Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

UIN Malang Resmikan Gedung Bait Tahfidz Al-Quran dan Moderasi Beragama

Sambutan Rektor UIN Maliki Prof. Dr. H. Abd. Haris M.Ag (Foto: istimewa)

Malang Post – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Kota Malang berlokasi di Jl Gajayana No.50 Dinoyo Kecamatan Lowokwaru kota Malang. Rabu (21/7/2021) melakukan peresmian gedung Bait Tahfidz Al-Qur’an dan Moderasi Beragama KH Bisri Mustofa.

Sekaligus peletakan batu pertama gedung sport center di kampus III. Acara diselengarakan gabungan daring dan luring. Disiarkan live melalui aplikasi Zoom.

Baca Juga ----------------------------

Dihadiri Ketua DPR RI Dr Puan Maharani Naksharta Kusyala Devi, S.I.Kom dan Menteri Agama, H Yaqut Cholil Qoumas. Sekaligus meresmikan gedung Bait Tahfidz Al-Qur’an dan Moderasi Beragama, KH Bisri Mustofa. 

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Sport Centre Kampsu III, Oleh Rektor UIN Maliki, Prof. Dr. H. Abd. Haris, M.Ag (foto: istimewa)

Hadir juga Ketua Dewan Penyantun UIN Maliki Malang, KH Agoes Ali Masyhuri, Ketua PWNU Jatim Drs KH Marzuki Mustamar M.Ag, wakil keluarga (Alm) KH Bisri Mustofa dan Prof Dr H Abd Haris M.Ag, Rektor UIN Maliki Malang.

Dalam sambutannya, Prof Dr H Abdul Haris mengatakan. Saat ini merupakan hari yang cukup bersejarah. Karena sesuai dengan cita-cita yaitu mampu mewujudkan kampus Ulul Albab dalam sebuah moderasi beragama. 

Diawali dengan peletakan batu pertama, Jumat 5 Mei 2020. Dengan luas 1.723 meter persegi. Untuk melahirkan dokter dan apoteker yang berkompeten serta memiliki kedalaman spiritual. 

“Kami ingin menghadirkan Ibnu Sina, Ibnu Sina yang baru dalam bidang medis. Bukan dari Timur Tengah, Afrika maupun Eropa. Tapi datang dari Asia yaitu Indonesia. Tepatnya di Jawa Timur melalui UIN Maliki Malang,” ujar Prof Abdul Haris.

“Membawa manfaat untuk kemaslahatan umat yang difasilitasi melalui kurikulum mahasiswa untuk menguasai dan berkompetensi di bidang Al-Qur’an”, lanjutnya.
Dirinya menambahkan. Pemilihan nama KH Bisri Mustofa untuk gedung Bait Tahfidz Al-Qur’an dan Moderasi Beragama, memiliki banyak pertimbangan.

Dikarenakan, latar belakang beliau sebagai Cendekiawan Islam yang cukup produktif dan inovatif. Kitab karya KH Bisri Mustofa banyak dijadikan pegangan ulama. Baik dalam maupun luar negeri, untuk dipelajari dan dikaji sebagai rujukan.   

Hadir memberikan ucapan selamat dan doa dalam acara peresmian tersebut. Yaitu, KH Anwar Mansyur, KH Agoes Ali Masyhuri, KH Moh Hasan Mutawakkil’Alallah, KH Muhammad Baidlowi Muslich, KH Chamzawi, KH Marzuki Mustamar, KH Ibnu Sulaiman, KH Muhammad Nizam Asshofa dan KH Nasirul Mahasin. (yan)   

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Pendidikan

Malang Post –  Dalam rangka menyambut Dies Maulidiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Malang yang ke-60, dan berdekatan dengan Hari Santri Nasional 2021, UIN Maulana...

Pendidikan

Malang Post – Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki), Prof HM Zainuddin MA, melantik para kepala dan sekretaris program studi (Kapsekprodi) periode...

Pendidikan

Malang Post –  Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang menggelar temu wali atau orang tua mahasiswa baru (Maba) tahun akademik 2021/2022 secara virtual atau...

Pendidikan

Malang Post – Program vaksinasi terus digencarkan. Agar segera tercapai Herd Immunity warga Kota Malang. Berbagai instansi turut mendukung program ini seperti Universitas Islam...

Pendidikan

Malang Post – Lonjakan pasien Covid-19 sempat terjadi di sejumlah daerah. Berdampak pada peningkatan kebutuhan oksigen. Tingginya permintaan tambahan suplai oksigen sempat terkendala di beberapa...

Pendidikan

Malang Post – Relawan Satgas Covid UIN Malang meluncurkan program Layanan Konseling. Bagi peserta vaksin massal 14-15 Agustus 2021. Tujuannya untuk membantu memberikan relaksasi...

Pendidikan

Malang Post – Program Bank Indonesia (BI) mengajar merupakan agenda rutin yang diselenggarakan setiap tahun. Dalam rangka HUT RI dan Bank Indonesia. BI juga...

headline

Malang Post – Vaksinasi massal terus dilakukan beberapa kampus di Kota Malang. Mendukung program Pemerintah percepatan kekebalan komunal alias herd immunity.  Setelah kampus UM,...