Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Tiga Wartawan di Kota Batu Terima Ancaman Akan Dibunuh

Malang Post– Tiga warga di Kota Batu menerima ancaman pembunuhan. Ketiganya resmi melapor ke kepolisian Polres Batu, Rabu (21/7/2021). 

Ketiganya selama ini berprofesi sebagai wartawan, masing-masing ES,  NRK, dan DH. Selama ini mereka melaksanakan tugas jurnalistik di Kota Wisata Batu. 

Baca Juga ----------------------------

Ancaman yang mereka terima tidak terkait dengan produk jurnalistik.  Tetapi akibat perbuatan salah satu warga Desa Tlekung RT- 06 RW-06,  Kecamatan Junrejo, Kota Batu yang menggelar hajat pernikahan dan dihentikan oleh Satgas Covid-19.

Yang punya hajat  tidak terima.  Dugaan pun tertuju pada tiga wartawan itu yang melaporkan adanya pesta resepsi ke Satgas Covid-19.

Kasat Reskrim Polres Batu AKP Jeifson Sitorus. (istimewa)

Bertepatan tempat tinggal ES dan NRK  masih satu lingkungan dengan warga yang menggelar resepsi pernikahah itu. 

Pengakuan NRK, bentuk ancaman selain pembunuhan juga merendahkan profesi jurnalis. Ancaman akan membunuh itu terjadi  pada Senin (19/7/2021) pukul 00.00 hingga 03.00 dini hari. 

“Juga ada kata-kata kotor makian dan umpatan yang tidak senonoh. Nyawa kami merasa terancam, kami butuh jaminan dan perlindungan hukum, terlebih kondisi kejiwaan anak-anak kami menjadi ketakutan dan trauma pasca insiden tersebut,” ungkapnya usai melapor ke Mapolres Batu, Rabu (21/7/2021) siang. 

Senada disampaikan DH. Sebelum melontarkan ancaman,  beberapa pelaku diduga dipengaruhi  miras (minuman keras). 

“Pihak penyelenggara atau tuan rumah juga meluapkan emosinya dengan umpatan makian, disertai kata-kata merendahkan profesi jurnalis,” ungkapnya. 

Ironisnya, lanjut DH, pihak perangkat desa terkesan membiarkan.  “Informasi yang kami terima, (yang punya hajat) ternyata ada hubungan famili atau keluarga dengan Kades,” tutur DH. 

“Kami berharap, agar pihak Kepolisian Polres Batu segera menindak tegas, agar kejadian serupa tidak terulang  menimpa jurnalis. Jurnalis bukan musuh, tapi rekan kerja,” tandasnya. 

Sementara itu, kuasa hukum pelapor Sandi Budiono SH.,  membenarkan  bahwa kliennya  dituduh melaporkan soal hajatan pernikahan itu. 

“Kami berharap, kasus ini segera ditindak lanjuti secara profesional. Karena sudah melontarkan kata-kata ancaman pembunuhan,” kata Sandi. 

Ia juga  meminta jaminan pihak kepolisian atas keselamatan keluarga ketiga wartawan tersebut. 

Terpisah, Kasatreskrim Polres Batu, AKP Jeifson Sitorus, SH., SIK., MH,  akan segera menindak lanjuti laporan tersebut dengan melakukan pendalaman dan cek ke TKP, kepada pihak terkait,” tegasnya. (yan) 

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post — Kota Batu bakal menjadi sentra pembibitan jeruk purut di Indonesia. Hal ini menyusul permintaan ekspor jeruk purut yang sangat tinggi. Saat ini...

Malang Raya

Malang Post – Tim tracer Covid-19 Kota Malang menggelar tracing kasus di Jalan Kolonel Sugiono IV, Kelurahan Ciptomulyo, Sukun Kota Malang. Rabu, 20 Oktober...

headline

Malang Post — Kota Malang sudah masuk PPKM Level II, sesuai Inmendagri Nomor 53 Tahun 2021. Beberapa kampus mulai mengajukan Perkuliahan/Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Meski...

headline

Malang Post — Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Advokat Republik Indonesia (DPP PARI) menggelar silaturahmi antar advokat, Rabu (20/10/2021). Bertempat di RM Javanine, Jl Pahlawan Trip...

Pendidikan

Malang Post — Sejarah baru kembali ditorehkan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kali ini Program studi (Prodi) Agribisnis, Fakultas Pertanian dan Peternakan UMM yang mencatatkan tinta...

Pendidikan

Malang Post — Dharma Wanita Persatuan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (DWP UIN Maliki) makin giat membina sekaligus menjalin keharmonisan antar anggotanya. Meski masih dalam...

News

Malang Post — Kepanikan terjadi, Selasa (19/10/2021) malam di sebuah rumah milik Semiati warga RT 03/RW 01 Desa/Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang. Sebuah tabung LPG 3...

News

Malang Post — Sehari sudah, tim gabungan SAR Malang Raya mencari keberadaan Paino (56) pemancing yang terhanyut saat sungai Brantas mendadak berarus deras. Selasa (19/10/2021)...