Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

Arief Wicaksono, IPW Kurang Kerjaan

Arief Wicaksono, IPW Kurang Kerjaan.

Jakarta – Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri mengatakan, kompetisi sepak bola harus segera bergulir. Meski saat ini Indonesia masih dalam pandemi Covid-19. Masyarakat Indonesia membutuhkan hiburan. Juga kehidupan untuk pelaku yang bergerak di bidang sepak bola.

Hal ini menanggapi pernyataan Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane yang mengatakan, ajang pramusim Piala Menpora, seharusnya tidak digelar. Neta khawatir, ajang Piala Menpora 2021 menjadi klaster baru Covid-19.

Baca Juga ----------------------------

Padahal dalam liga dunia manapun, tidak pernah ada kluster di sepak bola. Yang ada adalah beberapa pemain terkena covid-19, karena aktivitas mereka di luar lapangan. Sebab, siapapun yang bertanding dan memasuki area lapangan, sudah menjalani tes swab PCR. Pun pertandingan juga digelar tanpa penonton.

‘’Sepak bola Indonesia harus tetap berjalan. Hari ini diawali dengan laga uji coba timnas Indonesia. Laga tersebut kami pastikan berjalan dengan protokol kesehatan yang ketat,’’ kata Indra Sjafri, seperti dilansir dari laman resmi PSSI.

‘’Turnamen Piala Menpora 2021 dan kompetisi Liga 1,2, juga akan berjalan. Karena dengan adanya kompetisi, pembinaan akan terjadi dan muaranya ke timnas Indonesia. Selain itu, banyak orang yang menggantungkan rejeki di sektor sepak bola. Seperti pemain, pelatih panpel, dan lain-lain,’’ tambahnya.

Menurut Indra Sjafri, jika Piala Menpora dan Liga 1 dan 2 tidak bergulir, pemain, pelatih, wasit dan ofisial tim, akan kehilangan pendapatan. Bahkan pemain dan pelatih juga akan kehilangan sentuhan teknis.

‘’Ini lebih buruk pengaruhnya daripada ketika diberi sanksi oleh FIFA pada 2015. Padahal saat itu PSSI bisa membuat turnamen Piala Bhayangkara, Piala Presiden dan Piala Sudirman. Tetapi, itu tidak cukup. Itu sebabnya kompetisi harus berjalan,’’ kata mantan pelatih Timnas U-19 ini.

Pengamat Sepakbola Kesit Budi Handoyo, juga tidak setuju dengan IPW. Baginya sepakbola harus mulai berjalan, karena sudah terlalu lama istirahat.

‘’Terlalu lama juga tidak bagus buat pemain, wasit, klub dan penggemar sepakbola. Betul saat ini masih ada pandemi Covid-19. Tetapi, liga di Eropa juga jalan. Yang penting itu protokol kesehatan dijalankan dengan ketat dan tanpa penonton. Itu juga yang akan dilakukan di Piala Menpora nanti. Jadi tidak masalah,’’ ujar Kesit.

Kesit juga meminta PSSI menjalankan saja Piala Menpora dan nantinya Liga 1 dan 2 sesuai protokol kesehatan. ‘’Abaikan saja soal kritik itu. Biasa lah orang mengkritik itu. Gak ada masalah,’’ katanya.

Staf Khusus Ketua Umum PSSI, Arief Wicaksono bahkan menyebut, pernyataan Ketua Presidium IPW Neta S Pane sangat tendensius. IPW yang seharusnya mengurusi hal lain justru mengurusi sepakbola.

‘’Provokasi Neta S Pane sangat tendensius untuk Piala Menpora ini. Program Menpora itu untuk menghidupkan cabang olahraga di tengah pandemi Covid- 19. PSSI dan PT LIB pasti akan menjalankan kompetisi dengan protokol kesehatan yang ketat dan tanpa penonton,’’ ujar Arief.

Menurut Arief dengan digelarnya turnamen ini akan meningkatkan perekonomian masyarakat baik secara makro maupun mikro.

‘’Apa kompetensi Neta Pane menghebuskan berita yang bersifat provokatif. Seperti kurang kerjaan saja,’’ imbuh Arief. (act/rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Koramil 0833/ 02 Kedungkandang bersama Muspika menggelar operasi yustisi untuk menegakkan protokol kesehatan covid-19. Ini juga sekaligus melaksanakan PPKM level 2...

Malang Raya

Malang Post – Dandim 0833 Kota Malang Letkol Arm Ferdian Primadhona berupaya terus menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh sebagai imunitas terhadap penyakit dan virus....

Malang Raya

Malang Post — Berbagai macam cara dilakukan Pemkot Batu untuk melakukan percepatan vaksinasi kepada lansia. Terbaru Pemkot Batu bersama Batu Love Garden (Baloga) Jatim Park...

Malang Raya

Malang Post — Semakin melandainya angka kasus positif dan kematian akibat Covid-19, membuat kapasitas Bed Occupancy Rate (BOR) di Rumah Sakit Umum Daerah Dr Saiful...

Malang Raya

Malang Post — Target pendapatan daerah Kota Batu mengalami penurunan sebesar Rp 99,8 miliar. Penurunan target tersebut terungkap saat pembahasan perubahan APBD 2021. Dengan begitu...

ShowBiz

Malang Post — Grup band rock asal Malang, d’Kross, akan berkolaborasi dengan pedangdut terkenal, Clara Gopa (Duo Semangka).  Ini menjawab rasa penasaran para d’Krosser (fans...

headline

Malang Post — Bianglala di Alun-alun Kota Batu mulai berputar kembali, Jumat (22/10/2021) tepat pukul 13.00 WIB. Setelah mati suri selama tiga bulan karena penerapan...

Malang Raya

Malang Post — Tepat pada Jumat (22/10/2021) adalah Hari Santri Nasional. Pandemi Covid-19 belum usai, tapi peran santri di Indonesia sangat besar untuk memajukan Indonesia....