Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

ODGJ Positif Covid-19 Dirawat di RSJ

Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Dr. Radjiman Wediodiningrat.

Malang – Sejumlah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), juga ada yang terkena Covid-19. ODGJ yang positif Covid-19 tersebut, kini sedang dirawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Dr. Radjiman Wediodiningrat. Mereka adalah warga Kabupaten Malang.

Karenanya, jika ada ODGJ yang terkonfirmasi positif Covid-19, akan langsung dirujuk ke RSJ yang ada di Kecamatan Lawang ini. Sekali pun dia bukan pasien yang dirawat di RSJ tersebut.

‘’Jika ada ODGJ di Kabupaten Malang, yang terpapar Covid-19, perawatannya segera dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Dr. Radjiman Wediodiningrat,’’ ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang, Arbani Mukti Wibowo.  

Dia juga menyebut, alasan hanya menempatkan ODGJ yang terpapar Covid-19, untuk di rawat di RSJ Lawang, karena bed occupancy rate (BOR) yang terbatas. Karenanya diutamakan orang sakit jiwa yang terpapar Covid-19.

Di RSJ Lawang sendiri, sekitar 335 ODGJ, yang dinyatakan terpapar Covid-19. Data itu, terhitung mulai Maret 2020, hingga Februari ini.

Kepala Sub Bagian Hukum, Organisasi dan Hubungan Masyarakat Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang, Ribut Supriyatin, menyampaikan, sekitar 14 persen dari total pasien ODGJ terkonfirmasi positif terpapar Covid-19.

‘’Dari total 2.398 pasien ODGJ, yang pernah ditangani RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang, sekitar 335 ODGJ di antaranya terpapar Covid-19. Mereka tertular bukan saat di dalam RSJ. Melainkan dari luar, sebelum dirawat di RSJ karena mengalami gangguan jiwa,’’ terang Ribut.

Mereka ini, lanjutnya, teridentifikasi saat akan masuk rumah sakit. ‘’Saat diskrining dengan rapid test antigen, antibodi, PCR (polymerase chain reaction), thorax dan macam-macam itu ketemunya segitu (14,55 persen ODGJ terpapar Covid-19),’’ jelasnya.

Para ODGJ yang terpapar Covid-19 tersebut, lanjut Ribut, bukan hanya dari wilayah Malang Raya. Tetapi dari beberapa daerah di Jawa Timur.


‘’Pasiennya memang dari mana-mana. Tidak hanya dari wilayah Malang Raya saja. Tapi juga beberapa wilayah di Jawa Timur,’’ tambahnya.

Meski demikian, lanjut Ribut, pasien ODGJ di RSJ Lawang ini, didominasi dari wilayah Malang. Dari daerah lain, hanya beberapa persen saja. Lantaran memang lokasi RSJ berada di Malang Raya.

Sedangkan data yang dihimpun Dinkes Kabupaten Malang, orang yang terpapar Covid-19, didominasi oleh masyarakat yang berusia 18 tahun ke atas.

‘’Anak anak itu usia 18 tahun ke bawah. Anak-anak tidak terlalu banyak. Tapi yang paling banyak (terpapar Covid-19) mulai dari usia dewasa. Yakni di atas 20 tahun hingga 60 tahun. Itu yang paling banyak terpapar (Covid-19),’’ imbuh Arbani Mukti Wibowo.

Sebagai informasi, hingga Minggu (21/2), terdapat 2.252 yang positif Covid-19. Dirincikan 2.078 sembuh dan 133 orang dinyatakan meninggal dunia.

Sementara itu, bagi pasien Covid-19 yang menjalani perawatan di Rumah Sakit rujukan ada 499 pasien. Kemudian 257 orang menjalani isolasi mandiri. (kik/rdt)

Click to comment

Leave a Reply

You May Also Like

Malang Raya

AMEG – Hingga hari keempat larangan mudik, Minggu (9/5/21), belum ditemukan kejanggalan terkait dokumen bebas Covid-19 atau dokumen lainnya. Dihubungi […]

Olahraga

Ameg – Penundaan Malaysia Open Super 750 menjadi berkah bagi pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung. Dia berhasil lolos ke Olimpiade […]

Pendidikan

AMEG – Kelompok 47 PMM UMM melaksanakan kegiatan pengabdian di Dusun Mojorejo, Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Salah satu […]

Pendidikan

AMEG – Mahasiswa UMM yang tengah mengikuti kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) di Dusun Petung Wulung,  Desa Toyomarto, Kecamatan […]

Malang Raya

AMEG – Biasanya menjelang lebaran, masyarakat banyak melakukan ziarah kubur, di makam para leluhur. Salah satu makam leluhur di Kota […]

headline

AMEG – Geger wilayah Pujiombo, Desa Bumirejo, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Sabtu (8/5/2021) pagi hingga siang. Saat warga melihat sesosok […]

Malang Raya

AMEG – Kapolresta Malang, Kombes Pol Leonardus Simarmata, mengunjungi pos penyekatan pemudik di Exit Tol Madyopuro, Sabtu (8/5/21), sembari berbagi […]

headline

AMEG – PT Kereta Api Indonesia (KAI) memperbolehkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, untuk memanfaatkan lahan eks lokalisasi Girun. Yang terletak […]

Malang Raya

AMEG – Pengadilan Negeri Malang, sudah melakukan eksekusi rumah mewah seharga Rp9 milyar. Yang berada di Jalan Taman Ijen B-8 […]

%d bloggers like this: