Connect with us

Hi, what are you looking for?

Advertorial

Tips Sembuh dari Covid-19, Sutiaji : Kuncinya Jaga Pikiran dan Tingkatkan Imun

TRIO: Wasto, Sutiaji dan Sofyan Edi Jarwoko dalam sebuah kegiatan. Lantaran Kota Malang kembali ke zona merah, berbagai regulasi baru dikeluarkan walikota. (DI’s Way Malang Post)

Malang – Wali Kota Malang, Drs H Sutiaji, dan Sekda Kota Malang, Drs H Wasto SH MH, telah beraktivitas kembali sejak Jumat (11/12), setelah sembuh dari Covid-19. Mereka benar-benar rindu beraktivitas setelah selama dua minggu menjalani isolasi mandiri. Kompak sembuh dan menjemput kebugaran, hari pertama beraktivitas keduanya pun nggowes bareng sambil meninjau proyek-proyek besar yang hampir rampung.

Sutiaji mengumumkan dia positif Covid-19 pada Selasa (1/12). Namun, seminggu sebelumnya Sutiaji sudah menjalani isolasi mandiri. Kemudian, pada Rabu (2/12) Wasto juga dinyatakan positif Covid-19. Keduanya sembuh dari Covid-19 pada Senin (7/12). Hasil tes swabnya menunjukkan hasil negatif.

Baca Juga ----------------------------

Apa kunci Walikota Sutiaji sembuh dari Covid-19? Sutaiji pun memaparkan tipsnya, Menurut Sutiaji, kuncinya adalah bahagia. Sutiaji mengaku beruntung. Karena ketika dinyatakan positif Covid-19,dia langsung melakukan isolasi mandiri dan mendapat penanganan yang tepat.”Saya termasuk orang yang bergejala dan miris,”ungkap Sutiaji kepada DI’s Way Malang Post, kemarin.

Dari cerita Sutiaji, Covid-19 yang dideritanya telah membuat jantungnya bengkak. Nafasnya tersengal-sengal. Sempat menimbulkan flek di paru-paru.Ketika melewati masa isolasi, Sutiaji sempat terbayang kematian. Bayangan dari orangtua juga sempat menghampirinya.

“Ketika terpapar, bayangan kami adalah kematian. Ditemui orangtua saya, nenek saya, dalam tidur itu kayaknya datang semua,”kata Sutiaji.

Kunci kesembuhannya adalah merasa bahagia. Sekali lagi ditegaskannya, menjaga pikiran juga ikut membantu proses pemulihannya. Tak lupa ramuan dan obat yang menguatkan imun juga dia konsumsi secara teratur untuk membantu proses pemulihan. Karena daya tahan tubuh itu penting untuk diberi asupan nutrisi dalam masa pemulihan.

Seminggu isolasi mandiri, Sutiaji mengaku bahwa dia terinspirasi dari seorang pasien Covid 19 berusia 67 tahun yang berhasil sembuh. Semangatnya pun kembali muncul, dan hasilnya sekarang bisa dilihat publik bahwa Walikota Sutiaji telah sembuh.

“Di usia 67 dia berhasil sembuh. Maka saya harus berhasil. Dan alhamdulillah saya bisa melewati masa-masa kritis itu,”paparnya.

Kini dalam aktivitasnya, Walikota Sutiaji selalu mengampanyekan pesan salam sehat selalu dan disiplin protokol kesehatan (prokes) 3 M. Yaitu, memakai masker, rajin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, dan menjaga jarak, serta menghindari kerumunan.

Setelah sebelumnya meninjau proyek-proyek yang hampir rampung, Senin (14/12) Walikota Sutiaji juga meninjau persiapan rumah sakit lapangan yang akan mulai beroperasi minggu depan.RS lapangan itu sebagai solusi untuk mengatasi kasus Covid-19 yang naik signifikan dalam seminggu terakhir.

Walikota Sutiaji mengatakan, persiapan RS lapangan dengan kapasitas 306 orang sudah mencapai 98 persen. “Mulai minggu depan diaktifkan. Tinggal general cleaning  yang akan lebih ditingkatkan,” terangnya.

Banyak fasilitas yang ditambahkan di RS lapangan untuk mengurangi stress pasien, mulai dari smart TV, jogging track, karaoke, hingga kafe 24 jam. “Agar pasien semaksimal mungkin bisa enjoy, sehingga bisa happy dan lebih bisa menjaga imun yang masuk di sini,“ pungkasnya.(nyk/ekn/Adv)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Sebagai upaya untuk mencegah penularan Covid-19 serta sejalan dengan program pemerintah pusat yang mulai melaksanakan vaksinasi bagi pelajar.  Ketua Yayasan Kartika...

headline

Malang Post — Beredarnya video jajaran Pemkot Malang bersepeda dan diduga memaksa memasuki Pantai Kondang Merak yang tutup, viral di media sosial. Kejadian berlangsung Minggu...

Pendidikan

Malang Post — Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang memperpanjang waktu penerimaan mahasiswa baru hingga 30 September 2021 mendatang. Kabar perpanjangan waktu penerimaan mahasiswa baru ITN Malang...

Pendidikan

Malang Post — Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak menyampaikan kebijakan di sektor pertanian harus memiliki sudut pandang agribisnis policy. Dinilai sangat penting, utamanya...

Malang Raya

Malang Post – Dalam upaya mendukung Pemerintah memutus mata rantai penuebaran Covid 19, Kodim 0833/Kota Malang menggelar serbuan Vaksinasi Dosis 2, bertempat di gedung...

Pendidikan

Malang Post – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, terus menggeber kerjasama di berbagai bidang. Kali ini UIN Malang melebarkan sayapnya melalui...

Malang Raya

Malang Post – Pemkab Malang terus berupaya agar produk lokal go Internasional. Hal ini dilakukan untuk menggenjot penjualan produk lokal. Bupati Malang Drs HM...

Kriminal

Malang Post – Pelaku curanmor terus beraksi mencari sasaran di Kota Malang. Kali ini Jumat  (17/9/2021)  pelaku beraksi di depan warung Soto Cak Son Jl ...