Kota Malang. Kembali menindak reklame yang telat bayar pajak dan masa ijinnya kadaluwarsa. Kepala...

Pendidikan

Malang Post — Memperingati hari jadi ke-76 Provinsi Jawa Timur, Universitas Islam Malang (Unisma) menjadi tuan rumah Seminar Nasional daring dan luring terbatas, dengan tema:...

Malang Raya

Malang Post — Naik dokar dari rumah dinas, Walikota Batu, Dewanti Rumpoko bersama putri bungsunya, Raras Rumpoko, jalan-jalan di Alun-alun Kota Batu, Senin (18/10/2021) sore....

Pendidikan

Malang Post — Tax Center Universitas Negeri Malang (UM) sukses menggelar event Call for Paper Festival Pajak (FESPA) 2021, pada 1 September 2021. Call for...

Wisata

Malang Post — Melanjutkan keberhasilannya tahun kemarin, The Singhasari Resort & Convention meraih penghargaan internasional. Kali ini dari Haute Grandeur Global Hotel 2021, kategori Best Mountain Resort in...

News

Malang Post — Brakkk!!!! Mobil Box N 9187 TI, Senin (18/10/2021) pukul 14.45 WIB menabrak teras rumah warga di Jl Raya Jatiguwi, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang. Teras...