Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

Posko PPKM Mikro Dialokasikan Rp2,5 Miliar

Mokhamad Forkan, Kepala DP3AP2KB Kota Batu. (Foto: Ananto Wibowo/DI’s Way Malang Post)

Batu – Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Kota Batu, bulan Januari mulai cair. Dari 19 desa, setidaknya ada 2.050 keluarga penerima manfaat (KPM), yang akan menerima BLT DD. Dari total jumlah KPM itu, paling banyak penerima berasal dari Desa Torongrejo. Yakni ada 237 KPM. Sedangkan untuk desa paling sedikit penerima KPM, adalah Desa Sumberbrantas. Totalnya hanya 24 KPM saja.

Dari total penerima BLT DD sebanyak 2.050 KPM dari 19 desa Kota Batu pada bulan Januari. Setidaknya menelan anggaran sejumlah Rp615 miliar. Dengan rincian per KPM menerima Rp300 ribu. Selanjutnya sisa DD, penyaluran tahap awal saat ini jika diakumulasikan sebesar Rp11.273.315.560.

Baca Juga ----------------------------

Kepala DP3AP2KB Kota Batu, Mokhamad Forkan menjelaskan, untuk pencairan DD tahap l telah berjalan di 19 pemerintahan desa di Kota Batu. Totalnya Rp14,4 miliar dari kas negara telah diterima oleh kas desa. Lalu peruntukannya untuk penyaluran dana posko PPKM Mikro dan BLT DD bulan Januari.

‘’Untuk keperluan posko PPKM mikro setiap desa anggarannya berbeda-beda. Kisaran Rp92 juta hingga ada yang menganggarkan Rp213 juta di setiap desanya,’’ ujarnya.

Diketahui untuk keperluan posko PPKM Mikro, mengambil total anggaran DD sebesar 8 persen. Dengan total sebesar Rp2,5 miliar. Anggaran itu, digunakan mulai dari pembinaan yang berkaitan dengan Covid-19, pencegahan, penanganan, dan pendampingan.

‘’Hal itu mengacu pada aturan dari Menteri Dalam Negeri dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi,’’ katanya.

Lebih lanjut, dari 19 desa di Kota Batu, desa yang tergolong mandiri ada sebanyak 15 desa. Dengan menerima 60 persen dari jumlah DD keseluruhan. Dimana sisa total penyaluran DD tahap pertama sebanyak Rp10,3 miliar.

Selanjutnya untuk empat desa tersisa masuk dalam kategori reguler. Dengan menerima 40 persen dari jumlah DD keseluruhan. Dimana saat ini sisa total penyaluran DD tahap pertama sebanyak Rp890 juta. Tahun ini total jumlah DD yang akan diterima seluruh desa sebesar Rp31,4 miliar.

‘’Dalam penyaluran DD tahap pertama. Kota Batu tergolong cepat dibanding daerah lain di Jawa Timur. Kota Batu dapat peringkat 9 dengan penyaluran awal terlaksana di seluruh desa,’’ ungkap Forkan.

Diketahui pencairan DD tahap l sudah dilaksanakan sejak awal maret lalu. Sebelum dilakukan pencairan, setiap desa juga sudah menyelesaikan APBDes nya. Serta peraturan Kepala Desa tentang penerima BLT DD.

Selanjutnya bagi desa yang telah menyalurkan BLT DD bulan Januari, bisa mengajukan untuk penyaluran bulan selanjutnya. Sehingga diharapakan pada dalam bulan ini ada tiga kali penyaluran BLT DD yakni mulai Januari hingga bulan Maret.

‘’Jika itu terlaksana, bisa mempercepat proses selanjutnya. Dengan cara mengajukan pencairan bantuan BLT DD kepada Bank Jatim. Sehingga penyaluran pada bulan-bulan berikutnya bisa tepat waktu,’’ tandasnya. (ano/rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Pendidikan

Malang Post – Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat. Masyarakat dapat berkomunikasi dan bisa mengakses berbagai informasi dari seluruh penjuru dunia dengan mudah. Salah satu media yang digunakan dalam mengakses informasi dan berkomunikasi adalah media sosial. Hampir semua orang tidak bisa terlepas dari penggunaan media sosial. Bahkan di dalam dunia pendidikan, media social menjadi salah satu media yang sering digunakan untuk mencari sumber literasi. Namun, kemudahan akses yang diberikan media...

Pendidikan

Malang Post – Mahasiswa Polinema (Politeknik Negeri Malang) bersemangat melahirkan inovasi bagi masyarakat. Kali ini diwujudkan melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Karsa Cipta. Tim...

News

Malang Post – Masker saat ini bukan sekedarnya. Namun menjadi keharusan di setiap aktivitas. Sejak pandemi Covid-19 terjadi. Lantaran berfungsi mencegah penyebaran virus. Namun, penggunaan...

headline

Malang Post – Pelaksanaan vaksinasi bagi warga Kecamatan Kepanjen mendapat respon positif. Bisa dilihat Minggu (25/7/2021). Sejak pukul 08.00, sudah dipadati warga. Vaksinasi ini digagas...

Malang Raya

Malang Post – Patroli gabungan pendisiplinan PPKM Level 4, dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid-19 kembali digelar.  Minggu (25/7/2021), aparat gabungan dari Polresta...

headline

Malang Post – Sampai saat ini, vaksinasi massal sudah menjadi minat masyarakat. Terbukti dari tingginya animo dan antrian yang mengular di lokasi vaksin di Kota...

Dahlan Iskan

Sudah 10 hari saya tidak menerima WA dari senior saya itu: Christianto Wibisono. Tumben. Biasanya hampir tiap hari beliau mengirimi saya info. Apa saja....

Pendidikan

Malang Post – Polybag adalah, kantong plastik berbentuk segi empat, biasanya berwarna hitam. Digunakan untuk menyemai tanaman dengan ukuran tertentu yang disesuaikan dengan jenis tanaman. Bahkan...