Connect with us

Hi, what are you looking for?

Advertorial

Gandeng Krisdayanti, BKKBN Sosialisasikan Program ‘Bangga Kencana’

Sosialisasi Program Pembangunan Keluarga Bersama Mitra Kerja Tahun 2020, di Kelurahan Ngaglik, Kota Batu, pada Rabu (16/12) pagi.

Batu – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melaksanakan Sosialisasi Program Pembangunan Keluarga Bersama Mitra Kerja Tahun 2020, di Kelurahan Ngaglik, Kota Batu, pada Rabu (16/12) pagi. Hadir secara virtual dalam sosialisasi ini Anggota Komisi IX DPR RI Krisdayanti, yang merupakan mitra kerja strategis BKKBN.

Kepala Balai Diklat KKB Malang, Nyigit Widi Amini menjelasakan, sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap program Pembangunan Keluarga, Kependudukan Dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) yang merupakan re-branding dari program BKKBN sebelumnya.

Baca Juga ----------------------------

“Ada fenomena pentinya sosialisasi dan edukasi program Bangga Kencana kepada masayarakat, khususnya generasi muda yang menjadi sasaran utama program ini. Generasi muda yang dimaksud adalah mereka yang berusia 10-24 tahun dan belum menikah,” ujarnya.

Melalui sosialisasi ini, pihaknya juga  ingin menggalang komitmen para mitra, khususnya Komisi IX DPR RI untuk bersama-sama membangun kesadaran masyarakat, khususnya generasi muda untuk mempersiapkan diri menjadi generasi emas ditengah tantangan yang semakin besar pula.

“Harapanya remaja tau bagaimana menjadi remaja berkualitas dan bisa menyiapkan kehidupan berkeluarga yang baik, sehingga generasi emas dan berkualiatas di masa depan bisa kita wujudkan,” pungkasnya.

Sementara Anggota Komisi IX DPR RI Krisdayanti menyambut baik kegiatan ini, sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam  mewujudkan SDM unggul.

“BKKBN dengan program  Bangga Kencana  telah mengambil peran yang nyata dalam menyiapkan SDM unggul,” kata Krisdayanti yang bergabung lewat sambungan zoom Rabu(16/12).

Anggota Komisi IX DPR RI Krisdayanti hadir secara virtual dalam Sosialisasi Program Pembangunan Keluarga Bersama Mitra Kerja Tahun 2020, di Kelurahan Ngaglik, Kota Batu.

Menurut KD, sapaan akrabnya,  anak-anak muda sebagai generasi penerus bangsa harus disiapkan dengan bekal yang cukup, terutama dalam membangun keluarga melalui pernikahan. Tujuanya agar kehidupan pernikahan  berjalan sesuai yang diharapkan. Yang terpenting baginya adalah kesiapan mental dan pengetahuan sebelum menikah.

“Saya ingat pesan bapak kita ya, menikah  bukan bagaimana nanti,  tapi nanti bagaimana. Jadi mental dan kemampuan mengurus anak , mengurus rumah tangga, dan cara berkomunikasi dengan baik pada mertua  perlu ditanamkan kepada generasi muda,” ujar perempuan kelahiran Batu ini.

Anggota DPR RI Dapil Malang Raya ini juga menyinggung program Kampung KB yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo sejak tahun  2016 lalu. Kampung KB merupakan salah satu “senjata pamungkas” pemerintah dalam mengatasi masalah kependudukan, terutama di wilayah-wilayah yang belum terjangkau  pandangan pemerintah, karena berbasis kemandirian masyarakat.

“Semoga kampung KB mandiri berbasis gotong-royong semakin banyak digalakan masyarakat. Kampung KB sangat penting untuk sosialisasi sex bebas dan bagaimana  memabangun rumah tangga. Selama ini pendidikan sex di Indonesia hanya sebatas reproduksi, sehingga perlu ditingkatkan, supaya lebih menyeluruh dan lebih luas,” kata KD.

Dengan begitu, pelantun “Menghitung Hari” ini berharap, generasi muda bisa terhindar dari bahaya sex bebas, bisa mempersiapakan pernikahan dengan tepat di usia yang tepat, dan memiliki kehidupan yang berkualitas dalam keluarga dan bermasyarakat.(ryn/anw)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Pendidikan

Malang Post – Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat. Masyarakat dapat berkomunikasi dan bisa mengakses berbagai informasi dari seluruh penjuru dunia dengan mudah. Salah satu media yang digunakan dalam mengakses informasi dan berkomunikasi adalah media sosial. Hampir semua orang tidak bisa terlepas dari penggunaan media sosial. Bahkan di dalam dunia pendidikan, media social menjadi salah satu media yang sering digunakan untuk mencari sumber literasi. Namun, kemudahan akses yang diberikan media...

Pendidikan

Malang Post – Mahasiswa Polinema (Politeknik Negeri Malang) bersemangat melahirkan inovasi bagi masyarakat. Kali ini diwujudkan melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Karsa Cipta. Tim...

News

Malang Post – Masker saat ini bukan sekedarnya. Namun menjadi keharusan di setiap aktivitas. Sejak pandemi Covid-19 terjadi. Lantaran berfungsi mencegah penyebaran virus. Namun, penggunaan...

headline

Malang Post – Pelaksanaan vaksinasi bagi warga Kecamatan Kepanjen mendapat respon positif. Bisa dilihat Minggu (25/7/2021). Sejak pukul 08.00, sudah dipadati warga. Vaksinasi ini digagas...

Malang Raya

Malang Post – Patroli gabungan pendisiplinan PPKM Level 4, dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid-19 kembali digelar.  Minggu (25/7/2021), aparat gabungan dari Polresta...

headline

Malang Post – Sampai saat ini, vaksinasi massal sudah menjadi minat masyarakat. Terbukti dari tingginya animo dan antrian yang mengular di lokasi vaksin di Kota...

Dahlan Iskan

Sudah 10 hari saya tidak menerima WA dari senior saya itu: Christianto Wibisono. Tumben. Biasanya hampir tiap hari beliau mengirimi saya info. Apa saja....

Pendidikan

Malang Post – Polybag adalah, kantong plastik berbentuk segi empat, biasanya berwarna hitam. Digunakan untuk menyemai tanaman dengan ukuran tertentu yang disesuaikan dengan jenis tanaman. Bahkan...