Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

Manfaat Kesehatan Di Balik Kesegaran Air Kelapa Muda

Foto Ilustrasi. (istimewa)

Malang – Kesegaran air kelapa muda tidak diragukan lagi. Selain menjadi pilihan minuman untuk melepas dahaga, air kelapa muda ternyata menyimpan banyak khasiat bagi tubuh. Mulai dari menangkal radikal bebas hingga menurunkan risiko penyakit jantung. Air kelapa bisa menjadi alternatif dari air putih untuk menghidrasi tubuh kembali.

Bukan tanpa alasan, manfaat kesehatan air kelapa muda karena kandungan yang syarat akan gizi. Mulai dari vitamin C, asam nikotinat, asam pantotenat, biotin, riboflavin, asam folat, dan lain-lainnya.

Baca Juga ----------------------------

Berikut adalah beberapa manfaat air kelapa muda yang bisa Anda dapatkan:

Menyegarkan Tubuh

Setelah minum air kelapa muda, tubuh anda akan kembali segar. Karena, air kelapa muda mengandung gula dan elektrolit yang dapat menyegarkan secara alami. Mengutip Alodokter, Tiap 30 ml air kelapa mengandung 5,5 kalori dan 1,5 gram gula.

Memenuhi kebutuhan mineral dan nutrisi tubuh

Air kelapa muda akaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Tiap 30 ml air kelapa juga mengandung 60 mg kalium dan 5,5 mg natrium. Selain itu, air kelapa juga memiliki kandungan vitamin C, kalsium, asam folat, zat besi, magnesium dan fosfor.

Mengatasi dehidrasi

Sudah jadi rahasia umum air kelapa muda bisa baik untuk menghidrasi tubuh. Menurut sebuah penelitian, air kelapa muda dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang dengan cepat bila dibandingkan air biasa atau minuman olahraga. Hal ini karena Air kelapa muda memiliki banyak kesamaan dengan cairan yang berada di dalam tubuh kita.

Selain itu, kandungan  elektrolit yang  tinggi menjadikan air kelapa muda dapat menggantikan cairan yang hilang di dalam tubuh ketika sedang beraktivitas. Misal setelah berolahraga.

Menangkal radikal bebas

Konsumsi air kelapa muda sangat baik untuk melndungi anda dari racun yng masuk ke tubuh. Air kelapa bersifat antioksidan, yang mampu mengatasi racun-racun dan zat radikal bebas yang masuk untuk merusak tubuh. Karena manfaatnya ini, banyak perusahaan minuman kemasan yang kemudian memproduksi minuman air kelapa dalam kemasan.

Menurunkan risiko penyakit jantung dan batu ginjal

Air kelapa muda mengandung kalium. Kalium dapat berperan dalam menjaga kesehatan jantung dan ginjal.  Resiko penyakit jantung juga dapat dicegah karena air kelapa muda dapat menurunkan tingkat kolesterol dan trigliserida. Namun, hal ini masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

Selain itu, sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa adanya kemungkinan manfaat air kepala dapat mencegah penumpukan kalsium, oksalat dan zat lain menjadi kristal, yang kemudian menjadi batu ginjal, dikutip dari Alodokter. Lagi-lagi masih perlu dilakukan studi lanjutan terhadap hal tersebut.

Mengurangi rasa lapar 

Pernahkah anda mendengar diet air kelapa muda ? bagi yang belum, ternyata kelapa muda dapat membantu Anda mengurangi rasa lapar. Air kelapa meningkatkan penyerapan glukosa oleh aliran darah. Hal ini membuat tubuh tidak mudah merasa lapar.  Selain itu, air kelapa memiliki kandungan lemak, gula dan kalori rendah, seperti dikutip dari IDNTimes.

