Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ekobis

 Temu Responden BI Malang: Dorong Ekonomi Kreatif Berbasis Digital

Kepala Perwakilan BI Malang, Azkha Subhan

Malang Post — Dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pokok Bank Indonesia memerlukan berbagai macam data/informasi yang lengkap, cepat, akurat dan mudah diakses mengenai kondisi perekonomian, baik dari sisi permintaan maupun penawaran.

Salah satu cara utama untuk mendapatkan data/informasi dimaksud adalah dengan melaksanakan survei dalam rangka mendukung perumusan kebijakan Bank Indonesia dan fungsi advisory.

Baca Juga ----------------------------

Dengan adanya berbagai survei tersebut, terbentuk sinergi antara Bank Indonesia dengan dunia usaha. Sebagai bentuk apresiasi atas kerjasama yang telah terjalin selama ini dengan stakeholder utama maupun responden, Bank Indonesia Malang kembali melakukan kegiatan Temu Responden.

Acara ini dikemas dalam creative talk bertema “Mendorong Ekonomi Kreatif Berbasis Digital sebagai New Source of Growth”.  Diselenggarakan Kamis 28 Oktober 2021.

Tujuan dari kegiatan temu responden ini, adalah untuk meningkatkan hubungan baik dan sebagai wujud apresiasi kepada pelaku usaha. Khususnya kontak liaison dan responden survei yang telah membantu penyediaan data dan informasi yang diperlukan Bank Indonesia.

Juga sebagai sarana sharing knowledge kepada peserta. Seminar tersebut menghadirkan narasumber Remaja Tampubolon (motivational speaker). Dalam creative talk tersebut beliau menyampaikan untuk melihat potensi baru di berbagai sektor ekonomi, tidak berkutat pada kekuatan inti.

Tidak lupa juga disampaikan ajakan untuk bersama-sama mengambil peran dalam membangun perekonomian. Khususnya di wilayah kerja Bank Indonesia Malang. Kemudian memberikan dorongan untuk peserta untuk berfokus pada akselerasi dari new normal menjadi better normal.

Menghadapi tantangan dimasa yang akan datang, dituntut untuk berpikir dan berparadigma dalam melihat dan menciptakan new sources of growth. Hal ini tentunya harus diperkuat dengan elemen sustainability yang mengedepankan inovasi dan pengoptimalan generasi produktif/milenial tanpa meninggalkan strategi dasar lainnya.

Terdapat tiga sektor yang menjadi prioritas new sources of growth. Antara lain: (1) ekonomi kreatif dan UMKM; (2) pariwisata dan (3) ekonomi syariah. 

Dalam hal ini, sektor ekonomi kreatif di wilayah kerja Malang cukup diunggulkan dan memiliki daya saing yang cukup kuat, mengakselerasi pemulihan ekonomi dan mendukung pertumbuhan.

Selanjutnya, tren digitalisasi terbukti mengubah perilaku transaksi masyarakat dalam perekonomian dengan tuntutan mobilitas, kecepata dan fleksibilitas (open and omni platform) yang lebih besar, serta keamanan yang lebih terjamin.

“Di samping itu, melalui digitalisasi sistem pembayaran, akan meningkatkan preferensi dan akseptasi masyarakat terhadap teknologi digital yang akan semakin mendorong pesatnya transaksi ekonomi berbasis digital, akselerasi perkembangan financial technology, dan digital banking dimasa mendatang,” ujar Azkha Subhan A, Kepala Perwakilan BI Malang.

Kegiatan diakhiri dengan penampilan guest star, Marcell Siahaan. Dilanjutkan dengan pemberian apresiasi berupa penghargaan terhadap responden yang memiliki kriteria keakurasian dan kelengkapan data, ketepatan waktu penyampaian data dan kuesioner, serta kontinuitas respon atas permintaan. (*yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Wisata

Malang Post — Pariwisata kota Malang dan sekitarnya mulai mengeliat kembali pasca kelonggaran PPKM oleh pemerintah. Akhir tahun 2021 Atria Hotel Malang melaunching promo Food...

News

Malang Post – Musibah menimpa warga Pakis selepas takjiah dan melaju kencang untuk berangkat kerja, Kamis (2/12/2021) pagi di Jalan Raya Ampeldento, Kecamatan Pakis,...

Pendidikan

Malang Post — Ikatan  Guru Taman Kanak-kanak (IGTKI) Persatuan Guru Republik Indonesia menggelar tasyakuran dalam memperingati Hari Guru ke-76. Melalui zoom meeting dengan Bupati Malang...

Pendidikan

Malang Post — Tingkat potensi bencana yang dimiliki Indonesia cukup tinggi. Melihat hal itu, Laboratorium Psikologi Terapan (LPT) Psikososial Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melangsungkan pelatihan...

News

Malang Post — Warga Kota Malang dihebohkan dengan viralnya postingan curhat di media sosial (Facebook) yang menimpa seorang lelaki. Ia mengaku telah mengalami kebutaan pasca...

headline

Malang Post — Bantuan ke Joko Santoso (38) warga Jl Burung Gereja No. 1A, RT 02 RW 02, Kelurahan Arjowinangun, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, mulai...

Malang Raya

Malang Post – Puluhan warga lanjut usia (lansia) Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing Kota Malang menjalani vaksinasi. Babinsa Pandanwangi, Pelda Slamet Wahyudi mengabarkan, perangkat kelurahan...

headline

Malang Post — Besaran upah minimum kabupaten/kota (UMK) tahun 2022 di Jawa Timur sudah didok oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Selasa (30/11/2021) kemarin. Penetapan UMK...