Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

ASIK Plus Program Paket Merdeka Matematika

UNGGULAN: Program MBKM Kemendikbud picu semangat belajar mahasiswa. (Foto: Istimewa)

Malang – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim meluncurkan Kebijakan Merdeka Belajar: Kampus Merdeka sejak 24 Januari 2020. Dasar hukumnya Permendikbud nomer 3, 4, 5, 6 dan 7 tahun 2020.

MBKM merupakan program unggulan Kemendikbud. Harapannya program ini dapat meningkatkan mutu sistem pendidikan di Indonesia.

Baca Juga ----------------------------

Program ini pun mendapatkan respon cepat dari PTN dan PTS di Indonesia. Termasuk civitas akademika di Malang. Tak ketinggalan program studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Prodi ini mendorong MBKM dengan meluncurkan program ASIK Plus. Mahfud Effendi, Ketua prodi Pendidikan Matematika membeberkan apa itu ASIK Plus.

Nama itu, merupakan singkatan dari Asistensi Magang Skripsi dan KKN. Arti dari Plus, adalah program insidental yang setara dengan kegiatan MBKM.

Pada praktiknya nanti, mahasiswa akan mendapatkan paket program. Terdiri dari asistensi mengajar pada institusi pendidikan, magang, skripsi atau riset dan KKN.

“Keempat kegiatan tersebut dapat dipilih mahasiswa. Dilakukan terutama di satuan pendidikan yang sudah memiliki MoU dengan Prodi Pendidikan Matematika UMM,” terang Mahfud belum lama ini.

Sementara itu, prodi Pendidikan Matematika juga menyiapkan kebijakan konversi nilai untuk empat mata kuliah yang mendukung Program ASIK Plus.

Pertama, praktik asistensi mengajar akan dikonversikan pada mata kuliah Kapita Selekta Matematika SLP, Bahasa Pemrograman, Kapita Selekta SLA, Desain Grafis, Desain Web, dan Komputasi Matematika.

Kedua, kegiatan magang akan diekuvalensikan dengan mata kuliah PLP 1 dan PLP 2. Ketiga, kegiatan riset mahasiswa akan disetarakan dengan mata kuliah Proposal Penelitian, Seminar satematika dan Skripsi. Terakhir, program KKN yang dapat dilakukan sesuai dengan pilihan mahasiswa.

“Saat ini prodi Matematika telah menyiapkan program-program yang akan ditawarkan pada mahasiswa. Untuk mempersingkat masa belajar. Sekaligus memfasilitasi kemerdekaan belajar mahasiswa,” tegas Mahfud.

Tak hanya porgram ASIK Plus, prodi ini juga memaparkan beberapa program unggulannya. Seperti Program setara DI Komputer, Olimpiade Matematika, Beasiswa Alumni, Bantuan Dosen untuk Mahasiswa dan Klinik Bantuan Belajar. (roz/jan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang-Post – Komunikasi Sosial (Komsos) keluarga besar TNI jajaran Korem 083/Bdj berlangsung pada Kamis (24/6/2021). Bertempat di Aula Skodam V/Brawijaya Malang, Jl. Tugu, Kec....

Pendidikan

Malang-Post – Tren peningkatan kasus Covid-19 di Kota Malang tidak mempengaruhi rencana proses pembelajaran tatap muka (PTM). Sekolah yang semula sudah mulai menjalankan PTM,...

Pendidikan

Malang-Post – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, menggelar wisuda daring, Kamis (24/6/2021). Wisuda tatap muka belum dilakukan karena pertimbangan masih...

Malang Raya

Malang-Post – Aparat gabungan terus berupaya mencegah penyebaran virus corona. Salah satunya dengan menggencarkan operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan. Dalam rangka PPKM Mikro...

Malang Raya

Malang-Post – Kamis (24/6/2021) pagi, aparat gabungan kembali menggelar operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan. Dalam rangka PPKM Mikro di wilayah Kedungkandang.  Bertempat di...

Opini

Setahun lebih telah berlalu, namun pandemi Covid-19 di Indonesia belum menunjukkan tanda-tanda akan usai. Justru, jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dan jumlah kematian makin...

Dahlan Iskan

Sang ayah kena Covid. Anaknya tiga. Satu anak di Atambua. Satu lagi di Amerika. Yang di Surabaya harus mencari obat yang sulit didapat: actemra....