Connect with us

Hi, what are you looking for?

Advertorial

Gandeng Krisdayanti, BKKBN Sosialisasikan Program ‘Bangga Kencana’

Sosialisasi Program Pembangunan Keluarga Bersama Mitra Kerja Tahun 2020, di Kelurahan Ngaglik, Kota Batu, pada Rabu (16/12) pagi.

Batu – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melaksanakan Sosialisasi Program Pembangunan Keluarga Bersama Mitra Kerja Tahun 2020, di Kelurahan Ngaglik, Kota Batu, pada Rabu (16/12) pagi. Hadir secara virtual dalam sosialisasi ini Anggota Komisi IX DPR RI Krisdayanti, yang merupakan mitra kerja strategis BKKBN.

Kepala Balai Diklat KKB Malang, Nyigit Widi Amini menjelasakan, sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap program Pembangunan Keluarga, Kependudukan Dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) yang merupakan re-branding dari program BKKBN sebelumnya.

Baca Juga ----------------------------

“Ada fenomena pentinya sosialisasi dan edukasi program Bangga Kencana kepada masayarakat, khususnya generasi muda yang menjadi sasaran utama program ini. Generasi muda yang dimaksud adalah mereka yang berusia 10-24 tahun dan belum menikah,” ujarnya.

Melalui sosialisasi ini, pihaknya juga  ingin menggalang komitmen para mitra, khususnya Komisi IX DPR RI untuk bersama-sama membangun kesadaran masyarakat, khususnya generasi muda untuk mempersiapkan diri menjadi generasi emas ditengah tantangan yang semakin besar pula.

“Harapanya remaja tau bagaimana menjadi remaja berkualitas dan bisa menyiapkan kehidupan berkeluarga yang baik, sehingga generasi emas dan berkualiatas di masa depan bisa kita wujudkan,” pungkasnya.

Sementara Anggota Komisi IX DPR RI Krisdayanti menyambut baik kegiatan ini, sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam  mewujudkan SDM unggul.

“BKKBN dengan program  Bangga Kencana  telah mengambil peran yang nyata dalam menyiapkan SDM unggul,” kata Krisdayanti yang bergabung lewat sambungan zoom Rabu(16/12).

Anggota Komisi IX DPR RI Krisdayanti hadir secara virtual dalam Sosialisasi Program Pembangunan Keluarga Bersama Mitra Kerja Tahun 2020, di Kelurahan Ngaglik, Kota Batu.

Menurut KD, sapaan akrabnya,  anak-anak muda sebagai generasi penerus bangsa harus disiapkan dengan bekal yang cukup, terutama dalam membangun keluarga melalui pernikahan. Tujuanya agar kehidupan pernikahan  berjalan sesuai yang diharapkan. Yang terpenting baginya adalah kesiapan mental dan pengetahuan sebelum menikah.

“Saya ingat pesan bapak kita ya, menikah  bukan bagaimana nanti,  tapi nanti bagaimana. Jadi mental dan kemampuan mengurus anak , mengurus rumah tangga, dan cara berkomunikasi dengan baik pada mertua  perlu ditanamkan kepada generasi muda,” ujar perempuan kelahiran Batu ini.

Anggota DPR RI Dapil Malang Raya ini juga menyinggung program Kampung KB yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo sejak tahun  2016 lalu. Kampung KB merupakan salah satu “senjata pamungkas” pemerintah dalam mengatasi masalah kependudukan, terutama di wilayah-wilayah yang belum terjangkau  pandangan pemerintah, karena berbasis kemandirian masyarakat.

“Semoga kampung KB mandiri berbasis gotong-royong semakin banyak digalakan masyarakat. Kampung KB sangat penting untuk sosialisasi sex bebas dan bagaimana  memabangun rumah tangga. Selama ini pendidikan sex di Indonesia hanya sebatas reproduksi, sehingga perlu ditingkatkan, supaya lebih menyeluruh dan lebih luas,” kata KD.

Dengan begitu, pelantun “Menghitung Hari” ini berharap, generasi muda bisa terhindar dari bahaya sex bebas, bisa mempersiapakan pernikahan dengan tepat di usia yang tepat, dan memiliki kehidupan yang berkualitas dalam keluarga dan bermasyarakat.(ryn/anw)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post — Kota Batu bakal menjadi sentra pembibitan jeruk purut di Indonesia. Hal ini menyusul permintaan ekspor jeruk purut yang sangat tinggi. Saat ini...

Malang Raya

Malang Post – Tim tracer Covid-19 Kota Malang menggelar tracing kasus di Jalan Kolonel Sugiono IV, Kelurahan Ciptomulyo, Sukun Kota Malang. Rabu, 20 Oktober...

headline

Malang Post — Kota Malang sudah masuk PPKM Level II, sesuai Inmendagri Nomor 53 Tahun 2021. Beberapa kampus mulai mengajukan Perkuliahan/Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Meski...

headline

Malang Post — Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Advokat Republik Indonesia (DPP PARI) menggelar silaturahmi antar advokat, Rabu (20/10/2021). Bertempat di RM Javanine, Jl Pahlawan Trip...

Pendidikan

Malang Post — Sejarah baru kembali ditorehkan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kali ini Program studi (Prodi) Agribisnis, Fakultas Pertanian dan Peternakan UMM yang mencatatkan tinta...

Pendidikan

Malang Post — Dharma Wanita Persatuan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (DWP UIN Maliki) makin giat membina sekaligus menjalin keharmonisan antar anggotanya. Meski masih dalam...

News

Malang Post — Kepanikan terjadi, Selasa (19/10/2021) malam di sebuah rumah milik Semiati warga RT 03/RW 01 Desa/Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang. Sebuah tabung LPG 3...

News

Malang Post — Sehari sudah, tim gabungan SAR Malang Raya mencari keberadaan Paino (56) pemancing yang terhanyut saat sungai Brantas mendadak berarus deras. Selasa (19/10/2021)...