Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

BEM UMM Gelar Besment

Suasana Besment yang dilakukan BEM UMM. (istimewa)

Malang Post — Rangkaian panjang program Belajar Sehat Mental (Besment) yang digelar Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (BEM UMM) telah ditutup Minggu (24/10/2021). Berlokasi di Gang Muharto, Kota Lama Malang, BEM UMM kali ini menggandeng Rumah Belajar Jaringan Kemanusiaan Jawa Timur (JKJT) serta Laboratorium Psikologi Terapan Keluarga dan Anak (LPTKA).

Setelah mengajak anak-anak bermain dan belajar dua kali seminggu sejak awal Oktober, kini BEM UMM mengajak para ibu untuk hadir dan berbincang.

Baca Juga ----------------------------

Yorinda Nur Azizah, selaku ketua panitia mengaku selama sebulan mengabdi, ia dan tim merasa senang, Apalagi melihat antusiasme anak-anak yang tinggi.

“Anak-anak sangat bersemangat dan mengiktui setiap rangkaian kegiatan yang telah disediakan. Kami berharap program ini dapat menggugah banyak orang agar lebih peduli dengan kesehatan mental. Dengan begitu tema ‘Penerus Bangsa Berawal dari Mental yang Sehat dan Kuat’ dapat terlaksana,” tegasnya.

Berbeda dengan sebelumnya yang menyasar pada anak-anak, pada Parents Day tersebut, dilakukan diskusi para ibu dari rumah belajar JKJT.

Pada kesempatan itu Siti Fatimah S.Ag., M.Si. dari LPTKA membahas terkait tumbuh kembang anak. Begitupun dengan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam masa perkembangan tersebut.

Ia juga menekankan pentingnya kesehatan mental. salah satu caranya dengan menjaga emosi, tidak hanya emosi orang tua saja tapi juga emosi anak.

“Harapannya, dengan berdiskusi seperti ini, pra orang tua bisa lebih mudah memahami konsep kesehatan mental menlalui pengelolaan emosi sehari-hari, khususnya dalam mendidik anak,” tuturnya. 

Sementara itu, salah satu ibu, Marhamah mengatakan bahwa ia mengajarkan banyak hal kepada anaknya. Mulai dari bangun tidur, sekolah, bermain, mengaji hingga tidur lagi.

Beberapa kali anaknya sulit memahami hal yang ia ajarkan. Seringkali mereka memecahkan piring dan gelas, malas mengerjakan PR dan kesalahan kecil lainnya.

“Tidak jarang saya kesal dan memarahinya. Namun, berkat program ini saya memahami bahwa emosi orang tua dalam mendidik anak sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak, terutama mentalnya”, ujarnya.

Terakhir, dr Veny Mayangsari, Sp.JP. selaku penanggung jawab Rumah Belajar JKJT menjelaskan. Kesehatan mental harus dilatih sejak dini. Hal itu tidak lepas dari efeknya akan pembentukan suatu karakter pada anak.

Utamanya saat anak sudah mulai belajar menganalisa perilaku orang lain ataupun belajar mengenai bahasa.

“Semoga melalui Besment ini, anak-anak bisa belajar menghargai orang lain. Saling berbagi dan juga bertumbuhnya karakter baik dalam diri mereka,” pungkasnya. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post —  Saat Pandemi Covid-19 ini, terdapat tiga peran penting Polri, yaitu Pengawasan, Pencegahan dan Percepatan Vaksinasi. Panic Button On Hand (PBOH) milik...

Malang Raya

Malang Post —  Keberadaan warga lanjut usia (lansia) turut menjadi perhatian Pemkot Malang. Upaya dalam pemenuhan hak-hak hingga fasilitas lansia terus digencarkan guna mewujudkan...

Wisata

Malang Post —  Selalu dikenal dengan misi mengangkat kembali sejarah Indonesia yang terlupakan, Tugu Hotels & Restaurant telah menjadi ikon dunia pariwisata Indonesia di...

Malang Raya

Malang Post – Babinsa Kelurahan Pandanwangi Pelda Slamet dan Serka Suyitno memberangkatkan relawan menuju Semeru. Relawan tersebut berasal dari warga Pandanwangi yang bertugas mengantarkan...

Malang Raya

Malang Post – Lanal Malang menghelat serbuan vaksin di RW 09 Kelurahan Oro Oro Dowo Kecamatan Klojen. Selasa (7/12), tim nakes dari Lanal Malang...

Malang Raya

Malang Post – Selasa 7 Desember 2021, tim vaksinasi di Kota Malang menggelar penyuntikan di kawasan RW 04 Kelurahan Mulyorejo Kecamatan Sukun Kota Malang....

News

Malang Post — Sejumlah penambang pasir berhasil menyelamatkan saat lahar dingin mengaliri sungai dekat Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang. Ada 1 sopir...

Malang Raya

Malang Post — Beberapa waktu lalu, rencana pembangunan cold storage senilai Rp 16 miliar di Kelurahan Dadaprejo, Kota Batu disoal dewan. Kini pembangunan cold storage...