Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Dosen UM Ajari Emak-emak Desa Lang-lang Belajar Bikin Jamu

ANTUSIAS: Foto bersama antara peserta dan Tim-Pengabdian Dosen UM (Foto: istimewa)

Malang Post – Pemberdayaan perempuan. Menjadi parameter meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang ekonomi. Mengajarkan pentingnya perempuan untuk memiliki jiwa kemandirian dalam berwirausaha.

Tidak bisa dipungkiri. Perempuan memiliki peran mengurangi tingkat kemiskinan. Melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat dan kelompok ibu-ibu. Salah satunya di Desa Langlang Kecamatan Singosari Kabupaten Malang.

Baca Juga ----------------------------

Tim dosen dari Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (FE UM) berkiprah. Mengadakan kegiatan edukasi dan pelatihan pembuatan jamu.

Kegiatan ini dipilih berdasarkan fakta. Bahan dasar utama pembuatan jamu, banyak ditemui di lingkungan warga. Bahkan di setiap rumah. banyak ditemui tanaman empon-empon seperti serai, jahe, kunyit dan temulawak.

Ibu-ibu Desa Langlang sebagai peserta kegiatan. Selama ini belum terlalu menyadari manfaat yang dihasilkan dari banyaknya tanaman empon-empon. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan dan keterampilan. Dalam hal pembuatan jamu, yang memiliki nilai ekonomis.

Berdasarkan fakta tersebut. Dilaksanakan pengabdian masyarakat bertajuk: Pemberdayaan Perempuan untuk Meningkatkan Kemandirian Berwirausaha Pembuatan Jamu di Desa Langlang Kabupaten Malang.

Bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan. Agar dijadikan bekal merintis usaha guna meningkatkan kemandirian berwirausaha ibu-ibu di Desa Langlang. Pengemasan jamu yang menarik agar siap dijual di pasaran juga dilakukan.


Pelaksanaan kegiatan bertempat di salah satu rumah warga di Dusun Langlang 1. Dihadiri sekitar 20 orang. Selama acara berlangsung, peserta dan panitia menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Kegiatan ini diketuai oleh Raisa Fitri SAB MM dan beranggotakan Della Ayu Zonna Lia, SAB MAB serta melibatkan dua mahasiswa Jurusan Manajemen FE UM.

Kegiatan dilakukan 9 Juli 2021 dilakukan melalui metode ceramah, diskusi dan praktik langsung. Kemudian dilakukan pembinaan dan pendampingan secara virtual atau jarak jauh sampai akhir Juli 2021 selama dua pekan.

Peserta yang datang dari kalangan ibu-ibu dengan mayoritas berprofesi sebagai ibu rumah tangga. Mereka sangat antusias mengikuti kegiatan. Mereka antusias dalam menyimak materi.

Serta melakukan praktik langsung terkait proses produksi jamu. Pengemasan produk hingga pemasaran secara offline dan online produk yang telah dibuat. (yan) 

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Ketua Bhayangkari Malang Kota, Ny Enic Budi Hermanto, resmi membuka proses pembangunan Gedung Bhayangkari. Prosesi peletakan batu pertama pembangunan Kantor Bhayangkari...

Malang Raya

Malang Post – Polresta Malang Kota gelar acara tasyakuran HUT Polisi Lalu lintas ke-66, Jumat (24/9/2021) dan dihadiri seluruh perwira jajaran Satlantas Polresta Malang...

headline

Malang Post – GMNI Malang melakukan unjuk rasa menyikapi Walikota Malang Sutiaji yang diduga melanggar peraturan PPKM, Minggu 19 September 2021. Viral di medsos...

Pendidikan

Malang Post —  Universitas Negeri Malang (UM) melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dengan tema: Pengembangan Konten Pembelajaran Interaktif Pada Guru Sekolah Luar Biasa (SLB)...

Malang Raya

Malang Post – Jumat, 24 September 2021, Babinsa di Kota Malang menyebar di sejumlah lokasi pelaksanaan vaksinasi.Pertama, vaksinasi dosis 2 ditempat ibadah yang ada...

Malang Raya

Malang Post – Dalam rangka menyambut peringatan HUT TNI ke-76 Tahun 2021, Korem 083/Bdj beserta Kodim 0833/Kota Malang secara serentak melaksanakan Bakti sosial berupa...

headline

Malang Post- Soal kasus rombongan “Gowes”  Walikota Malang, Sutiaji dan jajaran OPD ke Pantai Kondang Merak, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang Minggu (19/9) lalu, memang sudah...

Malang Raya

Malang Post – Bupati Malang Drs HM Sanusi MM pernah menjanjikan akan memberikan dana ekstra kepada 378 Desa dan Kelurahan di Kabupaten Malang sebanyak...