Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

ASIK Plus Program Paket Merdeka Matematika

UNGGULAN: Program MBKM Kemendikbud picu semangat belajar mahasiswa. (Foto: Istimewa)

Malang – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim meluncurkan Kebijakan Merdeka Belajar: Kampus Merdeka sejak 24 Januari 2020. Dasar hukumnya Permendikbud nomer 3, 4, 5, 6 dan 7 tahun 2020.

MBKM merupakan program unggulan Kemendikbud. Harapannya program ini dapat meningkatkan mutu sistem pendidikan di Indonesia.

Baca Juga ----------------------------

Program ini pun mendapatkan respon cepat dari PTN dan PTS di Indonesia. Termasuk civitas akademika di Malang. Tak ketinggalan program studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Prodi ini mendorong MBKM dengan meluncurkan program ASIK Plus. Mahfud Effendi, Ketua prodi Pendidikan Matematika membeberkan apa itu ASIK Plus.

Nama itu, merupakan singkatan dari Asistensi Magang Skripsi dan KKN. Arti dari Plus, adalah program insidental yang setara dengan kegiatan MBKM.

Pada praktiknya nanti, mahasiswa akan mendapatkan paket program. Terdiri dari asistensi mengajar pada institusi pendidikan, magang, skripsi atau riset dan KKN.

“Keempat kegiatan tersebut dapat dipilih mahasiswa. Dilakukan terutama di satuan pendidikan yang sudah memiliki MoU dengan Prodi Pendidikan Matematika UMM,” terang Mahfud belum lama ini.

Sementara itu, prodi Pendidikan Matematika juga menyiapkan kebijakan konversi nilai untuk empat mata kuliah yang mendukung Program ASIK Plus.

Pertama, praktik asistensi mengajar akan dikonversikan pada mata kuliah Kapita Selekta Matematika SLP, Bahasa Pemrograman, Kapita Selekta SLA, Desain Grafis, Desain Web, dan Komputasi Matematika.

Kedua, kegiatan magang akan diekuvalensikan dengan mata kuliah PLP 1 dan PLP 2. Ketiga, kegiatan riset mahasiswa akan disetarakan dengan mata kuliah Proposal Penelitian, Seminar satematika dan Skripsi. Terakhir, program KKN yang dapat dilakukan sesuai dengan pilihan mahasiswa.

“Saat ini prodi Matematika telah menyiapkan program-program yang akan ditawarkan pada mahasiswa. Untuk mempersingkat masa belajar. Sekaligus memfasilitasi kemerdekaan belajar mahasiswa,” tegas Mahfud.

Tak hanya porgram ASIK Plus, prodi ini juga memaparkan beberapa program unggulannya. Seperti Program setara DI Komputer, Olimpiade Matematika, Beasiswa Alumni, Bantuan Dosen untuk Mahasiswa dan Klinik Bantuan Belajar. (roz/jan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Lanal Malang menghelat serbuan vaksin di RW 09 Kelurahan Oro Oro Dowo Kecamatan Klojen. Selasa (7/12), tim nakes dari Lanal Malang...

Malang Raya

Malang Post – Selasa 7 Desember 2021, tim vaksinasi di Kota Malang menggelar penyuntikan di kawasan RW 04 Kelurahan Mulyorejo Kecamatan Sukun Kota Malang....

News

Malang Post — Sejumlah penambang pasir berhasil menyelamatkan saat lahar dingin mengaliri sungai dekat Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang. Ada 1 sopir...

Malang Raya

Malang Post — Beberapa waktu lalu, rencana pembangunan cold storage senilai Rp 16 miliar di Kelurahan Dadaprejo, Kota Batu disoal dewan. Kini pembangunan cold storage...

News

Malang Post – Sembab kedua mata Gitta (39) kakak kandung korban Happy Teguh Hartanto atau Hebe (34). Ia berhenti terisak memanggil nama sang adik. Malam...

Pendidikan

Malang Post – Mahasiswa Relawan Siaga Bencana (Maharesigana) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengirimkan tim ke lokasi erupsi Lumajang. Dua tim dengan masing-masing lima orang, berangkat...

Wisata

Malang Post – Memasuki pergantian tahun 2022, Harris Hotel & Conventions Malang resmi meluncurkan package menarik di penghujung tahun. Situasi PPKM yang lebih diperketat di akhir...

Pendidikan

Malang Post – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang terus bergerak menjadi universitas bereputasi internasional. Berbagai upaya ditempuh sivitas kampus berlogo Ulul...