Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

ODGJ Positif Covid-19 Dirawat di RSJ

Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Dr. Radjiman Wediodiningrat.

Malang – Sejumlah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), juga ada yang terkena Covid-19. ODGJ yang positif Covid-19 tersebut, kini sedang dirawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Dr. Radjiman Wediodiningrat. Mereka adalah warga Kabupaten Malang.

Karenanya, jika ada ODGJ yang terkonfirmasi positif Covid-19, akan langsung dirujuk ke RSJ yang ada di Kecamatan Lawang ini. Sekali pun dia bukan pasien yang dirawat di RSJ tersebut.

Baca Juga ----------------------------

‘’Jika ada ODGJ di Kabupaten Malang, yang terpapar Covid-19, perawatannya segera dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Dr. Radjiman Wediodiningrat,’’ ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang, Arbani Mukti Wibowo.  

Dia juga menyebut, alasan hanya menempatkan ODGJ yang terpapar Covid-19, untuk di rawat di RSJ Lawang, karena bed occupancy rate (BOR) yang terbatas. Karenanya diutamakan orang sakit jiwa yang terpapar Covid-19.

Di RSJ Lawang sendiri, sekitar 335 ODGJ, yang dinyatakan terpapar Covid-19. Data itu, terhitung mulai Maret 2020, hingga Februari ini.

Kepala Sub Bagian Hukum, Organisasi dan Hubungan Masyarakat Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang, Ribut Supriyatin, menyampaikan, sekitar 14 persen dari total pasien ODGJ terkonfirmasi positif terpapar Covid-19.

‘’Dari total 2.398 pasien ODGJ, yang pernah ditangani RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang, sekitar 335 ODGJ di antaranya terpapar Covid-19. Mereka tertular bukan saat di dalam RSJ. Melainkan dari luar, sebelum dirawat di RSJ karena mengalami gangguan jiwa,’’ terang Ribut.

Mereka ini, lanjutnya, teridentifikasi saat akan masuk rumah sakit. ‘’Saat diskrining dengan rapid test antigen, antibodi, PCR (polymerase chain reaction), thorax dan macam-macam itu ketemunya segitu (14,55 persen ODGJ terpapar Covid-19),’’ jelasnya.

Para ODGJ yang terpapar Covid-19 tersebut, lanjut Ribut, bukan hanya dari wilayah Malang Raya. Tetapi dari beberapa daerah di Jawa Timur.


‘’Pasiennya memang dari mana-mana. Tidak hanya dari wilayah Malang Raya saja. Tapi juga beberapa wilayah di Jawa Timur,’’ tambahnya.

Meski demikian, lanjut Ribut, pasien ODGJ di RSJ Lawang ini, didominasi dari wilayah Malang. Dari daerah lain, hanya beberapa persen saja. Lantaran memang lokasi RSJ berada di Malang Raya.

Sedangkan data yang dihimpun Dinkes Kabupaten Malang, orang yang terpapar Covid-19, didominasi oleh masyarakat yang berusia 18 tahun ke atas.

‘’Anak anak itu usia 18 tahun ke bawah. Anak-anak tidak terlalu banyak. Tapi yang paling banyak (terpapar Covid-19) mulai dari usia dewasa. Yakni di atas 20 tahun hingga 60 tahun. Itu yang paling banyak terpapar (Covid-19),’’ imbuh Arbani Mukti Wibowo.

Sebagai informasi, hingga Minggu (21/2), terdapat 2.252 yang positif Covid-19. Dirincikan 2.078 sembuh dan 133 orang dinyatakan meninggal dunia.

Sementara itu, bagi pasien Covid-19 yang menjalani perawatan di Rumah Sakit rujukan ada 499 pasien. Kemudian 257 orang menjalani isolasi mandiri. (kik/rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Koramil Sukun turut mengikuti karya bakti warga Jalan Kemantren 1 gang Imam Bonjol, RT 08 RW 03, Kelurahan Bandungrejosari Sukun, Minggu...

Malang Raya

Malang Post – Masjid Khoirul Huda dengan kawalan Babinsa-Bhabinkamtibmas Sukun, menghelat sunatan gratis. Panitia sunatan gratis memusatkan acara di Jalan Simpang Sukun, RW 04...

Malang Raya

Malang Post  – Pendampingan dan pelatihan keuangan bagi pelaku UMKM sangat penting. Demi kemajuan usahanya, agar tetap stabil dan produktif. Karena itulah, PT Permodalan...

headline

Malang Post – Terbukti sudah, jika pinjol (pinjaman online) apalagi ilegal, bisa bikin stres hingga nekat bunuh diri. Ini akibat tak kuat dikejar-kejar debkolektor...

Malang Raya

Malang Post – Koramil 0833/ 02 Kedungkandang bersama Muspika menggelar operasi yustisi untuk menegakkan protokol kesehatan covid-19. Ini juga sekaligus melaksanakan PPKM level 2...

Malang Raya

Malang Post – Dandim 0833 Kota Malang Letkol Arm Ferdian Primadhona berupaya terus menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh sebagai imunitas terhadap penyakit dan virus....

Malang Raya

Malang Post — Berbagai macam cara dilakukan Pemkot Batu untuk melakukan percepatan vaksinasi kepada lansia. Terbaru Pemkot Batu bersama Batu Love Garden (Baloga) Jatim Park...

Malang Raya

Malang Post — Semakin melandainya angka kasus positif dan kematian akibat Covid-19, membuat kapasitas Bed Occupancy Rate (BOR) di Rumah Sakit Umum Daerah Dr Saiful...