Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

Tak Lagi Boros, Ini Panduan agar Lebih Mudah Kontrol Pengeluaran Pulsa

Foto Ilustrasi. (smart-money.co)

Malang – Akibat dorongan dari aktivitas sehari-hari dan tanggung jawab pekerjaan, hampir semua orang saat ini tak dapat mengelak dari kebutuhan telekomunikasi yang kian meningkat. Beruntungnya, saat ini kebutuhan tersebut dapat dengan mudah dipenuhi dengan smartphone, kapanpun dan dimanapun

Meski begitu, agar bisa menggunakan smartphone untuk berkomunikasi, Anda harus senantiasa menyediakan pulsa dengan nominal tertentu. Kalau tidak, sulit rasanya untuk bisa memanfaatkan fitur dan kegunaan dari gawai praktis tersebut.

Berbicara soal pulsa, berapa banyak uang yang harus Anda sisihkan untuk beli pulsa online setiap bulan? Apakah puluhan ribu, ratusan ribu, atau bahkan jutaan? Ya, seiring dengan semakin meningkatnya kebutuhan untuk berkomunikasi, pengeluaran untuk membeli pulsa juga ikut bertambah.

Jika tak dikelola sejak awal, bukan tak mungkin pengeluaran tersebut akan terus membengkak dan menjadi beban yang cukup besar bagi keuangan. Untuk itu, bagi Anda yang ingin menekan pengeluaran untuk membeli pulsa sekaligus menghemat pemakaiannya, panduan berikut ini sangat cocok untuk diterapkan mulai sekarang.

Jangan Ragu Manfaatkan Fasilitas Komunikasi dari Kantor

Jika Anda adalah seorang pekerja atau karyawan kantoran, kebutuhan komunikasi mungkin banyak datang dari tuntutan pekerjaan. Setiap harinya, Anda diharap mampu menghubungi beberapa klien untuk melakukan follow up pada proyek kerjasama dengan perusahaan, ataupun mencari prospek dan pelanggan baru.

Nah, jika kebutuhan komunikasi adalah tuntutan dari pekerjaan, sudah seharusnya Anda mengajukan anggaran untuk membeli pulsa seluler dari tempat kerja atau perusahaan. Gunanya tentu agar proses komunikasi dengan klien, pelanggan, kolega, dan sebagainya tak sampai terhambat hanya karena tak memiliki pulsa.

Untuk nominal dan sistem pembayaran pulsa, seperti, prabayar atau pascabayar, semuanya dapat Anda diskusikan dengan pihak atasan atau divisi yang bersangkutan. Yang terpenting, pemakaian pulsa untuk kebutuhan pekerjaan di kantor tak dibebankan pada dompet Anda yang mampu memangkas keuangan pribadi.

Jadikan Pulsa Sebagai Salah Satu Pos Pengeluaran Bulanan

Tips di atas tentu tak akan bisa dilakukan jika Anda bukanlah pekerja kantoran yang dituntut untuk berkomunikasi dengan pelanggan atau klien bisnis. Dalam kata lain, Anda tak bisa meminta perusahaan untuk membayar pengeluaran pulsa Anda. Agar tetap terkontrol, Anda dapat membuat pos pengeluaran bulanan khusus untuk pembelian pulsa.

Tentukan berapa besar budget yang akan dialokasikan atau sasaran pengeluaran untuk pulsa setiap bulannya. Saat memiliki rencana pengeluaran pulsa seperti ini, pemakaian pulsa akan lebih mudah dikontrol dan tak lagi menguras keuangan secara berlebihan.

Batasi Waktu Telepon

Salah satu penyebab utama mengapa pulsa gampang sekali habis adalah karena sering digunakan untuk telepon. Oleh karena itu, agar pemakaian pulsa tak membengkak dan melonjak tajam, ada baiknya Anda untuk memasang pembatas waktu setiap kali telepon, semisal, telepon akan secara otomatis terputus setelah 10 ataupun 15 menit digunakan.

Terkesan tak nyaman memang. Apalagi saat tengah membicarakan topik yang penting. Namun, demi pemakaian pulsa dan keuangan yang lebih hemat, tak ada salahnya untuk mengaplikasikan cara ini.

Pilih Paket Khusus yang Paling Sesuai dengan Kebutuhan

Kalau tips di atas terlalu mengganggu aktivitas telepon, mungkin Anda dapat menyiasatinya dengan membeli paket seluler yang khusus untuk telepon atau internet. Dengan begitu, Anda akan lebih leluasa untuk memanfaatkan fitur teleponnya dan tak lagi khawatir pulsa akan terkikis setiap kali digunakan. Selain itu, dengan membeli paket internet, Anda dapat melangsungkan komunikasi melalui berbagai aplikasi messaging gratis, seperti, Whatsapp, Line, ataupun Telegram, untuk telepon dan mengirim pesan singkat tanpa dipungut biaya apapun.

