Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Tiga Wartawan di Kota Batu Terima Ancaman Akan Dibunuh

Malang Post– Tiga warga di Kota Batu menerima ancaman pembunuhan. Ketiganya resmi melapor ke kepolisian Polres Batu, Rabu (21/7/2021). 

Ketiganya selama ini berprofesi sebagai wartawan, masing-masing ES,  NRK, dan DH. Selama ini mereka melaksanakan tugas jurnalistik di Kota Wisata Batu. 

Baca Juga ----------------------------

Ancaman yang mereka terima tidak terkait dengan produk jurnalistik.  Tetapi akibat perbuatan salah satu warga Desa Tlekung RT- 06 RW-06,  Kecamatan Junrejo, Kota Batu yang menggelar hajat pernikahan dan dihentikan oleh Satgas Covid-19.

Yang punya hajat  tidak terima.  Dugaan pun tertuju pada tiga wartawan itu yang melaporkan adanya pesta resepsi ke Satgas Covid-19.

Kasat Reskrim Polres Batu AKP Jeifson Sitorus. (istimewa)

Bertepatan tempat tinggal ES dan NRK  masih satu lingkungan dengan warga yang menggelar resepsi pernikahah itu. 

Pengakuan NRK, bentuk ancaman selain pembunuhan juga merendahkan profesi jurnalis. Ancaman akan membunuh itu terjadi  pada Senin (19/7/2021) pukul 00.00 hingga 03.00 dini hari. 

“Juga ada kata-kata kotor makian dan umpatan yang tidak senonoh. Nyawa kami merasa terancam, kami butuh jaminan dan perlindungan hukum, terlebih kondisi kejiwaan anak-anak kami menjadi ketakutan dan trauma pasca insiden tersebut,” ungkapnya usai melapor ke Mapolres Batu, Rabu (21/7/2021) siang. 

Senada disampaikan DH. Sebelum melontarkan ancaman,  beberapa pelaku diduga dipengaruhi  miras (minuman keras). 

“Pihak penyelenggara atau tuan rumah juga meluapkan emosinya dengan umpatan makian, disertai kata-kata merendahkan profesi jurnalis,” ungkapnya. 

Ironisnya, lanjut DH, pihak perangkat desa terkesan membiarkan.  “Informasi yang kami terima, (yang punya hajat) ternyata ada hubungan famili atau keluarga dengan Kades,” tutur DH. 

“Kami berharap, agar pihak Kepolisian Polres Batu segera menindak tegas, agar kejadian serupa tidak terulang  menimpa jurnalis. Jurnalis bukan musuh, tapi rekan kerja,” tandasnya. 

Sementara itu, kuasa hukum pelapor Sandi Budiono SH.,  membenarkan  bahwa kliennya  dituduh melaporkan soal hajatan pernikahan itu. 

“Kami berharap, kasus ini segera ditindak lanjuti secara profesional. Karena sudah melontarkan kata-kata ancaman pembunuhan,” kata Sandi. 

Ia juga  meminta jaminan pihak kepolisian atas keselamatan keluarga ketiga wartawan tersebut. 

Terpisah, Kasatreskrim Polres Batu, AKP Jeifson Sitorus, SH., SIK., MH,  akan segera menindak lanjuti laporan tersebut dengan melakukan pendalaman dan cek ke TKP, kepada pihak terkait,” tegasnya. (yan) 

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang Post – Program yang digencarkan Walikota Malang Drs H Sutiaji tentang lima strategi penanganan Covid mulai membuahkan hasil. Diantaranya Malpro (Malang beli produk lokal),...

Malang Raya

Malang Post – Setelah 37 tahun menjadi anggota polwan, Iptu Ni Made Seruni Marhaeni mengakhiri masa tugasnya di Polresta Malang Kota, pada usia 58 tahun....

Malang Raya

Malang Post – Ada yang menarik setelah rapat evaluasi Pemkot Malang dan Forpimcam Lowokwaru dan Blimbing. Walikota Malang Sutiaji dan peserta rakor mempraktekkan cara menggunakan...

Malang Raya

Malang Post –  Jumlah kasus Covid masih tinggi. Pemkot Malang pun menggelar rapat koordinasi dan evaluasi bersama Forum Koordinator Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam). Kali ini Kecamatan...

Malang Raya

Malang Post – Warga Kabupaten Malang menyambut antusias gelaran Vaksinasi Gotong Royong. Giat ini diselenggarakan IKA (Ikatan Keluarga Alumni) dan Keluarga Besar UB (Universitas Brawijaya),...

Pendidikan

Malang Post – Program akselerasi vaksinasi terus dilakukan pemerintah. Mulai dari tingkat pusat maupun di daerah. Tak ketinggalan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Ikut andil melakukan...

headline

Malang Post – Kementerian Agama Republik Indonesia menetapkan pemimpin baru beberapa institusi pendidikan di bawah naungannya. Salah satunya Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang...

Malang Raya

Malang Post – Rencana Pengamanan Air Minum (RPAM) menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merupakan cara efektif. Menyediakan air minum kualitas aman (siap diminum) dan tidak...