Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Genose, Rapid dan Swab Tes Covid-19 Tak Batalkan Puasa

TAK BATAL: Pengambilan sampel Covid-19 menggunakan genose, tidak akan membatalkan puasa, saat dilakukan di siang hari selama Ramadan. (Foto: istimewa)

AMEG – Ketua Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur (Jatim) KH Makruf Chozin mengungkapkan, Genose C19, rapid dan swab tes Covid-19 saat berpuasa diperbolehkan dan tidak membatalkan puasa.

‘’Rapid tes Covid-19 saat berpuasa diperbolehkan dan tidak membatalkan puasa. Karena jarum yang masuk ke dalam daging, tidak melalui rongga yang terbuka, melainkan melalui pori-pori,’’ ujarnya, Selasa (6/4/2021).

Baca Juga ----------------------------

‘’Kemudian, tes Genose C19 diperbolehkan dan tidak membatalkan puasa, karena metodenya hanya meniup kantong udara,’’ ucapnya.

Sedangkan swab tes saat berpuasa, lanjut Makruf, diperbolehkan dan tidak membatalkan puasa. Karena yang pertama, adalah nasofaring dan orofaring yang menjadi tempat pengambilan sampel lendir, merupakan organ yang tidak bisa mencerna makanan atau obat. Sehingga tidak termasuk kategori organ dalam yang membatalkan puasa menurut salah satu pendapat dalam madzhab Syafi’i.

‘’Kedua adalah kapas lidi yang dibuat untuk mengambil sampel lendir, termasuk kategori benda padat, sehingga tidak membatalkan puasa menurut ulama madzhab Maliki,’’ ujarnya.

‘’Ketiga, kapas lidi yang dibuat untuk mengambil sampel lendir, tidak menetap di dalam tapi dikeluarkan kembali. Sehingga tidak membatalkan menurut pendapat ulama madzhab Hanafi,’’ ucapnya.

Makruf menegaskan, pihaknya mendorong pemerintah maupun pihak swasta, agar tetap mengoptimalkan upaya meminimalisir penyebaran Covid-19. Seluruh masyarakat harus berpartisipasi dalam upaya menghindari penularan dan mengakhiri pandemi.

‘’Dalam keperluan screening selama bulan Ramadan, penggunaan rapid test dan GeNose lebih diutamakan. Bila memungkinkan pelaksaan Swab dilaksanakan di malam hari,’’ ujarnya.

Sementara itu Wakil Presiden (Wapres), KH Ma’ruf Amin mengatakan, vaksinasi Covid-19 saat menjalani Ramadan nanti, masih bisa dilakukan, baik saat sedang masa berpuasa atau pada malam hari usai ibadah puasa dilaksanakan.

Ma’ruf Amin mengatakan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menerbitkan fatwa terkait pelaksanaan vaksinasi di bulan puasa, yang intinya vaksinasi tetap bisa dilakukan dan tidak membatalkan puasa.

‘’Namun jika fisik kurang mendukung karena sedang berpuasa, maka vaksinasi juga dapat dilaksanakan di malam hari setelah berbuka,’’ kata Ma’ruf Amin, dalam acara “CIMB Niaga Forum Indonesia Bangkit” bertema “Strategi Sektor Kesehatan Untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi”, secara virtual pada Selasa (6/4/2021).

Pemerintah, kata Wapres, menaruh harapan besar terhadap program vaksinasi berjalan lancar dan tepat waktu. ‘’Sehingga Indonesia segera mencapai kekebalan komunal,’’ imbuh Wapres.

Wapres melanjutkan, bulan suci Ramadan kali ini adalah tahun kedua yang dijalankan di tengah situasi pandemi.

Pemerintah, kata Wapres, terus mengimbau agar semua masyarakat tetap ketat menerapkan protokol kesehatan, termasuk saat beribadah. Guna mencegah penularan virus, pemerintah juga telah memutuskan lebih awal terkait larangan mudik. (avi)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Pendidikan

Malang Post – Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat. Masyarakat dapat berkomunikasi dan bisa mengakses berbagai informasi dari seluruh penjuru dunia dengan mudah. Salah satu media yang digunakan dalam mengakses informasi dan berkomunikasi adalah media sosial. Hampir semua orang tidak bisa terlepas dari penggunaan media sosial. Bahkan di dalam dunia pendidikan, media social menjadi salah satu media yang sering digunakan untuk mencari sumber literasi. Namun, kemudahan akses yang diberikan media...

Pendidikan

Malang Post – Mahasiswa Polinema (Politeknik Negeri Malang) bersemangat melahirkan inovasi bagi masyarakat. Kali ini diwujudkan melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Karsa Cipta. Tim...

News

Malang Post – Masker saat ini bukan sekedarnya. Namun menjadi keharusan di setiap aktivitas. Sejak pandemi Covid-19 terjadi. Lantaran berfungsi mencegah penyebaran virus. Namun, penggunaan...

headline

Malang Post – Pelaksanaan vaksinasi bagi warga Kecamatan Kepanjen mendapat respon positif. Bisa dilihat Minggu (25/7/2021). Sejak pukul 08.00, sudah dipadati warga. Vaksinasi ini digagas...

Malang Raya

Malang Post – Patroli gabungan pendisiplinan PPKM Level 4, dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid-19 kembali digelar.  Minggu (25/7/2021), aparat gabungan dari Polresta...

headline

Malang Post – Sampai saat ini, vaksinasi massal sudah menjadi minat masyarakat. Terbukti dari tingginya animo dan antrian yang mengular di lokasi vaksin di Kota...

Dahlan Iskan

Sudah 10 hari saya tidak menerima WA dari senior saya itu: Christianto Wibisono. Tumben. Biasanya hampir tiap hari beliau mengirimi saya info. Apa saja....

Pendidikan

Malang Post – Polybag adalah, kantong plastik berbentuk segi empat, biasanya berwarna hitam. Digunakan untuk menyemai tanaman dengan ukuran tertentu yang disesuaikan dengan jenis tanaman. Bahkan...