Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Prodi Agribisnis UMM Raih Akreditasi Unggul BAN-PT

Kerja keras tim Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian dan Peternakan UMM ini, menghasilkan raihan Akreditasi Unggul. (istimewa)

Malang Post — Sejarah baru kembali ditorehkan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kali ini Program studi (Prodi) Agribisnis, Fakultas Pertanian dan Peternakan UMM yang mencatatkan tinta emas. Meraih Akreditasi Unggul dari BAN-PT pertengahan Oktober 2021.

Sebagai pengingat, akreditasi menjadi tolok ukur perguruan tinggi memiliki mutu pendidikan yang baik. Perguruan tinggi yang terakreditasi oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) pasti sudah tidak diragukan lagi kualitas pendidikannya. Sehingga kompetensi mahasiswanya pun sesuai dengan standar pendidikan.

Baca Juga ----------------------------

Selain itu, fungsi akreditasi kampus dan program studi (prodi) juga diperlukan sebagai syarat umum dalam melamar pekerjaan di institusi pemerintahan. Seperti pegawai negeri, BUMN, perusahaan swasta hingga multinasional.

Prodi yang sebelumnya menyandang akreditasi A ini, sekarang naik kelas menjadi Akreditasi Unggul. Ini setelah prodi Agribisnis mengajukan Suplemen Konversi Prodi. Akreditasi Unggul ini, menjadi pengakuan pihak luar terhadap kualitas pendidikan dan penunjang lain di Prodi Agribisnis.

Sertifikat dari BAN-PT sebagai bukti Prodi Agribisnis telah memiliki Akreditasi Unggul. (istimewa)

Berdasarkan Permendikbud Nomor 5 Tahun 2020 dan Peraturan BAN-PT Nomor 1 Tahun 2020, terjadi pergeseran konversi peringkat yang awalnya A, B dan C menjadi Unggul, Sangat Baik, dan Baik.

Perihal kabar tersebut, Livia Windiana, SP. M.Agr, Sekretaris Prodi Agribisnis,  Senin (18/10/2021) menjelaskan. Pihaknya sejak awal menyiapkan berbagai persyaratan pemenuhan predikat unggul.  

“Pemenuhan Instrumen Suplemen Konversi (ISK) ini wajib dipenuhi agar akreditasi yang awalnya A menjadi Unggul,” ujar Livia.

Terdapat empat unsur kriteria ISK yang telah disiapkan dan dipenuhi, yaitu: unsur dosen tetap, kurikulum, penjaminan mutu internal dan pelacakan lulusan.

Akreditasi Unggul ini, bagi prodi Agrisbisnis dimaknai bukan sebuah sertifikat saja. Namun sebuah bentuk cerminan sivitas akademika dalam menjalankan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi sehari-hari.

Sementara itu, Ketua Prodi Agribisnis Dr Ir Istis Baroh, MP juga menyambut gembira kabar tersebut.

“Semoga dengan diraihnya Akreditasi Unggul ini, mutu dan pelayanan serta kapabilitas dari mahasiswa dan alumni bisa diandalkan ke depannya, menghadapi Revolusi Industri 4.0”, ungkapnya dengan bahagia.

Dr Istis Baroh menyatakan, untuk mempertahankan Akreditasi Unggul ini, pihaknya akan berkelanjutan menjaga kualitas kurikulum. Pastinya, disesuaikan dengan kebutuhan pendidikan terkini. Caranya, berkolaborasi dengan stake holder. Sehingga kurikulum tidak monoton.

Selain itu, melakukan upgrade kualitas SDM, peningkatan kualitas pelayanan untuk mahasiswa dan alumni, kualitas sarana dan prasarana juga perlu dilakukan.

“Mahasiswa juga dilibatkan aktif dalam penelitian dan pengabdian dosen”, tutupnya. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post —  Saat Pandemi Covid-19 ini, terdapat tiga peran penting Polri, yaitu Pengawasan, Pencegahan dan Percepatan Vaksinasi. Panic Button On Hand (PBOH) milik...

Malang Raya

Malang Post —  Keberadaan warga lanjut usia (lansia) turut menjadi perhatian Pemkot Malang. Upaya dalam pemenuhan hak-hak hingga fasilitas lansia terus digencarkan guna mewujudkan...

Wisata

Malang Post —  Selalu dikenal dengan misi mengangkat kembali sejarah Indonesia yang terlupakan, Tugu Hotels & Restaurant telah menjadi ikon dunia pariwisata Indonesia di...

Malang Raya

Malang Post – Babinsa Kelurahan Pandanwangi Pelda Slamet dan Serka Suyitno memberangkatkan relawan menuju Semeru. Relawan tersebut berasal dari warga Pandanwangi yang bertugas mengantarkan...

Malang Raya

Malang Post – Lanal Malang menghelat serbuan vaksin di RW 09 Kelurahan Oro Oro Dowo Kecamatan Klojen. Selasa (7/12), tim nakes dari Lanal Malang...

Malang Raya

Malang Post – Selasa 7 Desember 2021, tim vaksinasi di Kota Malang menggelar penyuntikan di kawasan RW 04 Kelurahan Mulyorejo Kecamatan Sukun Kota Malang....

News

Malang Post — Sejumlah penambang pasir berhasil menyelamatkan saat lahar dingin mengaliri sungai dekat Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang. Ada 1 sopir...

Malang Raya

Malang Post — Beberapa waktu lalu, rencana pembangunan cold storage senilai Rp 16 miliar di Kelurahan Dadaprejo, Kota Batu disoal dewan. Kini pembangunan cold storage...