Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Gandeng DUDI, Teknik Mesin UMM Siapkan Kelas Welding Inspector

Prosesi penandatanganan Program Studi Teknik Mesin UMM dengan pelaku Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). (Foto: Istimewa)

Malang Post – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) terus mengembangkan cita-cita center of excellence-nya. Dalam upaya meningkatkan kualitasnya sebagai universitas Islam terbaik dunia.

Kali ini giliran Program Studi Teknik Mesin. Kembali menggaet beberapa pelaku Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) melalui Memorandum of Understanding (MoU) dan lokakarya.

Baca Juga ----------------------------

Beberapa perusahaan yang digaet adalah PT Spindo, PT Barata Indonesia, PT PAL dan Lloyd’s Register Asia. Adapun agenda tersebut digelar pada Sabtu (11/9/2021) lalu di hotel Amarta Hills, Batu. 

Mengawali agenda, Iis Siti Aisyah ST MT P.hD selaku ketua panitia menuturkan. Sebelumnya mereka telah berkoordinasi dan berkomunikasi sejak lama. Hingga bersepakat untuk mendirikan centre of excellence di bidang welding inspector.

“Pada semester lalu, dua di antara perusahaan sudah beberapa kali menjadi tandem mengajar dalam bidang ini. Rencananya, semester depan akan disiapkan kelas bersama mitra baru sebanyak 20 SKS,” tambahnya.

Iis, panggilan akrabnya mengungkapkan. Kelas bidang ini dipilih karena teknik mesin sudah memiliki beberapa doktor yang mendalami welding inspector. Maka, perlu adanya support dari industri untuk mendekatkan kompetensi mahasiswa dengan kebutuhan industri.

Baca Juga ----------------------------

“Kelas ini juga menjadi jalan untuk mencapai target di Indikator Kerja Utama (IKU) MBKM 1 dan IKU 4 yakni keterserapan dan keterlibatan praktisi,” imbuhnya melanjutkan. 

Sementara itu, Dr Fauzan M.Pd. yang hadir menjelaskan dalam sambutannya. Bahwa para pimpinan bertekad untuk datang serta meresmikan kolaborasi untuk mengembangkan centre of excellence. Hal serupa juga dilakukan saat hadir di acara yang dilaksanakan prodi teknik mesin tersebut.

“Kita harus sama-sama melihat masa dengan jeli akan kepastian masa depan mahasiswa. Salah satunya melalui kerjasama-kerjasama strategis seperti ini,” tambahnya.

Ia juga menyampaikan bahwa UMM memiliki salah satu program yang bagus yakni UMM Pasti yang digalakkan sejak 2017. Program ini berusaha memastikan kelulusan para mahasiswa Kampus Putih. Di samping itu juga secara tidak langsung menjawab pertanyaan dari para orang tua.

Baca Juga ----------------------------

“Harus ada kepastian kelulusan mahasiswa di kisaran tiga setengah hingga empat tahun. Berkat program ini pula, ada beberapa perombakan dalam kurikulum pendukung,” tuturnya.

Lebih lanjut, adapula tujuan lain dari program UMM Pasti yakni pasti kerja. Maka dari itu, menurutnya, program-program unggulan dan kerjasama seperti ini sangat membantu dalam mewujudkannya. Para mahasiswa juga akan memiliki banyak pengalaman serta peluang yang besar dalam keterserapan perusahaan-perusahaan yang ada.

Terakhir, ia berharap aktivitas yang prodi teknik mesin lakukan ini tidak hanya berhenti pada kelas bidang welding inspector. Namun berkembang menjadi kelas-kelas yang lebih beragam serta menularkannya pada prodi lainnya.

“Kita harus mengambil langkah futuristik dan strategis demi mendapatkan kemanfaatan demi kebaikan bersama,” tegasnya mengakhiri. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malangpost – Wakil Bupati Malang Drs. H. Didik Gatot Subroto, SH, MH menghadiri Perayaan Natal Oikoumene Kabupaten Malang Tahun 2021 di Pendopo Agung Kabupaten...

Malang Raya

Malang Post – Pembicara asal Jakarta, Haikal Hassan mendatangi masjid Manarul Islam, Jalan Danau Bratan Raya, Kelurahan Sawojajar, Kota Malang, Sabtu subuh (22/1). Dia...

Pendidikan

Malang Post –  PT Waskita Karya Tbk, sebuah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang konstruksi. Dalam menjalankan bisnisnya, perusahaan ini memiliki...

Pendidikan

Malang Post –  Ada wajah warga asing yang menghiasi wisuda ke-102 Univesitas Muhammadiyah Malang (UMM). Ia adalah Dr. Robert John Pope, M.Pd.I yang berhasil...

Pendidikan

Malang Post –  Hari Jumat (21/1/2022) adalah kelanjutan rapat pimpinan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang. Rapim yang dilakukan dua hari...

Pendidikan

Malang Post –  Tim KKN UM Peduli Semeru Zona 2 Desa Argoyuwono meakukan sosialisasi mitigasi bencana di SDN 1 Argoyuwono. Ini merupakan bentuk tindakan...

Malang Raya

Malang Post –  Seorang polwan tampak berbaur dengan TNI dan warga dalam gotong royong pembangunan gapura di perbatasan Dusun Bunut Kidul, Desa Asrikaton dengan...

Malang Raya

Malangpost – Babinsa Karangbesuki Koramil 0833/04 Sukun, Serma Kuswandi sukses menciptakan produk unggulan untuk Kodim 0833 Kota Malang. Kuswandi, adalah babinsa teritorial Kodim Kota...