Cek Tanggal Kadaluarsa Paket Seluler

Memutuskan untuk menggunakan paket khusus, artinya Anda harus memperhatikan kapan tanggal kadaluarsanya berakhir. Jika telat disadari, pemakaian telepon atau internet saat masa aktif paket berakhir secara otomatis akan memangkas pulsa Anda dengan jumlah sangat besar. Oleh karena itu, agar tak menyesal belakangan, cek kapan tanggal kadaluarsa paket yang Anda pilih dan segera lakukan pembelian ulang sebelum masa aktifnya berakhir.

Misalnya Anda menggunakan paket Internet 3 untuk 1 bulan, jangan lupa untuk membeli paket yang sama sebelum masa berlakunya habis. Hal ini dilakukan supaya pulsa tidak terpotong habis.

Beli Pulsa Bernominal Besar Sekaligus

Tak sedikit orang yang membeli pulsa dengan nominal kecil namun dilakukan berulang kali. Padahal, jika dibandingkan membeli pulsa dengan nominal yang besar sekaligus, semisal, 50 ribu atau 100 ribu, uang yang Anda keluarkan akan menjadi lebih sedikit.

Sebagai contoh, jika membeli pulsa dengan nominal 100 ribu, harga yang harus dibayar biasanya hanyalah 101 ribu sampai 103 ribu. Sedangkan saat membeli pulsa dengan nominal 5 ribu, harga yang harus Anda bayar adalah 6 ribu.

Untuk nominal yang sama, Anda harus merogoh kocek hingga 120 ribu jika membelinya dengan nominal 5 ribuan. Meski terkesan sepele, namun, lumayan juga bukan uang yang bisa dihemat saat mengisi ulang pulsa langsung dengan nominal yang besar? Jika dilakukan secara rutin, tentu pengeluaran untuk pulsa juga dapat ditekan dengan cukup signifikan.

Dapatkan Keuntungan Tambahan dengan Membeli Pulsa secara Online

Selain cara-cara di atas, Anda juga dapat menghemat pengeluaran pulsa dengan membelinya secara online. Tak perlu ribet keluar rumah dan pergi ke konter pulsa, pembelian pulsa secara online bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun dibutuhkan. Selain itu, tak jarang pula Anda akan menerima berbagai penawaran menarik, seperti, potongan harga dan cashback saat membeli pulsa secara online.

Sebagai contoh, Anda dapat mengisi ulang secara online melalui situs atau aplikasi Cermati dengan harga terjangkau dan jaminan keamanan di setiap transaksinya. Dengan nominal yang beragam dan metode pembayaran yang lengkap, Anda tak perlu bingung lagi membeli pulsa sesuai dengan kebutuhan. Cukup praktis, bukan?

Click to comment

Leave a Reply

You May Also Like

Pendidikan

AMEG – Sebanyak 236 proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Brawijaya (UB) lolos mendapat pendanaan dari Dikti. Jumlah tersebut menempatkan […]

Malang Raya

AMEG – Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto, berharap ada pos anggaran untuk memfasilitasi atlet penyandang disabilitas. Menurutnya saat ini […]

headline

AMEG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, serius melarang aparatur sipil negara (ASN) nya untuk mudik. Tidak ingin kecolongan, Pemkab Malang […]

Kuliner

Lebaran sangat identik dengan ketupat, opor ayam, dan rendang. Sedangkan hidangan berbahan kambing biasanya disajikan saat libur hari raya Idul Adha. […]

Kuliner

AMEG – Ramadan tahun ini, Kota Batu semarak dengan aneka kuliner hidangan buka puasa. Disajikan berbagai hotel, yang menawarkan konsep, […]

headline

AMEG – Terhitung mulai 10 Mei 2021, PT KAI Daop 8 Surabaya, akan mengoperasionalkan Stasiun Malang Baru yang berada di […]

Pendidikan

AMEG – Syiar Ramadan di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang), di hari ke 27 Ramadhan, […]

Malang Raya

AMEG – Pasangan pengusaha muda sukses asal kota Malang, Gilang Widya Pramana dan Shandy Purnamasari, memanfaatkan Ramadan tahun ini, dengan […]

headline

AMEG – Pelarangan mudik lebaran tahun 2021, mulai 6 Mei hingga 17 Mei 2021, berdampak besar pada sektor ekonomi pariwisata […]

%d bloggers like this: