Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Kepala BPTPH Kalteng Wisudawan Terbaik UMM

Baini, Kepala Balai Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalimantan Tengah.

AMEG – Lahir di tengah keluarga petani, membuat Baini terjun ke dunia pertanian sejak kecil. Pria kelahiran Barito Selatan ini pun memperkuat kompetensinya dengan mengenyam pendidikan sarjana di bidang pertanian.

Namun, ia belum puas dengan sarjana pertanian. Maka studi Magister Administrasi Publik pun ditempuh. Hasilnya, ia meraih gelar doktor di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dengan predikat wisudawan terbaik 2021.

Baca Juga ----------------------------

Baini saat ini menjabat Kepala Balai Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPTPH) Provinsi Kalimantan Tengah.

Ia menyatakan proses studi doktoralnya tergolong lancar, meski di tengah pandemi. Seluruh informasi terkait pendidikan doktoralnya, bisa diperoleh melalui platform digital.

“Alhamdulillah tidak ada kendala yang berarti. Selama kita menganggap pekerjaan itu ringan, Insha Allah akan diberi kemudahan dalam prosesnya,” ungkapnya.

Disertasinya meneliti tindakan penyimpangan dalam distribusi pupuk. Khususnya di Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu Kabupaten Pulang Pisau.

Ia mendapat banyak keluhan dari petani. Soal harga pupuk yang melambung tinggi. Bahkan beberapa kali terjadi kelangkaan pupuk. Padahal musim tanam sudah tiba.

Anak ketiga dari lima bersaudara itu, menelisik akar permasalahannya. Kemudian mencari solusi yang tepat. Agar persoalan yang sama, tidak terjadi lagi di masa depan.

Ia menyarankan kepada para petani, untuk membentuk kelompok tani. Agar bisa memperoleh pupuk bersubsidi. Selain itu, kerja sama antar instansi dalam bidang pertanian harus lebih diperkuat.

Usai menyelesaikan studinya, Baini berharap seluruh ilmu dan pengalaman yang didapat selama belajar di UMM, bisa memberikan dampak positif untuk masyarakat luas. Terutama bagi dunia pertanian sesuai ia berkecimpung.

“Semoga penelitian yang sudah saya selesaikan bisa mengurangi permasalahan yang ada. Baik di wilayah saya maupun Indonesia secara umum. Saya juga siap berkontribusi dan memberikan inovasi demi kebaikan bersama,” terangnya lebih lanjut.

Tak lupa, ia berterimakasih kepada banyak pihak yang turut membantu dalam menyelesaikan studinya. Utamanya adalah istri dan anaknya yang tidak pernah lelah mendukung dan memotivasinya.

Juga kepada Gubernur Kalimantan Tengah yang memberikan beasiswa penelitian hingga ia bisa menyelesaikan dengan baik.

“Terima kasih pula saya sampaikan pada Rektor UMM dan jajarannya. Selesainya disertasi saya tentu berkat bantuan dari berbagai pihak,” pungkasnya di akhir sesi wawancara.

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Pelaksanaan vaksinasi covid-19 di Kota Malang, menjadi perhatian Wawali Malang, Sofyan Edi Jarwoko. Ia memantau langsung ke Puskesmas Polowijen, Senin (21/6/2021).  Sofyan...

Malang Raya

Malang Post – Perumahan Skypark Resort yang berada di Dusun Buludendeng, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu kembali disidak eksekutif dan legislatif, Senin (21/6/2021). Pihak...

Malang Raya

Malang Post – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Malang Raya menyoroti Fasad di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kanjuruhan Kabupaten Malang. Berdasarkan...

Wisata

Malang Post – Satu lagi penawaran menarik yang diberikan hotel di Kota Malang. Yaitu, sunset by the pool. Sensasi ini dapat dinikmati dari Hotel Ascent Premiere Hotel...

Ekobis

Malang Post – Pengajuan layanan keuangan yang resmi dan legal, pada dasarnya berguna untuk mengatasi masalah keuangan mendesak. Tak terkecuali kartu kredit, yang sudah lama menjadi...

Malang Raya

Malang Post – Jumlah penularan Covid-19 yang masih fluktuatif, membuat Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Malang berpikir keras. Pasalnya, 5 Juli 2021, rencananya akan mulai pembelajaran...

Malang Raya

Malang Post – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malang berharap agar Pemerintah Pusat bisa mengeluarkan kebijakan untuk menunda pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Paling...

Malang Raya

Malang-Post – Tahun 2021 ini, Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu bakal menggelontor 100 buah troli di sentra wisata bunga Sidomulyo. Anggaran telah disiapkan, sebesar...