Baik untuk kulit

Manfaat kecantikan dari konsumsi air kelapa muda banyak diperbincangkan. Kelapa muda bermanfaat untuk menghidrasi kulit  dan memberikan energi untuk kulit. Selain itu, air kelapa mengandung asam laurat dan sitokin yang berguna untuk proses pertumbuhan dan regulasi sel.  Tidak hanya itu, konsumsi air kelapa muda juga baik untuk membentuk jaringan kolagen pada kulit sehingga kulit halus bercahaya.

Menyehatkan rambut. 

Selain untuk kulit, air kelapa muda juga dapat digunakan sebagai masker rambut. Sehingga dapat  mengembalikan kilau dan kekuatan rambut Anda. Setelah menggunakannya selama 15 menit, segera dibilas sampai bersih.

Stamina dan  vitalitas Pria

Mengutip merdeka.com, air kelapa muda bermanfaat bagi pria-pria dewasa.  Air kelapa muda baik untuk  menambah stamina. Selain itu, mengonsumsi air kelapa muda secara rutin dinilai efektif meningkatkan vitalitas pria. Selain itu, air kelapa muda dapat menetralisasi kandungan nikotin yang mengganggu kesuburan pria. 

Manfaat air kelapa muda yang begitu banya, bukan berarti menjadi pembenaran untuk mengonsumsi air kelapa muda secara berlebihan. Anda juga harus memperhatikan kondisi tertentu sebelum konsumsi air kelapa muda.  Misalnya  Wanita hamil dan menyusui sebaiknya berhati-hati dalam mengonsumsi air kelapa. Jika ragu, konsultasikan terlebih dulu kepada dokter.

Selain itu, air kelapa juga memiliki kemungkinan menurunkan tekanan darah, sekaligus meningkatkan efek obat tekanan darah tinggi. Air kelapa muda juga  mungkin mengganggu tekanan darah selama dan pascaoperasi. Sebaiknya hindari konsumsi air kelapa dua minggu sebelum jadwal operasi.

Selain itu, hindari minum air kelapa berlebihan, pastikan jumlahnya sesuai kebutuhan tubuh Anda. Apabila anda memiliki gangguan kesehatan tertentu, konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi air kelapa. (idn/alc/anw)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Ekobis

Malang Post – Coca-Cola Europacific Partners (CCEP) Indonesia mendonasikan puluhan hewan kurban. Bagi masyarakat sekitar pabrik dan sales office di Jawa hingga Papua, pada Hari Raya Idul Adha 1442 hijriah. Donasi berupa 48 ekor kambing dan tiga ekor sapi. Hewan kurban tersebut didistribusikan di...

Pendidikan

Malang Post – Perilaku menjaga kebersihan dan hidup sehat perlu diterapkan. Untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19. Salah satunya adalah kebiasaan mencuci tangan menggunakan sabun.  Cuci...

headline

Malang Post – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) menggelar webinar Metodologi Rekonstruksi Pengkajian Islam. Sebagai Perguruan Tinggi Negeri berkewajiban melalukan pengembangan...

Malang Raya

Malang Post – Posko pengisian oksigen gratis bagi warga Malang Raya mulai beroperasi. Terletak di areal kantor Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) III Malang, Jl Simpang...

Kriminal

Malang Post – Warga Dusun Tubo, Desa Purwosekar, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang, hingga Senin (26/7/2021) malam, masih waspada. Pasalnya, kemarin baru saja terjadi pembantaian maut...

headline

Malang Post – Banyak kasus, warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman) belum terpantau maksimal. Termasuk di Kota Malang. Dinkes Kota Malang mencatat jumlah pasien yang...

Kesehatan

Malang Post – Bagi seseorang yang berjuang melawan penyakit autoimun, banyak gejala yang dirasakan. Membuat tidak nyaman. Sering berdampak negatif pada kehidupan sehari-hari. Banyak jenis...

News

Malang Post – Asap terlihat membumbung dari rumah warga di Perum Puncak Permata Sengkaling Desa Sumbersekar, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Senin (26/7/2021) siang. Gegerlah warga...