Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

Desa Bersinar, Lindungi Warga dari Narkoba

PERANGI NARKOBA: Walikota Batu, Dewanti Rumpoko menghadiri Kampanye Gelar Seni Anti Narkoba Menuju #hidup 100 persen, sekaligus pencanangan Desa Bersinar Oro-oro Ombo.( Foto: Ananto/HARIAN DI’S WAY MALANG POST)

Batu – Peredaran dan penyalahgunaan narkoba masih marak. Bahkan Merambah hingga pelosok desa. Badan Nasional Narkotika (BNN) meluncurkan program Desa Bersih Narkoba (Bersinar). Tujuannya, memberantas peredaran narkoba dan melindungi masyarakat pedesaan. 

Demi suksesnya program ini, BNN menggandeng Kementrian Desa (PDTT) dan Kemendagri. Agar program ini, bisa tersebar luas hingga desa terpencil di Indonesia. 

Baca Juga ----------------------------

Saat ini, di Kota Batu baru satu desa yang ditetapkan Desa Bersinar oleh BNN Kota Batu. Adalah Oro-oro Ombo. Kedepannya akan ditetapkan lagi empat desa/kelurahan. Yaitu, Desa Pendem, Desa Pesanggrahan, Desa Mojorejo serta Kelurahan Songgokerto.

“Desa Oro-oro Ombo ditetapkan sebagai Desa Bersinar, sudah tiga tahun lalu. Melalui SK Walikota Batu. Desa tersebut mengalokasikan anggarannya dalam upaya melindungi masyarakat dari peredaran narkotika,” ungkap Kasi P2M BNN Kota Batu, Edi HK kepada DI’s Way Malang Post. 

Pemdes Oro-oro Ombo tahun ini menganggarkan Rp 35 juta. Digunakan untuk kegiatan pokja Desa Bersinar. Telah terbentuk IBM, relawan dan penggiat. Fungsinya pokja, datang ke setiap RT/RW untuk mensosialisasikan bahaya narkoba dan membangun kesadaran masyarakat. 

“Pokja yang dibentuk memiliki fungsi preventif. Bisa melakukan tindakan represif. Namun terukur. Mereka juga bisa melakukan penangkapan kepada seseorang yang terbukti menyalahgunakan narkotika. Namun proses penyelidikan diserahkan kepada BNN bersinergi dengan Polres,” jelasnya. 

Indikator keberhasilan, kata Edi, setiap desa/kelurahan harus memiliki tekad untuk melindungi warganya, yang berasal dari bahaya narkoba. Dana dikucurkan dari APBDes. Dasar hukumnya Inpres nomor 6 tahun 2018 dan Permendes nomor 14 tahun 2020.

“Bisa memakai APBDes. Baik itu DD/ADD ataupun dari CSR perusahaan,” tutur Edi yang nantinya akan menjabat sebagai Plt Kepala BNN Kota Batu.

Indikator keberhasilan desa bersinar lainnya adalah, meningkatnya angka pelaporan masyarakat terhadap penyalahgunaan narkoba. Melalui hal itu, dapat menunjukan jika masyarakat proaktif. 

“BNN Kota Batu terus mendorong agar Desa Bersinar bisa dibentuk di seluruh Kota Batu. Suatu desa/kelurahan ditetapkan sebagai Desa Bersinar, ketika mereka memiliki kemauan dan komitmen. Dalam membangun kesadaran dan melindungi masyarakat dari ancaman bahaya narkoba,” paparnya

Desa Bersinar dijalankan secara partisipatif, terpadu dan berkelanjutan berbasis pendayagunaan sumberdaya di desa. Desa akan membentuk pokja desa bersinar yang terdiri dari unsur perangkat desa, linmas, tokoh masyarakat dan organ kepemudaan. 

Secara sinergis, mereka membangun ketahanan dari ancaman narkoba dimulai dari tiap individu. Setelah itu, ketahanan generasi muda dan membangun ketahanan keluarga. Sehingga desa memiliki ketahanan desa dan menangkal segala kontaminasi narkoba.

Walikota Batu, Dewanti Rumpoko menghadiri Kampanye Gelar Seni Anti Narkoba Menuju #hidup 100 persen. Sekaligus mencanangkan Desa Bersinar Oro-oro Ombo. Dia mengatakan, bahaya keterlibatan narkoba menjadikan kekuatiran akan kualitas generasi muda.

“Maka dari itu marilah kita jaga ketahanan keluarga sebaik-baiknya. Selain itu, terdapat beberapa hal selain narkoba. Seperti pergaulan bebas. Serta keterlibatan aliran-aliran radikal,” ujar Dewanti. 

Tak lupa, ia berpesan. Jika ketahanan keluarga sangat penting untuk kelangsungan generasi bangsa. “Mari kita semua menerapkan ketahanan keluarga kita bersama-sama. Harapannya, mampu mencetak generasi unggul. Untuk menggantikan orang-orang hebat yang saat ini sedang memimpin  bangsa kita,” harapnya. (ant/jan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang Post- Soal kasus rombongan “Gowes”  Walikota Malang, Sutiaji dan jajaran OPD ke Pantai Kondang Merak, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang Minggu (19/9) lalu, memang sudah...

Malang Raya

Malang Post – Stiker Presiden RI Joko Widodo dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo serta tulisan ajakan memakai masker terpampang jelas di mobil dinas milik...

News

Malang Post — Kabar duka dari Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang, Kamis (23/9/2021) sore. Seorang mahasiswa semester akhir, tewas akibat mengalami kecelakaan di Bululawang....

Malang Raya

Malang Post — Angin kencang, Kamis (23/9/2021) jelang petang menghempas wilayah Desa Sumbersuko, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang. Satu rumah rusak berat sementara 5 lebih lainnya...

News

Malang Post – Jajaran Reskrim Polsek Bululawang, menahan dua pelaku kasus narkoba. Satu pemakai dan seorang lagi pengedar. Rentang tiga jam saja, anggota meringkus dua...

News

Malang Post – Resiko adiksi narkoba Sabu Sabu (SS) bisa masuk penjara dan berurusan dengan polisi. Seperti dialami pemuda Wagir. Kamis (23/9/2021) siang tampak berada...

Malang Raya

Malang Post – Memberikan layanan prima kepada masyarakat, tetap dilakukan Bapenda Kota Malang di tengah pandemi. Melalui program Bapenda Sambang Kelurahan jilid II. Kali ini giliran Kelurahan Samaan...

News

Malang Post — Hati-hati saat berkendara di jalur rawan kecelakaan, seperti di jalur Kuncoro atau sepanjang jalur Sumberpucung. Rabu (22/9/2021) siang, seorang pengendara bermotor tewas...