Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

Hujan Deras, Plengsengan di Temas Ambrol

RESPON CEPAT: Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso memimpin BPBD, Dinas PUPR dan Muspika Batu, Senin (30/11/2020) melakukan pengukuran untuk perbaikan.

Batu – Tingginya intensitas hujan belakangan ini melanda Kota Batu. Akibatkan ambrolnya plengsengan karena tergerus aliran air. Kejadian itu berada di RT 05 RW 04 Kelurahan Temas, Kota Batu. 

Ambrolnya plengsengan itu terjadi Minggu (29/11). Saat hujan deras guyur Kota Batu mulai siang hingga malam. Bahkan longsornya plengsengan itu merembet hingga ke bahu jalan. Dimensi kerusakan sepanjang 7,5 meter, lebar 2 meter dan tinggi 5,5 meter. Serta keretakan plengsengan sepanjang 11,5 meter. 

Baca Juga ----------------------------

Longsornya plengsengan itu, ditinjau Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso, Senin (30/11). Bersama BPBD, Dinas PUPR serta Muspika Batu. 

“Kemarin (Minggu, 29/11) sudah dilakukan peninjauan oleh instansi terkait. Hari ini kami mulai bertindak untuk melangsungkan perbaikan,” ungkapnya kepada DI’s Way Malang Post. 

Lanjut Punjul, dinas teknis telah melakukan pengukuran objek perbaikan untuk mengetahui kebutuhan material. Perbaikan plengsengan menggunakan anggaran dana belanja tak terduga (BTT) karena kerusakan disebabkan oleh peristiwa alam. Sehingga bisa dikategorikan sebagai dampak bencana. 

“Musim hujan sangat riskan dengan munculnya potensi bencana. Karena wilayah Kota Batu dengan kontur berbukit. Sangat rawan terjadi bencana hidrometorologi seperti tanah longsor,” jelasnya. 

Maka dari itu, kata Punjul, kita semua harus senantiasa selalu siaga. Agar tak terjadi dampak kerugian yang semakin besar. Apalagi saat musim penghujan seperti saat ini. Sangat memerlukan kesiagaan yang lebih ekstra. 

Kepala DPUPR Kota Batu, Alfi Nurhidayat menyampaikan, pihaknya akan langsung melakukan penanganan terhadap plengsengan yang longsor itu. Kini timnya sedang melakukan pemetaan skala kerusakan untuk perencanaan pembangunan. Dirinya menargetkan pada akhir tahun nanti perbaikan plengsengan telah rampung. 

“Sehingga setelah pengerjaan itu selesai jalan bisa difungsikan lagi. Mengingat plengsengan itu longsor meninggalkan lubang selebar 2 meter dengan kedalaman 5,5 meter pada bahu jalan,” jelasnya. 

Dijelaskan dia, jika penanganan plengsengan ini bersifat urgen. Oleh sebab itu BPBD akan ikut serta membantu menyediakan material. Sedangkan DPUPR melakukan perhitungan menentukan kebutuhan material dan eksekusi pembangunan. 

“Kontur tanah Kota Batu sangat riskan mengakibatkan musibah tanah ambles. Apalagi saat ini sedang musim penghujan. Maka dari itu kunci terpenting adalah mengantisipasi kerugian lebih besar. Dengan cara melalu respon cepat dalam melakukan penanganan,” tandasnya. 

Karena bencana alam tak bisa dihindari. Respon cepat merupakan kewajiban sebagai bagian dari upaya mitigasi. Sehingga dapat menunjukkan pemerintah hadir demi keselamatan masyarakat. (ant/jan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Kodim 0833 Kota Malang melakukan berbagai upaya untuk tingkatkan imun di masa pandemi covid-19. Jumat (17/9), Komandan Kodim 0833/Kota Malang Letkol...

Malang Raya

Malang Post – Pemkab Malang gelar Vaksinasi Massal untuk pelajar bertajuk”Indonesia Sehat, Indonesia Hebat”. Bersinergi bersama Badan Intelijen Negara (BIN). Dihadiri Bupati Malang HM...

News

Malang Post —  Musibah menimpa karyawan Koperasi Simpan Pinjam Delta Surya Purnama cabang Purwosari Pasuruan. Rabu (15/9/2021) siang di Jl Raya Songsong Ardimulyo Singosari...

Malang Raya

Malangpost – Wakil Wali (Wawali) Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko memantau langsung vaksinasi untuk warga Kelurahan Gading Kasri dan pedagang Pulosari. Sofyan Edi hadir...

Malang Raya

Malang Post — Dugaan korupsi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kembali mencuat.  Kali ini di Desa Selorejo Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Malang Corruption Watch (MCW)...

Pendidikan

Malang Post — Ratusan siswa-siswi SMPN 01 Donomulyo Kabupaten Malang menjalani vaksinasi di lingkungan sekolahnya. Ini dilakukan untuk membentengi diri dari paparan virus Covid-19 dan...

News

Malang Post — Seorang pengendara sepeda motor tergeletak masih memakai jas hujan dan helm, Minggu (12/9/2021) pagi di Jl Raya Gadang. Tepatnya di selatan perempatan...

News

Malang Post — Salip mobil dengan ruang kurang atau berhaluan terlalu ke kanan, kadang berbahaya dan menyebabkan musibah tabrakan.  Jumat (10/9/2021) pukul 14.45, tabrakan keras...