Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Komunikasi UMM Raih Sertifikasi Internasional AUN-QA

Prodi Komunikasi UMM kekar kelas internasional.( istimewa)

Malang-Post – Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memasuki babak baru dalam memperoleh pengakuan internasional. Prodi yang berdiri tahun 1986 ini berhasil menjadi Prodi Komunikasi kampus swasta pertama yang meraih ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA).

Hal ini menjadi bukti bahwa komunikasi UMM telah mengukuhkan diri sebagai salah satu prodi yang tersertifikasi secara internasional.

Baca Juga ----------------------------

Proses sertifikasi dimulai dengan penilaian berkas melalui Self Assesment Report (SAR) yang dikirim ke kantor pusat AUN QA. Selanjutnya dilakukan visitasi yang dilakukan secara remote (daring). 

Dua asesor, masing-masing Prof Dr Rosemary Seva dari De La Saile University, Filipina dan Asst Professor Suptcha Cheevapruk dari Mongkut’s University of Technology North Bangkok, Thailand melakukan pengecekan, baik di tingkat universitas, fakultas, maupun prodi.

Pada proses itu pula para asesor melakukan konfirmasi kepada tim SAR, pimpinan fakultas dan prodi. Selain itu juga dilangsungkan visitasi secara virtual ke beberapa lokasi tingkat universitas, seperti perpustakaan dan fasilitas-fasilitas lainnya. 

Disamping itu juga melakukan konfirmasi kepada para staf akademik untuk memastikan apa yang disampaikan di SAR benar adanya.

Selain Komunikasi, Prodi Psikologi juga memperoleh kesempatan untuk divisitasi oleh AUN-QA. Sebelumnya, prodi-prodi di UMM yang telah memperoleh sertifikat AUN QA adalah Manajemen (FEB), Pendidikan Biologi (FKIP) dan Peternakan (FPP).

Rektor UMM, Dr Fauzan M.Pd mengatakan pengakuan internasional merupakan keniscayaan bagi UMM. Sebagai pijakan langkah lebih jauh untuk menjadi kampus yang memiliki jangkauan luas. 

“UMM sejak awal mendedikasikan diri sebagai persembahan dari Muhammadiyah untuk bangsa. Melalui AUN QA ini prodi-prodi di UMM diharapkan akan mempersembahkan prestasinya dan lebih percaya diri untuk berperan di tingkat internasional,” ujarnya Jumat (28/5/2021).

Ketua Prodi Komunikasi UMM, Himawan Sutanto, optimis pihaknya dapat melalui semua proses ini dengan baik. Selain karena persiapan telah dilakukan secara maksimal, juga karena dukungan berbagai pihak di tingkat universitas, fakultas, maupun unit-unit terkait. 

“Pengalaman akreditasi dari BAN PT yang memberikan peringkat A tiga kali berturut-turut pada Komunikasi UMM membuat kami yakin dapat memperoleh AUN QA ini dengan lancar,” ungkapnya.

Adapun AUN QA akan menjadi batu loncatan bagi Komunikasi UMM untuk mengembangkan prodinya ke tingkat internasional. Ke depan, kata Himawan, pihaknya juga akan membuka kelas internasional dengan menggandeng mitra-mitra strategis baik kalangan universitas di luar negeri maupun dengan lembaga-lembaga lain.

Wakil Rektor I UMM, Prof Dr Syamsul Arifin, M.Si membenarkan. AUN QA akan dijadikan salah satu dasar kebijakan universitas untuk membuka kelas internasional.

”Bukan hanya kelas berbahasa Inggris, kelas internasional juga harus benar-benar memiliki jaringan luas secara internasional,” katanya. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Pendidikan

Malang-Post – Komitmen Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki Malang) yang sering dikatakan Rektor dan akademisi, menyongsong Smart and Green Islamic University...

Malang Raya

Malang-Post – Warga Kota Malang khususnya yang berlokasi di sekitar Jembatan Kedungkandang akan di manjakan dengan berbagai fasilitas baru. Dimana, Pemerintah Kota Malang melalui...

Malang Raya

Malang-Post – Stok darah di Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Malang mengalami naik turun (fluktuatif). Bahkan rawan menipis, seiring dengan...

Olahraga

Malang-Post – Senam Anti Covid (Senavid)  kolaborasi Arema Media Group (Ameg) dengan Kodim 0833 Kota Malang, digelar lagi di Lapangan Rampal Kota Malang,  Minggu (13/6/2021)...

Malang Raya

Malang-Post – Minggu (13/6/2021) pagi, aparat gabungan kembali menggelar operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan. Dalam rangka PPKM Mikro di wilayah Kedungkandang, Operasi kali...

Dahlan Iskan

Mereka sudah vaksinasi. Sudah dua kali. Tapi, sembilan anggota DPRD Surabaya itu tertular Covid-19. Itulah headline Harian Disway edisi Jumat lalu. Itu menambah kekhawatiran...

Malang Raya

Malang-Post – Komandan Kodim 0833/Kota Malang Letkol Arm Ferdian Primadhona, S.E, M. Tr (Han) bersilaturahmi dengan Keluarga Besar Tentara Nasional Indonesia atau KBT, Sabtu...

Malang Raya

Malang-Post – Mayat bayi lelaki berusia kandungan sekitar enam sampai tujuh bulan ditemukan di Jl Abdul Ghani Atas, Kelurahan Ngaglik, Kecamatan/Kota Batu. Saat ditemukan,...