Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Uang Jajan Tetap Awet, Ini Tips Lebih Hemat Atur Kuota Internet bagi Pelajar

ILUSTRASI: Seorang pelajar saat menggunakan ponselnya untuk mengakses internet

Sedang semangat-semangatnya berburu materi pelajaran buat tugas dan ujian di internet, tiba-tiba koneksi internet nggak jalan. Padahal lambang sinyalnya kelihatan masih penuh. Ternyata, pas cek isi paket data internet, kuotanya sudah habis tak bersisa.

Pernahkah kamu mengalami hal di atas? Jika pernah, kamu pasti tahu betapa menyebalkannya kuota internet habis saat sedang giat-giatnya belajar atau dikejar deadline tugas. Ya, kehabisan kuota internet adalah masalah yang pasti pernah dialami oleh semua pengguna layanan internet seluler dari paket data, tak terkecuali pelajar atau mahasiswa.

Kuota internet habis memang dapat dengan mudah diatasi dengan membeli paket internet baru. Namun, masalahnya, uang jajan yang terbatas pada pelajar dan mahasiswa tak mungkin menutupi pengeluaran untuk membeli paket data internet secara terus-terusan setiap kali kuota internetnya habis.

Contohnya ketika menggunakan paket data Telkomsel dan habis. Mengandalkan transfer pulsa Telkomsel dari teman tentunya akan merepotkan. Ada baiknya kita berusaha mencari cara menghemat kuota internet yang digunakan supaya tidak boros beli pulsa atau meminta dari orang terdekat kita.

Nah, solusinya, kamu perlu mencari tahu bagaimana cara mengatur pemakaian kuota internet secara tepat agar lebih hemat dan tak cepat habis. Tak perlu khawatir, simak 6 tips atur kuota internet agar lebih hemat bagi pelajar yang sudah terangkum berikut ini.

  1. Manfaatkan Fitur Offline Mode

Sekarang ini, ilmu baru nggak selalu didapatkan dari buku atau papan tulis. Di internet, hampir semua situs dan media sosial bisa kamu jadikan sebagai media pembelajaran, tak terkecuali Youtube. Nah, saat menemukan materi pembelajaran di media sosial berbasis video tersebut, jangan ragu untuk memanfaatkan fitur offline mode yang ditawarkannya agar kuota internet tetap terjaga.

Saat terhubung ke jaringan internet Wi-Fi gratis, kamu bisa memanfaatkannya untuk mendownload video terlebih dahulu dan baru menontonnya secara offline di lain waktu. Beberapa aplikasi bimbingan belajar online juga telah memiliki fitur offline mode ini. Dengan begitu, kamu tidak akan terhindar dari masalah kehabisan kuota internet. 

  1. Matikan Fitur Sinkronisasi di Beberapa Aplikasi

Cara kedua agar kuota internet bisa lebih hemat adalah dengan mematikan fitur sinkronisasi pada sejumlah aplikasi di smartphone yang tak terlalu penting digunakan. Sebagai contoh, beberapa aplikasi bawaan smartphone, seperti, Google Play Music atau Movies & TV, mungkin tak terlalu sering kamu pakai. Nah, agar kuota internet tak terus tersedot tanpa disadari, pastikan untuk mematikan fitur sinkronisasi pada aplikasi yang jarang kamu gunakan. 

  1. Non Aktifkan Notifikasi

Kuota tersedot tanpa disadari juga dapat terjadi saat kamu mengaktifkan fitur notifikasi di semua aplikasi smartphone. Memang, kalau dilihat per aplikasi, konsumsi kuota internet untuk fitur notifikasi ini hampir tak terasa sama sekali.

Namun, jika dikalikan dengan seluruh aplikasi yang terpasang pada smartphone, konsumsi kuotanya juga akan bikin boros juga. Selain itu, mematikan fitur notifikasi juga dapat membuat kamu lebih fokus belajar dan mengerjakan tugas karena tidak tergoda untuk mengecek notifikasi yang mungkin tak terlalu penting. 

  1. Update Aplikasi secara Manual

Rutin beberapa minggu sekali, aplikasi yang terinstall pada smartphone pasti membutuhkan update ke versi terbarunya. Sekali melakukan pembaharuan, data internet yang dibutuhkan bisa mencapai puluhan, atau bahkan ratusan Megabyte. Jika fitur update otomatisnya aktif, tentu saja kuota internet kamu yang akan menjadi korbannya.

Oleh karena itu, buat kamu yang ingin menghemat kuota internet, coba masuk ke menu Settings Playstore atau App Store dan matikan fitur update otomatis ini. Baru saat mendapatkan jaringan internet Wi-Fi unlimited, kamu bisa mengupdate seluruh aplikasi ini agar pengalaman menggunakan aplikasi tersebut tetap optimal.  

  1. Pasang Pengingat Data Usage

Tak kalah ampuh, kamu juga bisa memasang pengingat pada pemakaian kuota internet atau data usage saat sudah mencapai batas yang telah ditentukan sebelumnya. Kamu bisa memasang sendiri berapa batas maksimal pemakaian kuota internet per harinya dengan menyesuaikan jumlah kuota dari paket data internet yang dibeli. Dengan begitu, aktivitas internet langsung dihentikan dan kuota internet menjadi lebih hemat karena tak lagi digunakan secara berlebihan.

  1. Beli Paket Internet yang Sesuai Kebutuhan

Trik terakhir agar kuota internet tetap awet adalah dengan membeli paket internet yang sesuai dengan kebutuhan dan kebiasaan internet kamu. Hampir semua provider seluler di Indonesia pasti menawarkan berbagai paket internet dengan layanan yang bermacam-macam.

Sebagai contoh, sebuah paket data internet mungkin memiliki jumlah kuota yang terbilang kecil. Namun, pengguna dapat dengan bebas mengakses aplikasi media sosial atau pembelajaran tertentu dengan jumlah kuota internet yang jauh lebih besar. Jika kebanyakan aktivitas internet kamu berada di aplikasi yang mendapat bonus kuota tersebut, tentu saja paket internet ini jauh lebih menguntungkan untuk dibeli. 

Tak sedikit pula operator seluler yang menjajakan paket internet yang dikhususkan untuk memenuhi segala keperluan internet pelajar. Agar bisa menggunakan paket internet yang paling sesuai kebutuhan tersebut, kamu tentu harus rajin-rajin melihat berbagai tawaran paket data dari sejumlah operator.

Jangan Biarkan Aktivitas Belajar Terganggu Hanya Karena Masalah Kuota

Tak dapat dipungkiri jika hampir semua orang saat ini bergantung pada teknologi internet saat beraktivitas sehari-hari, tak terkecuali para pelajar dan mahasiswa. Untuk mengerjakan tugas, persiapan ujian, dan berbagai kegiatan belajar, semuanya dapat dilakukan dengan lebih mudah saat koneksi dan kuota internet tersedia. Untuk itu, agar aktivitas belajar tak sampai terganggu, jangan lupa untuk mengaplikasikan 6 tips di atas agar masalah kehabisan kuota internet tak sampai terjadi. (*-rdt)

Click to comment

Leave a Reply

You May Also Like

%d bloggers like this: